Umur Berapa Bayi Bisa Tengkurap? Ini Jawabannya!

Penasaran ya, Bun, umur berapa bayi bisa tengkurap? Soalnya, kemampuan dasar ini memang perlu dikuasai bayi supaya nantinya ia bisa berguling, duduk, merangkak, dan berjalan. Lantas, kapan ya bayi bisa tengkurap dan apa yang bisa Bunda lakukan jika Si Kecil belum bisa tengkurap?

Setiap perkembangan Si Kecil dianggap sebagai sebuah pencapaian baru yang menarik, bahkan jadi momen haru untuk Ayah dan Bunda. Nah, salah satu pencapaian bayi yang cukup penting dalam tumbuh kembangnya adalah tengkurap.

Ayah dan Bunda penasaran kan dengan proses perkembangan yang satu ini? Apalagi jika Si Kecil adalah anak pertama Ayah dan Bunda. Yuk, intip penjelasan tentang umur berapa bayi bisa tengkurap!

Umur Berapa Bayi Bisa Tengkurap?

Menginjak usia 2 bulan, bayi biasanya mulai suka mengikuti benda atau mainan yang bergerak dan mengikuti suaranya. Di momen ini, bayi mulai mencoba mengangkat kepala dan mendorong tubuh menggunakan tangannya. 

Pada bulan ke-3, otot leher bayi pun sudah makin kuat, Bun. Biasanya, kepala bayi akan lebih tegak dan stabil karena tubuh bagian atasnya mulai kuat menopang kepala. Selain itu, bayi pada usia ini juga sudah mulai suka meregangkan kaki dan menendang, lho. 

Nah, pada bulan ke-4, Si Kecil akan lebih aktif lagi, Bun. Ia mulai mencoba berguling ke satu sisi dan mengangkat tubuh atasnya. Saat Si Kecil sudah menguasai kemampuan ini, Bunda harus lebih memperhatikan dan mengawasi gerakannya ya, supaya Si Kecil tidak jatuh atau menabrak barang di sekitarnya. 

Bunda bisa mengajaknya tummy time nih untuk memperkuat tulang serta otot leher, dada, dan lengannya. 

Pada usia 5–6 bulan, bayi akan lebih aktif berpindah posisi dan memutar tubuhnya karena ia makin penasaran dengan dunia di sekelilingnya. Inilah waktu yang ditunggu-tunggu oleh para orang tua. Karena kepala, leher, dada, lengan, dan kakinya sudah bisa menopang tubuhnya, Si Kecil sudah bisa tengkurap sepenuhnya. 

Jadi, Bunda sudah tahu kan jawaban untuk pertanyaan tentang umur berapa bayi bisa tengkurap? Ya, umumnya bayi akan mencoba tengkurap pada usia sekitar 4–6 bulan. Namun, terkadang bayi bisa sedikit terlambat untuk bisa tengkurap. Hal ini biasanya lebih banyak terjadi pada bayi prematur.

Oleh karena itu, Bunda jangan sedih ya apabila di bulan tersebut Si Kecil belum bisa tengkurap. Untuk mendukungnya, Bunda bisa coba melatih Si Kecil agar ia bisa lebih cepat tengkurap, kok. 

Cara Melatih Bayi Tengkurap

Bun, setiap bayi memang memiliki tahapan perkembangannya sendiri-sendiri. Terkadang, bayi ada yang belum siap untuk tengkurap di usia 6 bulan. Nah, pada masa tumbuh kembangnya ini, Bunda bisa lho melakukan beberapa cara untuk membantu Si Kecil dan mengajarinya tengkurap (tummy time)

Berikut ini tips yang bisa Bunda lakukan ketika melatih bayi melakukan tummy time

  • Siapkan tempat yang empuk dengan permukaan yang rata dan aman, lalu baringkan Si Kecil secara tengkurap selama beberapa menit.
  • Hindari meletakkan bayi di sofa atau tempat tidur tanpa bilah pagar (box bayi) agar ia tidak berguling dan terjatuh ke lantai.
  • Biarkan Si Kecil mencoba untuk mengangkat kepalanya guna memperkuat otot leher dan bahu.
  • Gunakan mainan yang bersuara, lalu arahkan ke atas supaya Si Kecil mencoba untuk mengangkat kepala dan tubuhnya.
  • Lakukan 5 menit setiap 2–3 kali sehari.

Selain mengetahui umur berapa bayi bisa tengkurap dan membantunya melakukan tummy time, Bunda perlu selalu mengawasi dan menemani Si Kecil saat ia belajar tengkurap. 

Pastikan juga Bunda tidak meletakkan Si Kecil tidur dengan posisi tengkurap guna mencegah sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Bayi biasanya baru boleh tidur tengkurang setelah usianya mencapai 1 tahun.

Nah, jika Bunda masih memiliki pertanyaan seputar umur berapa bayi bisa tengkurap dan cara melakukan tummy time, tidak perlu segan untuk berkonsultasi ke dokter, ya.

Sumber:

Miles, K. Baby Center (2023). When Do Babies Roll Over?

Kids Health, Nemours. Tummy Time.

Asmundsson, L. Parents (2024). A Week-by-Week Guide to Your Baby’s First Year Milestones.

Summer, J. Sleep Foundation (2024). When Can Babies Start Sleeping on Their Stomachs?

Cappetta, K. The Bump (2023). When Can Babies Sleep on Their Stomach Safely?

Shaw, G. WebMD (2024). Baby’s First Year: How Infants Develop

Watson, S. WebMD (2023). Baby Development: Your 3-Month-Old.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *