Usia Kehamilan Berapa Minggu Bisa Terdeteksi Test Pack? Ini Jawabannya

usia kehamilan berapa minggu bisa terdeteksi test pack, diary bunda

Usia kehamilan berapa minggu bisa terdeteksi test pack sering menjadi pertanyaan para wanita, terutama yang sedang mendambakan buah hati. Ini karena kehamilan bisa saja tidak terdeteksi dengan test pack apabila tes ini dilakukan terlalu awal.

Test pack atau tespek merupakan alat tes kehamilan sederhana yang bisa digunakan secara mandiri di rumah. Alat tes ini bekerja dengan cara mendeteksi hormon kehamilan di dalam urine, yaitu human chorionic gonadotropin (hCG). Apabila hormon ini terdeteksi dengan test pack, berarti kehamilan sudah terjadi dan hasil tes biasanya akan positif.

Namun, kehamilan bisa saja tidak terdeteksi meski sudah hamil, lho. Ini karena hormon hCG masih sangat sedikit atau malah belum diproduksi. Jadi, penting untuk mengetahui waktu yang tepat agar kehamilan bisa terdeteksi dengan test pack, ya.

Usia Kehamilan Berapa Minggu Bisa Terdeteksi Test Pack

Penggunaan test pack harus dilakukan pada waktu yang tepat, ya. Soalnya, kalau waktunya tidak tepat, hasil test pack bisa saja menjadi tidak akurat. Lantas, kapan  sebaiknya tes kehamilan dilakukan?

Tes kehamilan dengan menggunakan test pack bisa dilakukan saat hari pertama telat haid atau 2 minggu setelah berhubungan seksual. Hasil test pack bahkan bisa lebih akurat apabila tes kehamilan dilakukan 1–2 minggu setelah telat haid.

Namun, jika tes dilakukan lebih awal, kehamilan bisa saja sulit terdeteksi. Soalnya, kehamilan hanya bisa terdeteksi ketika proses pembuahan dan implantasi telah selesai. Implantasi adalah proses saat sel telur yang dibuahi menempel pada dinding rahim. Proses ini membutuhkan waktu 1–2 minggu setelah berhubungan seksual.

Setelah proses pembuahan dan implantasi selesai, hormon hCG pun dihasilkan oleh tubuh. Inilah yang akan dibutuhkan test pack dalam mendeteksi kehamilan. Makanya, apabila tes kehamilan dilakukan terlalu awal, kadar hormon hCG bisa saja masih sedikit, sehingga kehamilan tidak bisa terdeteksi.

Nah, karena test pack tidak langsung bisa mendeteksi kehamilan setelah berhubungan seksual, jadi usia kehamilan berapa minggu bisa terdeteksi test pack? Jawabannya adalah saat usia kehamilan mencapai 6–7 minggu. Ini karena usia kehamilan dihitung dari hari pertama haid terakhir (HPHT) dan test pack digunakan pada 1–2 minggu setelah terlambat haid.

Yang pasti, kadar hormon hCG umumnya masih tinggi pada trimester pertama kehamilan, dan akan menurun secara bertahap seiring bertambahnya usia kehamilan. Oleh karena itu, kehamilan umumnya bisa terdeteksi dengan test pack sampai usia 12 minggu. 

Cara Menggunakan Test Pack dengan Benar

Banyak jenis test pack yang bisa digunakan untuk mendeteksi kehamilan. Beberapa jenisnya adalah strip, digital, serta stick. Karena bentuknya berbeda, cara pakai setiap jenis test pack juga pasti berbeda. 

Misalnya, jenis strip dilakukan dengan mencelupkan test pack ke dalam wadah yang berisi urine. Sementara itu, jenis stick dilakukan dengan cara meneteskan urine ke tempat penampung pada test pack. 

Selain cara pakainya yang berbeda, indikator hasil pada test pack juga bisa berbeda, lho. Indikator hasil pada test pack dapat berupa garis satu atau garis dua, ataupun simbol (+) atau simbol (-).

Nah, untuk mendapatkan hasil yang akurat, penting untuk mengetahui cara pakai test pack yang tepat. Kamu bisa mengetahui cara pakainya dengan mengikuti langkah-langkah yang tertera pada kemasan. 

Apabila alat test pack tidak menunjukkan hasil apa pun, baik berupa garis, simbol, maupun kata, mungkin ada kesalahan dalam penggunaannya. Bisa jadi, test pack juga sudah tidak dalam kondisi baik atau sudah rusak. 

Kamu bisa mengganti alatnya dengan yang baru, membaca lagi cara pakainya, lalu mengulang tesnya dengan menerapkan cara yang benar.

Sumber:

National Health Services U.K. (2023). Pregnancy. Doing a Pregnancy Test.

Pregnancy Birth & Baby Australia (2023).  HCG Levels.

Cleveland Clinic (2022). Diagnostics & Testing. Pregnancy Tests.

Mayo Clinic (2023). Getting Pregnant. Home Pregnancy Tests: Can You Trust the Results?

Marcin, A. Healthline (2024). When Should You Take a Pregnancy Test?

Dix, M. Healthline (2019). What Are the Signs That Implantation Has Occurred?

Jones, B. Verywell Health (2023). How Soon Can You Take a Pregnancy Test?

Stuart, A. WebMD (2023). Pregnancy Tests.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *