Demam Saat Hamil Trimester 1, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Demam saat hamil trimester 1 tidak boleh dibiarkan begitu saja, Bun. Soalnya, tak hanya mengganggu kenyamanan Bunda, penyakit yang menjadi penyebab demam ini juga bisa berisiko mengganggu kesehatan janin, lho. Oleh karena itu, Bunda perlu mengetahui apa saja penyebab demam saat hamil trimester 1 serta bagaimana cara mengatasinya. 

Demam saat hamil trimester 1 bisa disebabkan oleh banyak hal. Umumnya, ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh ibu hamil cenderung menurun selama kehamilan, sehingga rentan terkena infeksi. Infeksi ini bisa berasal dari virus, bakteri, maupun parasit.

Sebagian besar demam bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari, Bun. Namun, demam yang terjadi pada awal kehamilan tetap perlu diwaspadai karena janin masih sangat rentan dan lemah, sehingga kondisi ibu hamil yang sakit bisa saja berdampak pada proses pembentukan organ tubuhnya. 

Jadi, jika mengalami demam saat hamil trimester 1, segera periksakan diri ke dokter ya, Bun. Apabila tidak segera ditangani, demam saat hamil trimester 1 dapat meningkatkan risiko terjadinya komplikasi kehamilan, seperti keguguran, cacat tabung saraf, kelainan jantung pada janin, atau bibir sumbing

Penyebab Demam Saat Hamil Trimester 1 

Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan ibu hamil mengalami demam saat hamil trimester 1, di antaranya: 

Perlu diketahui bahwa penyebab demam saat hamil trimester 1 di atas memiliki gejala yang berbeda-beda, lho. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk memperhatikan gejala lain yang menyertai demam, seperti sesak napas, menggigil, sakit perut, nyeri pinggang, anyang-anyangan, dan lemas. 

Pastikan untuk berkonsultasi ke dokter jika Bunda mengalami demam yang disertai dengan gejala-gejala tersebut, ya. 

Cara Mengatasi Demam Saat Hamil Trimester 1

Untuk menurunkan demam saat hamil trimester 1, Bunda bisa mengonsumsi obat demam untuk ibu hamil, seperti paracetamol. Namun, penggunaan obat ini tidak boleh sembarangan. Jika ragu untuk menggunakan obat ini, pastikan untuk selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ya, Bun. 

Selain itu, Bunda juga disarankan untuk mengikuti anjuran dokter dan aturan pakai yang tertera pada kemasan paracetamol. Soalnya, jika tidak digunakan sesuai aturan pakai, obat ini berisiko mengganggu kesehatan janin. 

Selain dengan paracetamol, ada beberapa cara sederhana yang dapat Bunda lakukan untuk mengatasi demam pada ibu hamil: 

  • Kompres dahi dengan handuk atau lap yang sudah dibasahi dengan air hangat atau air suhu ruang.
  • Mandi dengan air hangat agar panas tubuh menguap dan demam cepat turun. 
  • Hindari mandi menggunakan air dingin karena dapat membuat tubuh terasa menggigil. 
  • Perbanyak minum air putih atau minuman sehat lain, seperti air kelapa atau jus buah segar, agar tetap terhidrasi sekaligus membantu mendinginkan tubuh dari dalam. 
  • Kenakan pakaian dengan bahan yang dapat menyerap keringat dan tidak terlalu tebal.
  • Gunakan selimut tipis bila merasa kedinginan dan lepaskan selimut jikat tubuh sudah merasa hangat. 
  • Usahakan untuk berada di dalam ruangan yang sejuk dan teduh
  • Gunakan kipas angin untuk menyejukkan ruangan atau AC jika memungkinkan.
  • Istirahat yang cukup dan hindari melakukan aktivitas yang berat.

Hal yang tidak kalah penting, jangan lupa untuk selalu rajin mencuci tangan guna mencegah terjadinya demam saat hamil trimester 1. Selain itu, usahakan juga untuk  berada di dekat orang yang sedang sakit dan gunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. 

Namun, jika demam saat hamil trimester 1 tidak membaik meski telah mengonsumsi paracetamol atau terjadi lebih dari 2 hari atau disertai kontraksi, sesak napas, diare, mual atau muntah, nyeri perut, ataupun sakit punggung, segera periksakan diri ke dokter ya, Bun. 

Sumber: 

Ryan, L.M., Mahmood, M.A., & Laurence, C.O. (2021). Incidence of concomitant illnesses in pregnancy in Indonesia: Estimates from 1990–2019, with projections to 2030. The Lancet Regional Health Western Pacific. 10, 100139. 

American Pregnancy Association (2024). Getting Sick While Pregnant.

Baby Center (2023). How Can I Treat Fever Safely in Pregnancy? 

Baby Center (2021). Fever During Pregnancy. 

Baby Center India (2023). Typhoid in pregnancy.

MSD Manual (2023). Fevers During Pregnancy.

Parents (2024). Causes of Fever and Chills During Pregnancy.

The Bump (2023). How to Safely Treat a Fever During Pregnancy.

What to Expect (2022). Fever During Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *