Penyebab Nyeri Tulang Kemaluan Saat Hamil Trimester 3, Bahaya Tidak?

Penyebab nyeri tulang kemaluan saat hamil trimester 3 sering kali jadi pertanyaan. Nyeri ini terkadang bisa mirip dengan kontraksi palsu, sehingga mungkin bisa membingungkan sebagian ibu hamil, terutama yang belum pernah hamil sebelumnya. Lantas, mengapa keluhan nyeri tulang kemaluan ini bisa terjadi dan apakah hal ini berbahaya? Yuk, kita simak di artikel berikut.

Terkadang, kehamilan bisa membuat tubuh jadi nggak nyaman, ya, Bun? Mulai dari mual dan muntah (morning sickness) di trimester pertama, nyeri payudara, hingga keluhan sesak napas dan area vagina yang kini mulai terasa ngilu pada trimester 3.

Umumnya, penyebab nyeri tulang kemaluan saat hamil trimester 3 bukanlah hal yang berbahaya. Hal ini bahkan bisa menjadi penanda bahwa hari perkiraan lahir (HPL) sudah makin dekat. Namun, terkadang sensasi nyeri ini juga bisa dirasakan walau HPL masih jauh, Bun. 

Penyebab Nyeri Tulang Kemaluan Saat Hamil Trimester 3

Tulang kemaluan ngilu saat hamil adalah kondisi yang normal kok, Bun. Hal ini biasanya terjadi karena ukuran janin makin besar sehingga menyebabkan adanya tekanan pada otot panggul. 

Selain itu, penyebab nyeri tulang kemaluan saat hamil trimester 3 juga bisa karena janin sudah mulai turun ke rongga panggul dan menekan jalan lahir. Hal ini menimbulkan tekanan yang memicu rasa ngilu atau nyeri di area sekitar panggul, tulang kemaluan, vagina, dan selangkangan ibu hamil.

Selain karena penyebab di atas, nyeri tulang kemaluan di trimester 3 juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lainnya lho, Bun, seperti:

  • Duduk terlalu lama
  • Mengangkat benda yang terlalu berat
  • Perubahan posisi tubuh dari duduk ke berdiri
  • Nyeri ligamen bundar, biasanya terjadi pada trimester 1 karena adanya perubahan hormon relaksin yang berguna membantu tubuh mempersiapkan kehamilan dan persalinan
  • Hubungan seksual saat hamil
  • Infeksi saluran kemih

Nyeri tulang kemaluan saat hamil trimester 3 bukanlah kondisi yang berbahaya dan biasanya bisa mereda sendiri. Namun, Bunda tetap perlu waspada jika keluhan ini muncul beserta gejala lainnya, seperti keluar bercak darah dari vagina, muncul benjolan di vagina, demam, mual, muntah, atau nyeri terasa sangat berat. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera periksa ke dokter, ya.

Tips Mengatasi Nyeri Tulang Kemaluan Selama Masa Kehamilan

Nyeri tulang kemaluan saat hamil trimester 3 biasanya bisa mereda sendiri. Namun, untuk meringankannya, Bunda bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

  • Mandi air hangat. 
  • Berikan kompres dingin pada area panggul.
  • Hindari mengangkat benda yang terlalu berat.
  • Usahakan untuk tetap melakukan aktivitas ringan, seperti jalan kaki selama 15 menit. Cara ini mampu membantu melancarkan aliran darah di sekitar panggul dan mengurangi rasa nyeri di tulang kemaluan.
  • Rutin melakukan peregangan dan yoga hamil.
  • Hindari berdiri atau duduk terlalu lama.

Selain nyeri di tulang kemaluan, Bunda juga perlu memperhatikan beberapa hal, terutama jika mengalami kontraksi selang 5–15 menit, perut kram seperti haid, sakit punggung bawah, keluar cairan atau lendir berwarna merah muda dari vagina, hingga air ketuban pecah. 

Penyebab nyeri tulang kemaluan saat hamil trimester 3 yang disertai kondisi di atas bisa jadi merupakan tanda Si Kecil sudah siap untuk dilahirkan. Oleh karena itu, segera ke dokter ya, Bun.

Sumber:

National Health Service UK (2023). Signs That Labour Has Begun.

Cleveland Clinic (2024).  10 Signs Labor May Be Beginning.

American Pregnancy Association. Lightning Crotch Pain During Pregnancy.

Miles, K. Baby Center (2023). What is lightning crotch?

Stewart, D.H. Baby Center (2022). Round ligament pain in pregnancy.

Brusie, C. Healthline. How to Identify Lightning Crotch Pain During Pregnancy.

Overfelt, M. The Bump (2023). What to Do About Vaginal Pain During Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *