Janin 3 Bulan Sebesar Apa? Yuk, Intip Perkembangannya!

Janin 3 bulan sebesar apa sering jadi pertanyaan ibu hamil, nih. Ini karena ibu hamil pastinya penasaran dengan proses perkembangan janin. Selain itu, tumbuh kembang janin yang sehat biasanya juga dilihat dari pertambahan panjang dan berat tubuhnya. Nah, apa saja ya yang terjadi pada janin di usia kehamilan 3 bulan ini?

Selamat ya, Bun, kini kehamilan sudah memasuki bulan ke-3! Pada periode kehamilan minggu ke-9 sampai ke-12 ini, janin akan tumbuh dan berkembang dengan sangat cepat, Bun. Bahkan, janin sudah mulai terlihat seperti bayi, lho. Anggota tubuh dan organ-organnya juga mulai berkembang. 

Kira-kira, janin 3 bulan sebesar apa ya sekarang? Yuk, kita cari tahu jawabannya, Bun!

Intip Perkembangan Janin 3 Bulan

Asyik! Akhirnya trimester 1 sudah mau berakhir ya, Bun. Karena kini kehamilan sudah berusia 3 bulan, segala keluhan terkait kehamilan yang Bunda rasakan selama trimester 1 ini terbayarkan juga dengan perkembangan janin yang mulai sempurna.

Nah, janin yang berusia 3 bulan dimulai dari embrio yang berkembang menjadi janin dan mulai membentuk wajah, anggota badan, organ, tulang, dan otot. Sebagai gambaran untuk Bunda, begini kira-kira proses perkembangan janin selama usia kandungan 3 bulan:

1. Minggu ke-9

Pada minggu ini, gigi janin mulai terbentuk lho, Bun! Begitu juga dengan otot-otot serta tubuhnya yang mulai berbentuk manusia. 

Namun, jika Bunda bertanya janin 3 bulan sebesar apa, perlu diketahui dulu ya kalau pada minggu ke-9 ini ukuran kepala janin masih belum proporsional. Ini karena otak janin berkembang lebih cepat sehingga ukuran kepala janin masih lebih besar dari tubuhnya.

2. Minggu ke-10

Pada minggu ke-10 kehamilan, lengan, tangan, kaki, dan jari-jari janin sudah berkembang sempurna, lho. Kuku-kukunya juga mulai terbentuk. Tidak cuma itu, alat kelamin janin pun dalam tahap pembentukan, nih. Hanya saja, jenis kelamin janin masih belum bisa terlihat lewat USG, ya.

3. Minggu ke-11

Janin di minggu ke-11 mulai lebih aktif menggerakkan anggota tubuhnya, seperti membuka dan menutup mulut atau jari-jari tangannya. Mata dan hidungnya juga mulai terbentuk lho, Bun, tetapi kulit janin masih transparan.

Pada usia ini, anggota tubuh lainnya, seperti lutut, siku, dan pergelangan kaki janin, sudah bisa berfungsi dengan baik. Jadi, janin mulai mencoba untuk menendang atau mendorong di dalam rahim. Namun, karena janin masih kecil, maka masih terlalu dini untuk Bunda merasakan tendangan janin. 

4. Minggu ke-12

Pada akhir bulan ke-3 atau minggu ke-12, organ, anggota tubuh, tulang, dan otot janin berkembang secara optimal sehingga dapat berfungsi dengan lebih baik. 

Selain itu, hati janin juga mulai memproduksi empedu. Sistem pencernaannya, seperti ginjal dan kantung kemih, juga berfungsi dengan baik sehingga janin bisa buang air kecil dan menelan cairan ketuban.

Jadi, Janin 3 Bulan Sebesar Apa Sih?

Setelah melihat perjalanan tumbuh kembang janin 3 bulan, Bunda pasti amat senang, bukan? Tidak hanya organ dalamnya yang berkembang dengan sempurna, ukuran fisik janin juga kian bertumbuh, lho.

Lantas, janin 3 bulan sudah sebesar ya, Bun? Nah, pada akhir bulan ke-3, ukuran panjang tubuh janin sudah mencapai sekitar 6 cm. Berat badannya pun kini sudah mencapai 18–25 gram, Bun.

Kira-kira, janin 3 bulan sebesar apa ya dengan ukuran tersebut? Sebagai gambarannya, janin kini sudah sebesar buah lemon ya, Bun. Bunda bisa melihat rupa Si Kecil melalui pemeriksaan USG.

Tips untuk Bunda di Kehamilan 3 Bulan

Meski ukurannya masih kecil dan Bunda masih belum bisa merasakan gerakannya, janin sudah bisa melakukan banyak hal, Bun, seperti mengisap jempol dan cegukan. 

Agar perkembangan janin makin optimal hingga hari kelahirannya, Bunda perlu menjaga kesehatan diri dan kandungan, ya. Berikut ini adalah tips untuk Bunda di kehamilan bulan ke-3:

  • Berolahraga ringan secara rutin selama hamil
  • Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, seperti ikan, telur, daging rendah lemak, kacang-kacangan, biji-bijian, sayur, buah, dan susu 
  • Memperoleh istirahat dan tidur yang cukup setiap hari
  • Rutin konsumsi vitamin prenatal
  • Memperbanyak minum air putih minimal 8 gelas per hari
  • Tidak mengonsumsi alkohol atau merokok
  • Membatasi konsumsi kafein
  • Menghindari konsumsi makanan yang dilarang untuk ibu hamil, misalnya yang masih mentah dan mengandung tinggi merkuri, seperti sushi mentah 
  • Mengelola stres dengan baik dan menghindari pemicunya

Kini, Bunda sudah tahu kan janin 3 bulan sebesar apa dan bagaimana perjalanan tumbuh kembangnya? Jadi, jagalah kesehatan Bunda dan kandungan selama masa kehamilan, ya. Selain menerapkan tips-tips yang sudah disebutkan, Bunda juga perlu melakukan kontrol rutin ke dokter supaya janin tetap sehat dan kuat hingga persalinan tiba.

Sumber:

Pregnancy Birth & Baby Australia (2023). Pregnancy at Week 12.

Raising Children Network Australia (2023). 12 Weeks Pregnant. 

Cleveland Clinic (2024). Fetal Development.

Cleveland Clinic (2022). First Trimester.

Gates, M. Baby Center (2022). 12 Weeks Pregnant. 

Marple, K. Baby Center. Pregnancy in Weeks, Months, and Trimesters.

Bradley, S. Healthline (2020). What to Expect at 3 Months Pregnant.

WebMD (2023). The First Trimester: Your Baby’s Growth and Development in Early Pregnancy.

WebMD (2022). Your Pregnancy Week by Week: Weeks 9-12.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *