Nanas untuk Ibu Hamil, Ketahui Fakta dan Manfaatnya

nanas untuk ibu hamil

Nanas untuk ibu hamil masih menjadi hal yang sering diperbincangkan. Katanya, buah ini bisa menyebabkan keguguran. Namun, di balik mitos tersebut, nanas juga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk ibu hamil dan janin. Jadi, nanas berbahaya atau justru bermanfaat untuk ibu hamil, ya?

Siapa yang tidak kenal dengan nanas? Buah yang tumbuh daerah tropis seperti di Indonesia ini banyak disukai karena rasanya yang asam, manis, dan menyegarkan. Tidak cuma itu, nanas juga banyak mengandung air, sehingga bisa membantu menghilangkan rasa haus dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Sayangnya, ada mitos bahwa makan nanas bisa menyebabkan keguguran pada ibu hamil. Hal ini karena nanas mengandung bromelain, yaitu enzim yang bisa memecah protein yang ada dalam tubuh. Duh, apakah nanas untuk ibu hamil itu berbahaya?

Nanas untuk Ibu Hamil dan Faktanya

Bromelain dalam jumlah besar memang terbukti bisa menyebabkan keguguran. Namun, jika nanas dikonsumsi sesuai porsi makan biasa, kandungan bromelainnya tergolong kecil dan tidak terbukti dapat menimbulkan keguguran. Jadi, mengonsumsi nanas untuk ibu hamil itu aman ya Bun, asalkan tidak berlebihan.

Hal yang perlu diperhatikan dari konsumsi nanas untuk ibu hamil adalah kadar gulanya. Buah ini tergolong sebagai jenis buah yang mengandung banyak gula, sehingga bisa berpengaruh pada kadar gula darah ibu hamil. Oleh karena itu, ibu hamil dengan kondisi diabetes gestasional sebaiknya membatasi asupan buah ini.

Namun, buah ini masih tergolong sebagai buah yang sehat untuk ibu hamil, kok, asalkan dimakan dalam porsi yang tidak terlalu banyak.

Oleh karena itu, konsumsilah nanas secukupnya saja ya, misalnya hanya beberapa potong bila dimakan langsung atau dicampur dengan yoghurt. Dengan begitu, konsumsinya tetap aman dan Bunda justru bisa mendapatkan manfaat dari buah satu ini.

Manfaat Nanas untuk Ibu Hamil

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, nanas tidak terbukti dapat menyebabkan keguguran, ya. Buah ini justru memiliki berbagai manfaat bagi ibu hamil lho, Bun. Ini karena nanas mengandung protein, karbohidrat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan berbagai antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh dan janin.

Berikut ini adalah beberapa manfaat nanas untuk ibu hamil:

  • Meredakan sembelit
  • Mencukupi asupan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi
  • Menguatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mendukung pembentukan jaringan kulit janin
  • Meredakan mual muntah saat hamil (morning sickness)
  • Menambah energi dan staminal

Mengingat nanas bisa meningkatkan kadar gula darah, Bunda sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsinya bila mengalami diabetes gestasional. Kalau masih ragu, Bunda bisa memastikan aman atau tidaknya nanas untuk ibu hamil dengan bertanya ke dokter.

Sumber:

Dasher, E. Baby Center (2021). Diet & Fitness. Vitamin C during Pregnancy.

Lowler, M. Everyday Health (2019). Diet & Nutrition. 8 Scientific Health Benefits of Pineapple.

Marcin, A. Healthline (2018). Pregnancy. Should You Avoid Pineapple During Pregnancy?

Firth-Bernard, B. Mother & Baby (2023). Health and Wellness. Is Pineapple in Pregnancy Safe?

Cinelli, E. Verywell Family (2022). Your Body. Can I Eat Pineapple While Pregnant?

Manzella, D. Verywell Health (2023). Nutrition & Weight Loss. Can People With Diabetes Eat Pineapple?

Booth, S. WebMD (2022). Health & Cooking Guide. Health Benefits of Pineapple.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *