Rekomendasi Sikat Gigi Bayi Terbaik

Memilih sikat gigi bayi tidak boleh sembarangan ya, Bun. Pastikan produk sikat gigi yang Bunda beli aman dan nyaman bagi Si Kecil. Nah supaya tidak salah, yuk lihat apa saja rekomendasi sikat gigi bayi untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Si Kecil.

Tidak terasa, gigi-gigi Si Kecil sudah mulai tumbuh nih. Nah, mulai sekarang, Bunda sudah bisa mulai menyikat gigi Si Kecil. Meski giginya belum banyak, kebiasaan ini perlu dilakukan guna menjaga kesehatan gigi dan mulut bayi. Namun, Bunda jangan sampai salah memilih sikat gigi, ya. 

Rekomendasi Sikat Gigi Bayi Terbaik

Gigi pertama bayi biasanya mulai tumbuh setelah usianya 6 bulan. Menyikat gigi Si Kecil sudah bisa dilakukan supaya nantinya dia terbiasa dengan kebiasaan ini. 

Gigi bayi harus dibersihkan dengan sikat gigi bayi berbulu halus dan lembut, memiliki ukuran kepala yang kecil, dan pegangan yang terasa nyaman di tangan Bunda. Hal ini tentu supaya gigi dan gusi Si Kecil tidak terluka.

 Beberapa produk di bawah ini bisa Bunda gunakan untuk menyikatkan gigi Si Kecil:

1. Dr. Brown’s Silicone Finger Toothbrush

Dr. Brown’s Silicone Finger Toothbrush merupakan sikat gigi berbahan silikon lembut sehingga lebih aman digunakan untuk membersihkan gigi dan gusi bayi. 

Cara pakainya juga sangat mudah, kok. Bunda hanya perlu memasukkan jari telunjuk Bunda ke dalam sikat gigi sehingga sikat lebih mudah diarahkan di mulut mungil Si Kecil. 

Setelah digunakan, sikat gigi ini bisa Bunda letakkan dalam wadah atau tempat khusus yang bisa mudah disimpan, sehingga cocok dibawa ketika bepergian, Bun.

2. Pigeon Training Toothbrush Lesson 123 Set

Sikat gigi lain yang bisa membantu Bunda lebih mudah menyikat gigi bayi adalah Pigeon Training Toothbrush Lesson 123 Set. Produk ini terdiri dari 3 sikat gigi yang dipergunakan sesuai usia bayi. 

Misalnya, lesson 1 untuk bayi usia 6–8 bulan, lesson 2 untuk bayi usia 8–12 bulan, dan lesson 3 untuk bayi yang berusia 12–18 bulan. Setiap lesson juga menggunakan bahan sikat yang berbeda, lho. Praktis banget deh, Bun.

3. Jordan Step 1 Baby Toothbrushes

Rekomendasi sikat gigi bayi lainnya adalah Jordan Baby Step 1. Sikat gigi ini didesain dengan bentuk gagang melingkar sehingga mudah digenggam. Ukuran leher sikat gigi yang pendek bertujuan untuk mencegah sikat gigi dimasukkan terlalu jauh ke dalam mulut dan membuatnya tersedak.

Jordan Step 1 menggunakan bulu-bulu ekstra lembut agar tidak melukai gusi bayi. Tak hanya itu, produk ini juga dilengkapi toothpaste indicator sehingga Bunda bisa menakar seberapa banyak pasta gigi yang dibutuhkan. 

4. Sakumini 360 Degree Training Toothbrush

Berbeda dengan produk sikat gigi pada umumnya, Sakumini 360 Baby Toothbrush dirancang dengan bulu sikat gigi berbahan nano brush antibacterial yang melingkar 360°.  

Karena terbuat dari bahan antibakteri, produk ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri jahat di gigi dan mulut bayi. Dengan demikian, pertumbuhan plak di gigi pun dapat dicegah sejak dini. 

Dengan desain yang unik, sikat gigi bayi ini bisa menjangkau seluruh permukaan gigi dan gusi, memijat gusi, dan membersihkan lidah dan gigi dari sisa susu dan makanan.

5. Dr. Brown’s Infant to Toddler Toothbrush

Bunda, bentuk sikat gigi yang lucu bisa menarik perhatian Si Kecil dan membuatnya suka dengan kebiasaan menyikat gigi. Nah, Dr. Brown’s Infant to Toddler Toothbrush pasti disukai anak karena bentuknya menyerupai jerapah.

Tak hanya bentuknya yang menggemaskan, sikat gigi ini juga dilengkapi dengan bulu super lembut yang cocok untuk anak usia berapa pun, terutama untuk bayi dan balita. Setelah menggunakan sikat gigi, Bunda bisa meletakkannya dengan posisi berdiri menggunakan keempat kaki jerapah

6. Marcus & Marcus Baby Teething Toothbrush

Rekomendasi sikat gigi bayi berikutnya yang tak kalah lucu ialah dari Marcus & Marcus Baby Teething Toothbrush. Selain lucu, produk ini juga serbaguna karena tidak hanya berperan sebagai sikat gigi, tapi juga sebagai teether.

Teether sendiri adalah mainan atau benda yang mampu meredakan rasa gatal dan nyeri pada gusi ketika bayi tumbuh gigi. Jadi, ketika giginya tumbuh, Bunda bisa memberinya produk ini, ya. 

Sembari meredakan rasa gatal dan nyeri, Marcus & Marcus Baby Teething Toothbrush juga bisa digunakan untuk membersihkan gigi Si Kecil karena produk ini disertai bulu halus berbahan silikon.

Mungkin, awalnya akan sedikit sulit ya untuk membersihkan gigi Si Kecil. Namun, jangan patah semangat ya, Bun. Yang terpenting, bayi mengenal dulu dan mempelajari kebiasaan ini. 

Tak hanya pemilihan sikat gigi, cara menyikat gigi bayi juga perlu dilakukan dengan benar. Untuk itu, Bunda bisa menerapkan tips berikut:

  • Pangku Si Kecil dan pastikan posisi kepalanya menempel di dada Bunda.
  • Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dan keluarkan sebesar biji jagung pada ujung sikat gigi.
  • Sikat seluruh permukaan gigi Si Kecil sebanyak 2 kali sehari, setelah menyusui atau makan dan sebelum tidur.
  • Saat menyikat giginya, buatlah gerakan memutar secara lembut.
  • Seka juga bagian gusi-gusi Si Kecil dengan sikat gigi jari silikon, bahkan jika giginya belum bertumbuh.
  • Pastikan Si Kecil meludahkan pasta gigi setelahnya.
  • Ganti sikat gigi apabila bulu sikatnya mulai mekar atau biasanya setiap 2–4 bulan sekali.
  • Terus lakukan kebiasaan ini hingga anak bisa melakukannya sendiri dengan baik.

Nah, demikian rekomendasi sikat gigi bayi beserta tips untuk Bunda agar lebih mudah menyikatkan gigi Si Kecil. Jika Bunda merasa kesulitan atau masih memiliki pertanyaan, tidak ada salahnya lho konsultasikan hal ini dengan dokter.

Sumber:

Victoria State Government Australia (2022). Better Health Channel Australia. Toothbrushing – children 0-6 years.

National Health Service UK (2022). Looking After Your Baby’s Teeth.

Miles, K. Baby Center (2023). How and When to Start Brushing Your Baby’s Teeth.

Raising Children Network Australia (2022). Dental care for babies.

Cappetta, K. The Bump (2024). Brushing Basics: How and When to Start Brushing Baby Teeth.

Watson, S. WebMD (2024). Caring for Your Baby’s Teeth.

Weishaupt, J. WebMD (2022). What to Know About Teething Toys for Babies.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *