Panduan Memilih Stroller yang Aman untuk Si Kecil

memilih stroller

Stroller merupakan perlengkapan kebutuhan bayi yang disarankan untuk dimiliki jika Bunda sering beraktivitas di luar rumah bersama si Kecil. Menggunakan stroller akan lebih memudahkan Bunda daripada terus-menerus menggendong bayi, dan Bunda terhindar dari kelelahan serta dapat menaruh barang bawaan di bagian bagasi stroller. Tugas Bunda adalah memilih stroller bayi yang aman dan memiliki fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan agar manfaatnya benar-benar terasa.

Hal-Hal yang Harus Dipertimbangkan dalam Memilih Stroller

memilih stroller
Foto: freepik.com

Dengan banyaknya jenis stroller yang ditawarkan di luar sana, bisa jadi Bunda kewalahan saat harus memilih stroller untuk bayi. Namun Bunda bisa membuat daftar mengenai hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih dan membeli stroller. Di antaranya adalah:

1. Dana

Diskusikan dengan suami tentang dana yang dialokasikan untuk membeli stroller, lalu buatlah rentang harga minimal dan maksimal. Misalnya, Bunda memiliki dana Rp2 juta untuk membeli stroller, maka buatlah rentang harga Rp. 1,5-1,9 juta. Sisa dana bisa digunakan untuk biaya tak terduga, misalnya menambahkan fitur yang membuat stroller lebih sesuai kebutuhan.

2. Usia anak

Stroller untuk bayi baru lahir berbeda dengan yang diperuntukkan bagi batita (toddler). Untuk bayi baru lahir sampai usia enam bulan, Bunda disarankan menggunakan stroller yang datar karena leher bayi belum cukup kuat untuk menopang kepalanya. 

3. Tujuan penggunaan stroller

Pikirkan dengan mendetail tentang hal ini karena tujuan penggunaan akan sangat menentukan jenis stroller yang direkomendasikan. Apakah Bunda butuh stroller hanya untuk membawa si kecil berjalan-jalan santai di luar rumah? Atau membawanya sambil menjalankan beberapa pekerjaan seperti berbelanja kebutuhan rumah tangga, mengambil pakaian di laundry, lalu mampir makan siang? Atau, apakah stroller juga akan menjadi tempat bayi tidur saat di perjalanan?

4. Aksesori atau fitur tambahan

Misalnya saja, tempat penyimpanan barang yang besar, penutup hujan, kantong untuk menaruh botol minum, dan pelindung sinar matahari.

Pastikan Stroller Memiliki Fitur-Fitur Keamanan

memilih stroller
Foto: freepik.com

Keamanan merupakan faktor penting yang harus diperhatikan dalam memilih stroller untuk si kecil. Stroller yang aman bagi bayi harus memiliki fitur-fitur keamanan berikut:

  • Rangka yang kokoh dan kuat dengan bagian bawah yang lebih lebar untuk menjaga kestabilannya.
  • Rem yang mudah dioperasikan. Jika ingin lebih aman, pilih rem yang dapat mengunci dua roda sekaligus.
  • Memiliki harness lima titik yang menahan bayi di bagian pinggang, kedua bahu, dan di antara kedua kaki.
  • Pastikan Bunda dapat mendorong dan mengendalikan stroller dengan mudah, termasuk dapat mendorong lurus stroller menggunakan satu tangan saja.
  • Setang/pegangan sebaiknya setinggi pinggang Bunda atau sedikit lebih rendah. Pastikan stroller tetap stabil saat Bunda menekan setang saat mendorongnya.

Bagaimana Jaga Agar Si Kecil Selalu Aman

Foto: freepik.com

Setelah memilih stroller bayi yang aman dan sesuai dengan kebutuhan Bunda, maka Bunda juga harus mematuhi aturan keselamatan saat menggunakan stroller tersebut. Misalnya saja:

  • Sebaiknya jauhkan bayi saat Bunda sedang membuka dan menutup stroller, karena jari-jari bayi dapat terjepit di engsel-engselnya. Bayi baru bisa diletakkan di dalam stroller setelah stroller terbuka dan terkunci sempurna. 
  • Langsung pasangkan harness begitu bayi ditaruh di dalam stroller
  • Hindari menaruh bantal, guling, matras, atau mainan di dalam stroller karena dapat membahayakan bayi. Jika ruang di dalam stroller terlalu luas, maka bisa diisi dengan selimut yang digulung dengan ketat.  
  • Jangan tinggalkan bayi di dalam stroller tanpa ada yang menjaga.
  • Selalu gunakan rem pengunci roda saat berhenti. Hindari berhenti di jalan yang menurun.
  • Taruh barang-barang bawaan di tempat penyimpanan barang yang tersedia. Hindari menggantung tas di setang karena dapat membuat stroller tidak seimbang dan rentan terjungkal. 

Sumber:

Mayo Clinic. 2020 Stroller safety: Tips for Parents.

Healthy Children. 2015. How to Buy a Safe Stroller.

What to Expect. 2020. How to Buy a Baby Stroller.

Raising Children. 2021. Suitable for 0-3 Years. Prams and Strollers: Safety Guide.

By dr. Arnold Soetarso, Sp.A

Dokter Spesialis Anak