Ini yang Perlu Dilakukan Ketika Flu Saat Hamil

flu saat hamil

Paling kesal kalau tubuh terserang flu. Badan rasanya pegal-pegal, kepala pusing, terus-menerus bersin dan hidung mengeluarkan ingus, sehingga sulit untuk menjalani aktivitas. Nah, bagaimana jika flu menyerang pada saat Bunda sedang hamil? Ikuti terus paparan berikut agar Bunda bisa semakin berhati-hati dan mengambil langkah tepat untuk mengatasi flu saat hamil.

Apakah Flu Saat Hamil Termasuk Kondisi Serius?

flu saat hamil
Foto: freepik.com

Mengalami serangan flu adalah biasa, terutama bagi kita yang tinggal di negara tropis. Namun saat sedang hamil, ingatlah bahwa semua yang terjadi pada diri Bunda juga akan berdampak pada si Kecil yang berada di dalam perut. 

Tidak bisa lagi Bunda minum obat pereda flu secara sembarangan, meskipun obat itu adalah yang biasa Bunda konsumsi, karena banyak obat yang tidak diperuntukkan kepada ibu hamil.

Oleh karena itu, sekecil apa pun gejala flu yang Bunda rasakan, diskusikan terlebih dahulu dengan dokter atau bidan sebelum memutuskan untuk melakukan langkah pengobatan.

Sebagian besar dokter kebidanan biasanya akan menyarankan Bunda untuk menghindari minum obat apa pun dalam 12 minggu pertama kehamilan. Hal ini disarankan karena 12 minggu pertama adalah masa yang sangat rentan dalam perkembangan organ-organ vital janin. 

Meskipun tersedia obat-obatan yang dianggap aman untuk kehamilan, ada baiknya Anda menunda hingga melewati waktu 12 minggu ini. 

Meski flu di masyarakat kita dianggap penyakit yang ringan, namun tidak demikian untuk si Kecil, lho!

Masalah-masalah yang mungkin timbul akibat flu saat hamil adalah si Kecil lahir prematur, berat badannya kurang, bahkan dalam kasus berat bisa mengakibatkan stillbirth atau bayi lahir dalam kondisi meninggal. Itu sebabnya Bunda perlu waspada dan lebih teliti.  

Apa Gejala yang Perlu Diwaspadai?

flu saat hamil
Foto: freepik.com

Saat kekebalan tubuh agak menurun karena kurang istirahat, asupan kurang seimbang, terkena hujan atau paparan udara dingin, apalagi setelah berdekatan dengan orang lain yang sedang flu, risiko Bunda untuk mengalami flu saat hamil menjadi lebih tinggi.

Waspadai bila muncul gejala berikut:

  • Suhu tubuh di atas 38̊C.
  • Merasa sumeng (tubuh agak hangat tetapi saat diperiksa suhu masih normal) atau mengigil.
  • Terasa pegal atau nyeri pada otot dan persendian.
  • Bunda merasa sangat lelah atau kurang tidur.
  • Timbul sakit kepala, batuk berat, maupun nyeri tenggorokan.
  • Mual atau muntah.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Agak sesak saat bernapas. 

Segera hubungi dokter bila tiba-tiba Bunda mengalami satu atau beberapa gejala tersebut untuk mendapatkan rekomendasi lebih lanjut. 

Tindakan Mandiri Apa yang Bisa Dilakukan Ketika Flu Saat Hamil?

Foto: freepik.com

Bila Anda disarankan atau memilih untuk tidak minum obat-obatan, berikut ini adalah beberapa tindakan mandiri yang cukup efektif untuk segera meredakan serangan flu, yaitu:

  • Banyak beristirahat. Tidak ada yang bisa mengalahkan istirahat untuk mengembalikan kondisi tubuh agar lebih sehat. 
  • Jangan bepergian atau keluar rumah sampai kondisi benar-benar pulih sempurna. 
  • Sering mencuci tangan dengan sabun atau dengan menggunakan hand sanitizer.
  • Perbanyak asupan cairan untuk meredakan rasa tidak nyaman pada tenggorokan dan cepat mengusir virus dari tubuh melalui urine. Makanan berkuah hangat seperti sup bening adalah salah satu pereda flu yang baik.
  • Konsumsi makanan yang dapat memperkuat daya tahan tubuh, memperbanyak buah-buahan segar yang kaya vitamin C, seperti jeruk, kiwi, nanas, beri-berian, tomat, juga sayuran segar seperti kale, brokoli, dan bayam. 
  • Minum madu. Nutrisi di dalam madu sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan nyeri tenggorokan, juga membantu meredakan batuk. Bunda bisa meminum madu murni secara langsung, mencampurkannya dalam campuran teh hangat dan lemon, atau mencairkannya dengan air hangat lalu diminum perlahan.
  • Bila hidung tersumbat, Bunda bisa membantu meredakannya dengan menggunakan obat gosok/vaporub yang mengandung menthol pada bagian dada, pelipis, dan di area bawah hidung. 

Sumber:

Healthline. 2015. How to Treat a Cold or Flu When You’re Pregnant.

What to Expect. 2020. Flu During Pregnancy: What You Need to Know to Stay Safe.

NCT UK. 2020. Flu and Pregnancy.

NSW Government. 2019. Pregnant Women and Influenza.

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *