Tips untuk Bunda di Kehamilan Minggu ke-32

Jangan Terlalu Khawatir dengan Stretch Marks

Pada trimester ketiga, banyak perempuan akan mendapati stretch marks di perut, bokong, payudara, atau paha. Satu yang pasti tidak ada produk yang benar-benar bisa menghilangkan stretch marks ini. 

Mengoleskan pelembap bisa melembutkan kulit, tapi tidak akan sepenuhnya bisa menghilangkan stretch marks. Sebagian besar akan memudar setelah bayi lahir, tapi tidak akan bisa menghilangkannya secara total. Ingat bahwa stretch marks ini adalah tanda bahwa bayi sedang berkembang, dan anggap ini sebagai tanda prestasi karena Anda sudah berhasil menjalani periode kehamilan yang seperti roller coaster ini. 

Oh ya, ketika hamil atau menyusui, tanyakan pada dokter sebelum mengobati stretch marks. Produk yang mengandung bahan seperti retinol bisa membahayakan bayi. 

Lebih Rajin Periksa Kandungan ke Dokter

Memasuki trimester ketiga, jadwal pemeriksaan kandungan ke dokter akan lebih sering. Menurut peraturan Kementerian Kesehatan RI, pada trimester ketiga ibu dianjurkan untuk melakukan dua kali kunjungan sejak minggu 28 hingga kelahiran. 

Sementara WHO merekomendasikan untuk memeriksa kehamilan lima kali, yakni di minggu 30, 34, 36, 38, dan 40. Anjuran mana yang sebaiknya dilaksanakan? Intinya, lewat pemeriksaan kandungan yang lebih sering, dokter akan semakin dapat mengukur usia kehamilan. Dan jika ada komplikasi atau isu, dokter bisa langsung mendiagnosis dan mengobatinya. 

Minum Air yang Cukup

Tidak hanya membuat pencernaan berjalan lancar, konsumsi air yang cukup juga mengurangi risiko infeksi salurah kemih (ISK). Dan meski memang minum air yang banyak akan membuat Anda lebih sering ke kamar mandi, konsumsi air juga mencegah konstipasi.

Makan Porsi Kecil Tapi Sering 

Dengan rahim membesar dan mengambil alih ruang di perut, kemungkinan besar nafsu makan Anda berkurang sekarang. Meski begitu, jangan pernah melewatkan jam makan. Tetaplah makan secara teratur dengan porsi sedikit tapi sering dan sediakan selalu camilan sehat. Hal ini akan memastikan tubuh Anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan sepanjang trimester ini. Hindari mengonsumsi makanan pedas dan berlemak untuk mencegah penyakit asam lambung. 

Pelajari Tanda-Tanda Persalinan Prematur

Di minggu ke-32 ini Anda sebaiknya mempelajari tanda-tanda persalinan dini dan bagaimana membedakannya dengan kontraksi Braxton Hicks. Mulai dari saat ini, ada kemungkinan bayi bisa datang kapanpun. Tanda-tanda persalinan prematur: air ketuban pecah, kram seperti saat menstruasi, perdarahan vagina atau flek, sakit punggung yang konstan, diare, dan perasaan mengencang di rahim.

Published
Categorized as Minggu 32

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *