Normalkah Mata Bayi sering Melihat ke Atas?

bayi sering melihat ke atas, diary bunda

Mata bayi sering melihat ke atas tak jarang membuat para orang tua khawatir, karena takut tidak bisa normal kembali. Terlebih lagi, ada anggapan bahwa hal ini juga berkaitan dengan hal-hal mistis. Nah, daripada khawatir, yuk ketahui penyebab dan cara mengatasi mata bayi sering melihat ke atas.

Lahirnya Si Kecil pasti menjadi momen yang membahagiakan bagi Bunda dan suami. Seiring dengan tumbuh kembangnya setelah dilahirkan, Si Kecil akan mulai melakukan perilaku atau kebiasaan baru, salah satunya sering melihat ke atas.

Tak jarang, perilaku sering melihat ke atas ini dikaitkan dengan hal mistis karena biasanya disertai dengan senyuman. Selain itu, perilaku ini juga sering dikhawatirkan karena takut mata Si Kecil tidak bisa melihat lurus ke depan. Jadi, normalkah mata bayi sering melihat ke atas?

Penyebab Bayi Suka Melihat ke Atas

Meski sering membuat khawatir, mata bayi sering melihat ke atas merupakan hal yang normal. Kondisi ini biasanya berlangsung hingga usia bayi 2–4 bulan. Jadi, Bunda tidak perlu terlalu khawatir, ya. Nah, ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan mata bayi sering melihat ke atas, yaitu:

1. Penglihatan masih belum jelas

Setelah dilahirkan, bayi tidak langsung memiliki penglihatan yang jelas dan akan terus berkembang dari bulan ke bulan. Penglihatan bayi mulai jelas ketika usianya sudah lebih dari 2 bulan.

Apabila mata Si Kecil sering melihat ke atas, bisa jadi penglihatannya memang belum jelas, Bun. Karena penglihatannya belum jelas, jarak pandangnya sangat terbatas dan belum bisa fokus.

2. Sering tidur terlentang

Kebanyakan bayi baru lahir menghabiskan waktu dalam posisi telentang. Posisi ini membuat bayi banyak melihat ke atas. Terlebih lagi jika ada pergerakan di dinding atas, seperti kipas, bayangan, dan terang lampu.

Semua pergerakan tersebut menarik bagi bayi yang baru melihat dunia dan sekitarnya. Perilaku ini dapat membantu bayi mengasah otaknya dalam mengenal benda dan gerakan.

3. Otot mata belum berfungsi dengan baik

Penyebab mata bayi sering melihat ke atas lainnya adalah otot mata bayi belum berfungsi dengan baik. Otot mata sendiri berperan dalam pergerakan mata bayi. Nah, karena otot matanya belum berfungsi dengan baik, mata bayi sering melihat ke atas mungkin terjadi.

Cara Mengatasi Bayi yang Suka Melihat ke Atas

Meski perilaku ini umumnya normal, mata bayi sering melihat ke atas tak jarang membuat khawatir. Nah, agar Si Kecil tidak terlalu sering melihat ke atas, Bunda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini:

1. Tutup mata bayi sebentar

Cara pertama yang bisa Bunda lakukan apabila Si Kecil terlalu lama melihat ke atas adalah menutup matanya. Bunda bisa menutup matanya beberapa saat, kemudian membukanya kembali.

Saat melakukannya, Bunda juga bisa membuat suara yang menghibur seakan-akan sedang bermain dengan Si Kecil. Hal ini dilakukan agar Si Kecil tidak takut atau kaget saat matanya ditutup. Pastikan juga Bunda tidak menutup dan membuka mata Si Kecil berkali-kali, karena bisa membuatnya pusing dan rewel.

2. Alihkan pandangan bayi dengan suara atau mainan

Cara lain yang bisa Bunda lakukan adalah dengan memanggil nama Si Kecil untuk mengalihkan perhatiannya. Bunda juga bisa menggunakan mainan yang bersuara untuk membuat Si Kecil mencari sumber suara.

Selain itu, Bunda bisa mengarahkan mainan dengan warna terang dan pelan-pelan menarik pandangan Si Kecil ke bawah agar tidak terus melihat ke atas.

3. Kontak mata dan ajak bayi berkomunikasi

Saat Si Kecil sedang menyusu atau berbaring, Bunda bisa melakukan kontak mata dan mengajaknya berkomunikasi. Dengan melakukan kontak mata dan mendengarkan suara Bunda, Si Kecil jadi lebih fokus pada Bunda.

Seperti yang telah disebutkan, mata bayi sering melihat ke atas biasanya hanya terjadi sampai usia bayi 4 bulan. Apabila sampai usia tersebut Si Kecil masih sering melihat ke atas dan sulit dialihkan perhatiannya, Bunda perlu membawanya ke dokter anak.

Selain itu, Bunda juga harus mewaspadai jika mata Si Kecil melihat ke atas disertai dengan lengannya yang terlihat kaku dan tubuhnya tampak gemetar. Kondisi tersebut bisa menjadi tanda bahwa Si Kecil sedang mengalami kejang. Apabila terjadi, segera bawa Si Kecil ke IGD ya, Bun.

Sumber:

University of Utah Health (2022). The Basics: Newborn Reflexes.

Nationwide Children’s Hospital (2023). Infant Vision Birth to One Year.

Healthline (2020). 5 Reasons Why Your Baby Is Staring.

Mom Junction (2023). Why Do Babies Stare And What Do They Stare At?

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *