5 Bawaan Hamil Bayi Perempuan yang Menarik Diketahui

Cara Meraba Janin Sudah Masuk Panggul

Bawaan hamil bayi perempuan ada beragam tandanya, salah satunya ngidam makan makanan manis saat hamil. Berbagai tanda tersebut diyakini oleh ibu hamil kalau sedang mengandung bayi perempuan. Namun, berbagai tanda tersebut benar tidak ya, secara medis?

Bawaan Hamil Bayi Perempuan

Menebak jenis kelamin bayi menjadi sesuatu yang menyenangkan. Tidak jarang, kegiatan ini dapat mengisi rasa bosan yang dirasakan kala sedang mengandung. Banyak juga ibu hamil yang menginginkan bayi perempuan dengan memercayai berbagai kondisi yang terjadi pada tubuh saat hamil.

Nah, ada banyak perubahan tubuh yang diyakini oleh ibu hamil sebagai bawaan hamil bayi perempuan, yaitu:

1. Bentuk perut menonjol ke depan

Tidak sedikit ibu hamil yang menganggap kalau bentuk perut yang menonjol ke depan menjadi pertanda sedang mengandung bayi perempuan.

Ternyata, bentuk perut yang menonjol ke depan menandakan tingkat kekuatan otot perut dalam menyokong rahim.

Saat kehamilan pertama, otot perut masih kuat dan kencang. Kuatnya otot perut meningkatkan kekuatan dinding rahim dalam menahan berat badan bayi di dalam rahim. Kondisi inilah yang membuat bentuk perut menjadi menonjol ke depan.

2. Ngidam makanan manis

Ada anggapan umum bahwa ibu hamil yang ngidam makanan manis saat hamil menandakan sedang mengandung bayi perempuan.

Faktanya, ngidam makanan manis tidak dapat menentukan jenis kelamin janin. Ngidam makanan manis saat hamil menentukan seberapa banyak kadar gula darah yang tersimpan di pembuluh darah.

Saat hamil, tubuh membutuhkan banyak gula untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin. Kondisi ini mendorong keinginan untuk mengonsumsi makanan manis secara berlebihan. Makanan manis yang banyak tersimpan di dalam tubuh dapat meningkatkan kadar gula darah secara berlebih, sehingga bisa menimbulkan komplikasi kehamilan, salah satunya diabetes gestasional.

3. Kulit berminyak dan berjerawat

Saat hamil, kulit wajah akan mengeluarkan minyak berlebih yang bisa menimbulkan banyak jerawat pada wajah. Kondisi ini dikenal dengan istilah pregnancy acne.

Uniknya, tidak sedikit ibu hamil menganggap pregnancy acne sebagai salah satu bawaan hamil bayi perempuan.  

Pregnancy acne menandakan terjadinya perubahan kadar hormon yang Bunda alami saat hamil. Pregnancy acne disebabkan oleh meningkatnya hormon kehamilan, yaitu estrogen, pada trimester pertama. Kadar hormon estrogen yang tinggi merangsang kelenjar kulit untuk mengeluarkan lebih banyak minyak. Jumlah minyak yang berlebih menimbulkan lebih banyak jerawat pada permukaan kulit.

4. Suasana hati yang buruk dan berlangsung terus-menerus

Bumil mungkin pernah mengalami suasana hati yang buruk dan berlangsung terus-menerus saat mengandung. Seringkali, kondisi tersebut menandakan kalau Bumil sedang mengandung bayi perempuan.

Faktanya, suasana hati yang buruk dan berlangsung terus-menerus selama kehamilan disebabkan oleh meningkatnya produksi hormon kehamilan, yaitu estrogen. Kadar hormon estrogen yang berlebihan membuat Bumil rentan mengalami suasana hati yang buruk yang ditandai dengan kecemasan, stress, dan mudah tersinggung terhadap berbagai hal.

5. Morning sickness yang berlebihan

Morning sickness adalah kondisi yang wajar dialami oleh ibu hamil, khususnya pada trimester pertama. Nah, morning sickness yang berlebihan seringkali dipercayai oleh ibu hamil yang menginginkan bayi perempuan sebagai bawaan hamil bayi perempuan lho, Bumil.

Padahal, morning sickness yang berlebihan disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon kehamilan secara drastis. Morning sickness yang berlangsung terus-menerus juga bisa disebabkan oleh rendahnya kadar gula darah di dalam tubuh.

Ternyata, ada banyak bawaan hamil bayi perempuan ya, Bunda. Nah, kalau Bumil ingin mengetahui jenis kelamin bayi dengan akurat, lakukanlah pemeriksaan ultrasonografi (USG) kehamilan di dokter kandungan ya.

Sumber:

Pregnancy Birth & Baby Australia (2022). Skin changes during pregnancy – acne.

Mayo Clinic (2022). Diseases & Conditions. Morning Sickness.

BabyCenter (2021). Pregnancy cravings and what they mean.

Flo Health (2022). 9 most common pregnancy cravings: When they start and what to do about them.

Healthline (2021). Pregnancy Mood Swings: Why You’re Feeling Them and What to Do.

Parents (2022). What Science Says About ‘Signs’ You’re Having a Girl.

WebMD (2023). Gestational Diabetes.

WebMD (2023). Pregnancy: What to Know About How You’re Carrying.

WebMD (2022). Pregnancy Acne.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *