Janin 18 Minggu, Ketahui Berbagai Perkembangannya

Janin 18 minggu sudah makin aktif bergerak lho, Bun. Hal ini membuat Bunda akan sering merasakan pergerakannya hampir setiap hari. Ditambah lagi, organ kelamin Si Kecil juga sudah terbentuk sempurna, sehingga jenis kelaminnya dapat Bunda ketahui. Wah, senangnya! Lantas, apalagi ya perkembangan janin 18 minggu? Yuk, simak artikel ini!

Minggu demi minggu sudah berhasil Bunda lewati, tidak terasa kehamilannya sudah masuk 18 minggu. Sebentar lagi sudah mau hamil 5 bulan, nih. Ini artinya Bunda masih memerlukan setengah perjalanan lagi hingga bisa bertemu Si Kecil secara langsung. Semangat ya, Bun! 

Pada trimester kedua ini, perut Bunda sudah terlihat menonjol, lho. Ini karena bobot janin 18 minggu makin bertambah dan beberapa organ tubuhnya juga sudah berkembang serta berfungsi dengan baik. 

Berbagai Perkembangan Janin 18 Minggu 

Ukuran janin 18 minggu sudah berukuran sebesar paprika, Bun. Sekarang, ia sudah memiliki panjang tubuh sekitar 20 cm dan berat badan kurang lebih 200 gram, lho. 

Selain ukurannya yang makin besar, janin 18 minggu juga memiliki banyak perkembangan yang sayang untuk dilewatkan lho, Bun. Kira-kira, apa saja perkembangannya, ya? Berikut adalah penjelasannya: 

1. Alat kelamin janin sudah terlihat jelas

Pada minggu ini, organ reproduksi janin 18 bulan telah terbentuk sepenuhnya lho, Bun. Pada janin perempuan, organ reproduksi seperti vagina, rahim dan saluran telur (tuba falopi) sudah terbentuk dan berada di posisi idealnya. 

Sementara itu, pada janin laki-laki, alat kelamin atau penisnya sudah lebih terlihat. Nah, untuk bisa mengetahui jenis kelamin janin, Bunda bisa melakukan pemeriksaan USG kehamilan ke dokter, ya.

2. Sistem pencernaan mulai bekerja 

Sistem pencernaan janin 18 minggu juga sudah mulai bekerja, lho. Ini akan membantu Si Kecil mengeluarkan feses pertamanya (mekonium) setelah ia dilahirkan. 

Perlu diketahui, mekonium memiliki sedikit perbedaan dengan kotoran bayi yang akan keluar selanjutnya. Umumnya, mekonium berwarna hijau tua atau hitam kehijauan, tidak berbau busuk, serta memiliki tekstur yang kental dan lengket.

3. Sistem saraf janin telah berkembang 

Salah satu perkembangan janin 18 minggu yang sayang untuk dilewatkan adalah sistem sarafnya sudah berkembang dan berfungsi dengan baik. Lapisan pelindung saraf atau mielin mulai terbentuk pada minggu ini dan perkembangan otak dan sarafnya akan terus berlanjut hingga setelah janin dilahirkan.

Selain itu, indra pendengaran Si Kecil juga makin berkembang, lho. Ia mulai bisa mengenal suara dari luar rahim, misalnya suara detak jantung atau perut Bunda. Hal ini terjadi karena telinga janin sudah berkembang dan kemampuannya untuk mendengar juga meningkat.

4. Lanugo mulai tumbuh 

Tubuh janin 18 minggu mulai ditumbuhi rambut-rambut halus atau lanugo, Bun. Rambut halus ini berfungsi untuk melindungi kulit dan menjaga tubuh janin agar tetap hangat. 

Pertumbuhan rambut ini akan menebal selama sekitar 6 minggu ke depan. Namun, lanugo akan rontok dengan sendirinya ketika janin sudah memasuki usia 7–8 bulan atau menjelang kelahiran.

5. Paru-paru telah berkembang 

Bunda, paru-paru janin 18 minggu telah berkembang pada usia kehamilan ini. Di saluran pernapasan paling ujung (bronkiolus), kantung-kantung udara yang berbentuk gelembung kecil (alveolus) akan tumbuh makin banyak guna menunjang kemampuan paru-paru untuk menyerap oksigen dan membuang karbon dioksida.

Namun, organ ini masih belum bisa berfungsi sempurna ya, Bun. Paru-paru biasanya akan mulai matang dan bisa berfungsi sempurna ketika menjelang waktu janin lahir dan bisa mulai bekerja ketika ia sudah lahir.

6. Janin mulai lebih aktif bergerak

Sudah mulai bisa merasakan gerakan Si Kecil ya, Bun? Wah, selamat ya! Pada usia kehamilan ini, janin 18 minggu sudah bisa melakukan berbagai gerakan lho, misalnya menguap, meregangkan tubuh, mengisap jempol, mengerutkan kening, menggerakan kaki atau tangan, dan menendang. 

Namun, tidak perlu khawatir jika Bunda belum merasakan gerakan Si Kecil. Soalnya, untuk Bunda yang baru pertama kali hamil, gerakan janin mungkin mulai bisa dirasakan saat kehamilan mendekati usia 24 minggu.

Selain perkembangan di atas, Bunda juga perlu tahu bahwa struktur wajah janin 18 minggu, termasuk telinga, hidung, bibir, kelopak mata, rambut serta alis atau bulu mata, juga sudah bisa dikenali melalui USG, lho. Tak hanya itu, Si Kecil juga bisa mulai membedakan rasa manis dan pahit karena indra pengecapnya juga berkembang. 

Nah, agar perkembangan janin selalu optimal setiap bulannya, penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Makanya, Bunda perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rutin minum suplemen kehamilan yang diresepkan oleh dokter, istirahat yang cukup, serta periksakan kondisi kehamilan ke dokter sesuai jadwal, ya.

Sumber:

National Health Service UK (2024). Pregnancy. Week 18. 

Pregnancy, Birth & Baby Australia (2024). Pregnancy at Week 18.

American Pregnancy Association (2024). 18 Weeks Pregnant.

Baby Center (2022). 18 Weeks Pregnant.

Flo Health (2023). 18 Weeks Pregnant: Your Guide to This Week of Your Second Trimester.

Medicine Net (2024). What Should I Be Feeling at 18 Weeks Pregnant?

Parents (2024). Second Trimester Fetal Development: Week by Week.

Raising Children Network Australia (2023). 18 Weeks Pregnant.

The Bump (2024). 18 Weeks Pregnant.

WebMD (2023).Your Pregnancy Week by Week: Weeks 17-20.

What to Expect (2023). 18 Weeks Pregnant.

What to Expect (2021). When Your Baby’s Sex Is Determined.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *