Yuk, Ketahui Bayi 5 Bulan Sudah Bisa Apa

bayi 5 bulan bisa apa, diary bunda

Bayi 5 bulan bisa apa, ya? Pertanyaan ini tidak jarang terlintas di benak para orang tua, apalagi yang penasaran dengan setiap perkembangan buah hatinya dari bulan ke bulan. Nah, dalam artikel ini, Bunda bisa mengetahui bagaimana perkembangan bayi 5 bulan, mulai dari perkembangan motoriknya sampai kemampuan komunikasinya.

Seiring dengan bertambahnya usia bayi, berat dan panjang badannya pun mengalami kenaikan. Saat memasuki 5 bulan, bayi laki-laki umumnya sudah memiliki bobot sekitar 7,5 kg dengan panjang 66 cm. Sementara itu, bayi perempuan memiliki bobot sekitar 6,8 kg dengan panjang mencapai 64 cm.

Berbagai Perkembangan Bayi 5 Bulan

Selain berat dan panjangnya yang bertambah, bayi 5 bulan juga banyak mengalami perkembangan lainnya, Bun. Nah, berikut ini adalah berbagai perkembangan bayi 5 bulan yang patut Bunda ketahui:

1. Perkembangan motorik

Pada bulan ini, ada banyak gerakan baru yang bisa dilakukan oleh Si Kecil lho, Bun. Salah satunya adalah duduk dengan menopang tubuhnya sendiri menggunakan tangan atau dibantu dengan bantal. Ketika sedang digendong atau dipangku, punggung Si Kecil pun sudah mulai tegak. 

Si Kecil juga akan lebih aktif, Bun. Ia sudah bisa berguling dari posisi tengkurap menjadi telentang atau sebaliknya. Si Kecil juga sudah bisa meraih benda yang ada di sekitarnya, seperti boneka kecil atau botol minum, lalu melemparnya.

2. Perkembangan sosial

Saat Si Kecil sudah berusia 5 bulan, kemampuan sosialnya pun makin berkembang. Pada masa ini, Si Kecil sudah bisa meminta apa yang dibutuhkannya dengan melakukan gerakan tertentu. Misalnya, Si Kecil akan mengangkat tangannya ketika ia ingin digendong atau menangis ketika ia tidak mau ditinggal sendiri.

Selain itu, Si Kecil juga sudah lebih bisa berekspresi, lho. Misalnya, ketika diajak bercanda, ia akan tertawa. Ia juga sudah bisa bermanja-manja, seperti mencium atau memeluk Bunda. 

Untuk menyampaikan perasaannya, Si Kecil bisa bersuara dengan nada yang berbeda-beda, misalnya dengan nada tinggi ketika senang atau nada rendah ketika kecewa. 

Dalam perkembangan sosialnya, bayi 5 bulan juga sudah bisa lebih waspada, Bun. Jadi, jangan heran kalau Si Kecil bisa menangis ketika bertemu orang asing atau berada di tempat yang ramai, ya. 

3. Perkembangan dalam berkomunikasi

Di usia 5 bulan ini, Si Kecil sudah memiliki kemampuan untuk berkomunikasi, Bun. Ia mulai bisa memperhatikan lawan bicaranya dengan fokus serta bisa menanggapi obrolan dengan celotehannya, seperti “Ba”, “Ga”, “Pa”, atau “Ma”. 

Si Kecil mulai sering mengeluarkan dan memainkan air liurnya, Bun. Kebiasaan yang disebut dengan blowing raspberry adalah hal yang normal. Jadi, Bunda tidak perlu khawatir apabila Si Kecil sering melakukannya.

Selain itu, Si Kecil juga sudah mulai mengenali suara-suara yang sering terdengar di sekitarnya, misalnya suara tv, suara telepon, suara bel, atau suara hewan peliharaan. Ia bahkan sudah mulai mengenali namanya, Bun. Jadi, kalau Bunda memanggilnya, ia mungkin saja akan menoleh.

Cara Mengoptimalkan Perkembangan Bayi 5 Bulan

Jadi, sudah tahu kan bagaimana perkembangan Si Kecil saat usia 5 bulan, Bun? Setelah tahu setiap perkembangan Si Kecil, inilah saatnya Bunda untuk mendukung setiap proses perkembangan Si Kecil agar makin optimal. Begini caranya, Bun:

  • Respons dengan baik setiap celotehan Si Kecil, baik dengan memberikan ekspresi tertentu maupun dengan mengajaknya berbicara.
  • Perdengarkan atau nyanyikan berbagai jenis lagu.
  • Bacakan Si Kecil buku cerita, misalnya buku yang besar dan berwarna cerah.
  • Berikan Si Kecil mainan yang berwarna cerah untuk melatihnya dalam menggenggam benda.
  • Ajak Si Kecil melakukan permainan interaktif, misalnya bermain ciluk-ba.
  • Usap-usap tubuh Si Kecil setiap akan tidur agar ia bisa mengenal perasaan tenang, aman, dan nyaman.

Selain melakukan berbagai cara untuk mengoptimalkan perkembangan bayi, Bunda juga tetap perlu mewaspadai adanya tanda-tanda perkembangan bayi terhambat, ya. Adapun tanda-tandanya adalah sebagai berikut:

  • Sulit menggerakkan badannya
  • Sulit meraih benda atau mainan di sekitarnya
  • Tidak berceloteh
  • Tidak tertarik dengan benda atau mainan apa pun
  • Tidak merespons apabila ada suara

Apabila tanda-tanda di atas terlihat pada Si Kecil, periksakan ia ke dokter agar penyebabnya bisa diketahui dan mendapat penanganan.

Sumber:

Pregnancy Birth & Baby Australia (2022). Your Baby’s Growth and Development – 5 Months Old.

Mayo Clinic (2023). Infant and Toddler Health. Infant Development: Milestones from 4 to 6 Months.

Brusie, C. Baby Center (2024). Your 5-Month-Old Baby’s Growth and Development.

Raising Children Network Australia (2024). Babies. 5-6 Months: Baby Development.

Vance, A. Parents (2024). Your 5-Month-Old Baby’s Milestones and Development.

Walters, D. The Bump (2022). 5-Month-Old Baby.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *