Beginilah Perkembangan Janin 16 Minggu yang Perlu Bunda Tahu

Janin 16 minggu sudah menunjukkan perkembangan yang makin pesat, bahkan melebihi bulan sebelumnya. Pada minggu ini, mata Si Kecil sudah mulai berfungsi. Bahkan, ia juga sudah bisa mendengar suara dari luar rahim, lho. Lantas, apalagi perkembangan janin 16 minggu yang sayang untuk Bunda dilewatkan ya? 

Tidak terasa kehamilan Bunda sudah memasuki usia 16 minggu atau 4 bulan, ya. Ini berarti Bunda telah berada di trimester 2, nih. Wah, selamat ya, Bun! Berbagai keluhan di trimester 1, seperti mual dan muntah, perlahan akan berkurang, lho.

Pada usia kehamilan 16 minggu ini, perut Bunda sudah mulai terlihat menonjol. Ini karena ukuran janin di dalam rahim kira-kira sudah sebesar buah alpukat, Bun, yaitu dengan panjang tubuh sekitar 12 cm dan berat badan kurang lebih 110 gram. 

Tak hanya itu, Bunda juga mulai bisa merasakan gerakan janin hampir setiap hari. Ditambah lagi, beberapa organ tubuhnya sudah berkembang dan berfungsi dengan baik.  

Inilah Perkembangan Janin 16 Minggu 

Meskipun masih memerlukan setengah perjalanan lagi hingga waktu persalinan, janin 16 minggu sudah memiliki banyak perkembangan yang terlihat lho, Bun. 

Berikut ini adalah beberapa perkembangan yang terjadi pada janin 16 minggu: 

1. Mata janin mulai berfungsi

Organ mata janin 16 minggu sudah mulai berfungsi dengan baik, Bun. Ia bisa menggerakan matanya ke samping dan mengamati cahaya meski kelopak matanya masih tertutup. 

2. Janin mulai bisa mendengar

Tak hanya indra penglihatannya saja yang mulai bekerja, janin 16 minggu pun sudah bisa mendengar suara dari dalam tubuh Bunda maupun dari luar rahim, lho. Ini karena telinga janin telah berkembang dan kemampuannya untuk mendengar juga meningkat. Bahkan, Si Kecil sudah bisa mendengar suara Bunda. 

Nah, untuk merangsang perkembangan indra pendengarannya, Bunda disarankan untuk sering mengajak Si Kecil berbicara, membacakan dongeng, atau memutarkan musik untuknya, ya. 

3. Wajah janin mulai berekspresi 

Janin 16 minggu sudah bisa berekspresi lho, Bun. Hal ini karena otot-otot wajah Si Kecil sudah bisa bergerak sehingga ia bisa menyipitkan mata, mengerutkan kening, tersenyum, hingga menguap. Namun, ekspresi wajah yang muncul terjadi secara acak, karena ia belum bisa mengontrol ototnya sendiri. 

Selain itu, janin 16 minggu juga mulai bisa menggunakan otot di wajahnya untuk mengisap ibu jarinya, lho. Jadi, Bunda tidak usah kaget saat melihat janin menunjukkan ekspresinya melalui USG, ya. 

4. Sistem saraf janin telah berkembang 

Perkembangan janin 16 minggu juga ditandai dengan sistem saraf yang telah berkembang. Pada usia ini, janin mulai mahir menggerakkan kaki atau tangannya secara aktif. Ia pun mulai bisa mengepalkan dan menggerakkan tangannya. 

5. Terbentuknya pola kulit kepala janin 

Folikel rambut pada kulit kepala janin 16 minggu mulai membentuk pola. Nah, pola ini akan menentukan bagaimana pertumbuhan rambut Si Kecil dari lahir hingga dewasa. Dengan kata lain, pola kulit kepala yang terbentuk ini akan bertahan seumur hidup lho, Bun. 

Selain itu, organ tubuh janin 16 minggu, seperti tali pusar, hati, pankreas, paru-paru, saluran kemih, dan kuku sudah terbentuk dan berkembang. Bahkan, janin sudah mulai memproduksi mekonium atau kotoran pertamanya lho, Bun. 

Tips Menjaga Kesehatan Janin 16 Minggu

Agar janin 16 minggu bisa berkembang dengan baik, Bunda bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk menjaga kesehatan janin 16 minggu:

  • Konsumsi suplemen vitamin prenatal agar kebutuhan nutrisi selama hamil bisa terpenuhi. 
  • Minum air putih yang cukup, setidaknya 8–10 gelas per hari. 
  • Konsumsi makanan sehat dengan gizi yang lengkap dan seimbang.
  • Istirahat dan tidur yang cukup, setidaknya 7–9 jam sehari.
  • Lakukan olahraga ringan, seperti yoga, berenang, senam Kegel, atau berjalan santai, secara rutin. 
  • Jangan mengonsumsi minuman beralkohol atau merokok.
  • Batasi konsumsi minuman berkafein. 
  • Memakai sepatu yang nyaman untuk mencegah kelelahan dan pembengkakan pada kaki atau tungkai kaki.
  • Melakukan journaling untuk mengetahui perkembangan kehamilan. 

Selain itu, Bunda juga jangan lupa untuk tetap melakukan kontrol kehamilan ke dokter secara rutin, ya. Hal ini penting dilakukan agar Bunda bisa mengetahui perkembangan janin 16 minggu. 

Sumber: 

National Health Service UK (2024). Pregnancy. Week 16. 

National Health Service UK (2021). Pregnancy Week–by–Week. You and Your Baby at 16 Weeks Pregnant. 

Pregnancy Birth & Baby Australia (2024). Pregnancy at Week 16.

Mayo Clinic (2022). Fetal development: The 2nd trimester.

Baby Center (2024). 16 Weeks Pregnant: Fetal Development. 

Baby Center (2022). 16 Weeks Pregnant. 

Kids Health, Nemours (2024). Parents. Week 16. 

Parents (2023). 22 Healthy Pregnancy Tips for the Whole 9 Months.

Parents (2023). Week 16 of Your Pregnancy. 

Raising Children Network Australia (2023). 16 weeks pregnant.

The Bump (2023). 16 Weeks Pregnant. 

What to Expect (2023). 16 Weeks Pregnant. 

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *