5 Minyak Rambut Bayi yang Bagus dan Aman

minyak rambut bayi, diary bunda

Minyak rambut bayi bisa menjadi solusi untuk melebatkan rambut bayi yang tipis dan membersihkan kulit kepala bayi. Hal ini boleh dilakukan selama bahan minyak rambutnya tidak berbahaya bagi bayi, ya. Agar Bunda tidak salah pilih, yuk ketahui pilihan minyak rambut bayi yang tidak hanya aman, tetapi juga bagus untuk bayi.

Sebelum memilih, Bunda perlu memastikan bahwa minyak rambut bayi tidak mengandung bahan-bahan berbahaya, ya. Adapun beberapa bahan yang sebaiknya tidak terkandung dalam minyak rambut bayi adalah zat pewarna, paraben, pewangi, phthalates, dan alkohol.

Selain itu, Bunda juga tidak dianjurkan untuk memberikan minyak rambut untuk orang dewasa kepada Si Kecil, ya. Ini karena minyak rambut orang dewasa mengandung bahan yang tidak cocok untuk kulit bayi sehingga bisa membuat kepala Si Kecil mengalami iritasi.

Berbagai Pilihan Minyak Rambut Bayi

Minyak rambut bayi biasanya mengandung bahan alami, seperti minyak kemiri, jojoba oil, minyak zaitun, atau minyak kelapa yang aman untuk bayi, Bun. Inilah berbagai pilihan minyak rambut bayi yang bagus dan aman untuk bayi:

1. Cussons Baby Natural Hair Oil

Cussons Baby Natural Hair Oil merupakan salah satu minyak rambut bayi yang aman dan bagus untuk Si Kecil, Bun. Soalnya, minyak rambut bayi ini mengandung minyak kemiri yang bisa menutrisi dan menghitamkan rambut, serta mengandung Pro-Vit B5 yang bisa mendukung pertumbuhan rambut.

Dengan kombinasi kandungan tersebut, minyak rambut bayi ini bisa membuat rambut Si Kecil menjadi lebih tebal, kuat, dan tidak mudah rusak. Cussons Baby Natural Hair Oil tersedia dalam ukuran 100 ml ya, Bun. 

Untuk penggunaannya, Bunda bisa mengoleskan minyak rambut ini ke kulit kepala dan rambut bayi, lalu pijat perlahan dan lembut selama beberapa menit. Setelah itu, tutup kepala bayi menggunakan handuk dan diamkan kurang lebih 30 menit.

2. Cahaya Naturals Baby Hair Oil

Apabila Bunda ingin mengatasi kulit kepala Si Kecil yang kering, Cahaya Naturals Baby Hair Oil bisa menjadi pilihan nih, Bun. Soalnya, minyak rambut bayi ini mengandung 100% bahan alami, seperti minyak kemiri, ekstrak seledri, minyak padi, dan minyak kelapa.

Berbagai bahan alami tersebut bisa memberikan banyak manfaat, seperti membuat kulit kepala lembap, meredakan iritasi di kulit kepala, menutrisi rambut, bahkan melebatkan rambut dalam waktu sekitar 3 minggu pemakaian lho, Bun.

Cahaya Naturals Baby Hair Oil tersedia dalam ukuran mini, yaitu 60 ml. Kalau minyak rambut ini dipakaikan pada bayi yang belum tumbuh rambut, Bunda bisa mengusapkannya ke kulit kepala sehabis mandi dan sebelum tidur, lalu tunggulah sampai minyaknya menyerap.

Nah, kalau dipakaikan pada bayi yang sudah punya rambut, Bunda bisa mengoleskan Cahaya Naturals Baby Hair Oil ke kulit kepalanya, lalu sisir hingga ke ujung rambut. Minyak rambut ini bisa digunakan 30 menit sebelum keramas.

3. Tropee Bebe

Tropee Bebe bisa digunakan untuk menumbuhkan rambut bayi dan menyuburkan kulit kepalanya, Bun. Alasannya, minyak rambut bayi ini mengandung kemiri dan minyak kelapa yang bisa mempercepat pertumbuhan rambut, menjaga kelembapan rambut, dan mencegah kerusakan rambut.

Selain itu, Tropee Bebe juga bisa membuat rambut bayi memiliki wangi yang khas, Bun. Ini karena di dalamnya terkandung minyak esensial lavender yang juga aman untuk digunakan pada bayi.

Karena tersedia dalam bentuk spray, Bunda bisa menyemprotkan Tropee Bebe ke tangan, lalu usapkan ke kulit kepala Si Kecil, ya. Bunda bisa diamkan 2–3 jam, kemudian bilas dengan air bersih.

4. KiddyCuts Candlenuts Oil

Apabila rambut Si Kecil kurang lebat, Bunda bisa memakaikan KiddyCuts Candlenuts Oil, lho. Minyak rambut ini mengandung ekstrak kemiri yang bisa mempercepat pertumbuhan rambut, serta mengandung minyak ekstrak hazelnut yang bisa menutrisi rambut. Dengan begitu, rambut Si Kecil bisa lebih lebat dan sehat, Bun.

KiddyCuts Candlenuts Oil tersedia dalam ukuran 100 ml, Bun. Bunda bisa mengusapkan minyak rambut ini ke rambut dan kulit kepala bayi setelah mandi, ya.

5. Fora Natures Minyak Kemiri

Fora Natures Minyak Kemiri merupakan salah satu minyak rambut bayi yang bisa digunakan Si Kecil lho, Bun. Minyak rambut bayi ini mengandung kombinasi bahan alami, yaitu minyak kemiri, jojoba oil, dan lidah buaya (aloe vera).

Dengan berbagai kombinasi bahannya, Fora Natures Minyak Kemiri bisa merangsang pertumbuhan rambut baru, melembapkan rambut, mencegah kerontokan, serta membuat rambut terlihat sehat dan berkilau. 

Selain berbagai manfaat tersebut, Fora Natures Minyak Kemiri juga memiliki wangi yang lembut, sehingga bisa membuat Si Kecil lebih tenang.

Nah, untuk pemakaiannya, Bunda bisa mengoleskannya ke kulit kepala dan rambut sambil pijat perlahan. Diamkan Fora Natures Minyak Kemiri selama kurang lebih 45 menit sampai 2 jam, lalu bilang hingga bersih.

Berbagai pilihan minyak rambut bayi di atas umumnya aman untuk digunakan. Namun, bisa saja minyak rambut menyebabkan alergi pada bayi, Bun. Jadi, ada baiknya Bunda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum menggunakan minyak rambut bayi untuk Si Kecil.

Sumber

Staughton, J. Organic Facts (2021). 9 Amazing Benefits & Uses Of Kukui Nut Oil.

Hazel, L. Healthline (2019). 9 Reasons to Use Hazelnut Oil for Your Skin.

Iftikhar, N. Healthline (2019). 8 Benefits of Baby Oil for Your Hair.

Aggarwal, N. The Bump (2024). Everything You Need to Know About Baby Hair.

Wong, C. Verywell Health (2024). What You Need to Know About Using Coconut Oil for Your Hair.

Wong, C. Verywell Health (2023). 11 Best Natural Oils for Better Hair Health.

Jordan, M. WebMD (2023).l Baby Hair Care: Tips for Natural Hair, From Doctors.

WebMD (2022). Essential Oils for Your Hair.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *