Habis Makan Mual Apakah Hamil? Simak Faktanya, Yuk!

Habis makan mual apakah hamil, mungkin jadi pertanyaan banyak wanita. Soalnya, mual adalah salah satu tanda awal kehamilan yang paling umum terjadi. Namun, selain karena kehamilan, mual yang dirasakan setelah makan juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lain, lho. 

Kehamilan biasanya ditandai dengan timbulnya mual pada pagi hari atau morning sickness. Meski disebut morning sickness, sebenarnya mual karena hamil bisa terjadi kapan saja, bahkan sepanjang hari. Lantas, habis makan mual apakah pertanda hamil juga, ya? Yuk, simak info lengkapnya supaya kamu tidak lagi bingung.

Habis Makan Mual Apakah Hamil?

Mual sesudah makan pasti nggak enak banget, kan? Kira-kira, kenapa ya hal ini bisa terjadi? Nah, perlu kamu ketahui dulu nih, mual sendiri bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti masalah pencernaan dan juga kehamilan.

Secara umum, kehamilan memang dapat menyebabkan keluhan mual (morning sickness). Kondisi ini biasanya terjadi karena tubuh menghasilkan lebih banyak hormon selama hamil, seperti hormon hCG, estrogen, dan progesteron. Hormon ini biasanya dihasilkan setelah plasenta terbentuk guna mendukung kesehatan janin di dalam kandungan.

Ada beberapa alasan mengapa hormon kehamilan bisa memicu mual saat hamil, terutama setelah makan. Walau normal terjadi, produksi hormon ini bisa membuat indra penciuman ibu hamil jadi lebih sensitif serta membuat gerakan usus melambat, sehingga ibu hamil lebih mudah merasa mual dan kembung. 

Keluhan ini biasanya akan muncul setelah memasuki kehamilan minggu ke 4–6. Pada masa ini biasanya test pack juga sudah menunjukkan hasil positif.

Namun, selain karena perubahan hormon saat hamil, keluhan mual habis makan juga terkadang bisa terjadi karena berbagai kondisi lain, misalnya sakit maag atau penyakit asam lambung.

Penyebab Lain Mual setelah Makan

Nah, seperti yang sudah disebutkan, mual tidak hanya disebabkan oleh kehamilan saja. Ada beberapa kondisi kesehatan lainnya yang bisa menyebabkan mual timbul sesudah makan, yaitu:

  • Makan dengan porsi yang berlebihan
  • Keracunan makanan
  • Penyakit asam lambung atau GERD
  • Sindrom iritasi usus besar (IBS)
  • Diabetes
  • Penyakit kantung empedu
  • Radang pankreas (pankreatitis)
  • Alergi makanan
  • Efek samping obat-obatan tertentu

Habis makan mual apakah hamil atau karena kondisi lainnya terkadang bisa tampak mirip, tetapi secara umum bisa dikenali. Jika memang karena hamil, keluhan habis makan mual umumnya akan disertai gejala kehamilan lain, seperti telat haid, muncul flek ringan dari vagina, dan payudara yang lebih sensitif. 

Selain itu, untuk memastikan apakah mual memang dipengaruhi oleh kehamilan atau bukan, kamu bisa lakukan tes kehamilan dengan test pack

Perlu diingat juga bahwa tidak semua ibu hamil mengalami keluhan ini, ya. Ada juga ibu hamil yang tidak merasa mual sama sekali karena kondisi tubuh dan kehamilan setiap orang memang berbeda-beda.

Untuk bantu meredakan dan mencegah mual sesudah makan, kamu bisa minum air rebusan jahe, makan dengan porsi kecil tapi sering, dan hindari makanan yang berlemak, ya. Jangan lupa juga untuk memperbanyak konsumsi air putih bila mengalami mual hingga muntah guna mencegah dehidrasi.

Apabila keluhan habis makan mual tidak kunjung membaik atau kamu masih ragu apakah hal ini disebabkan oleh kehamilan atau kondisi lainnya, sebaiknya konsultasikan hal ini ke dokter, ya. Dokter akan memeriksa penyebabnya dan memberikan penanganan yang sesuai dengan kondisimu. 

Sumber:

National Health Service UK (2024). Vomiting and Morning Sickness.

Cleveland Clinic (2022). 12 Reasons Why You Have Nausea After Eating.

Mayo Clinic (2021). Pregnancy Week by Week. Is Nausea During Pregnancy A Good Sign?

American Pregnancy Association (2023). Morning Sickness: Nausea and Vomiting of Pregnancy.

DeSoto, L. Health (2023). Why You May Be Nauseous After Eating and How to Stop It.

Holland, K. Healthline (2023). 15 Early Signs and Symptoms of Pregnancy.

Bradley, S. Healthline (2021). What to Expect at 1 Month Pregnant.

Cervoni, B. Verywell Health (2023). Nausea After Eating: What Causes Unsettled Stomach Symptoms.

Peri, C. WebMD (2022). Morning Sickness.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *