7 Sofa Bayi Terbaik

Memilih sofa bayi harus dilakukan dengan cermat agar aman untuk Si Kecil. Dengan memilih sofa bayi yang tepat, Bunda bisa mencegah Si Kecil dari terjatuh dan cedera. Nah, apa saja ya rekomendasi sofa bayi yang bagus dan aman?

Sofa bayi punya berbagai fungsi lho, Bun. Selain untuk duduk, sofa bayi bisa digunakan untuk membaringkan Si Kecil setelah disusui. Posisi kepalanya yang lebih tinggi akan mencegah ia mengalami gumoh dan membuatnya lebih mudah bersendawa. 

Sofa bayi juga bisa menjadi alas saat berjemur, alas tidur dalam perjalanan, dan menjaga agar Si Kecil tidak terjatuh. 

Rekomendasi Sofa Bayi yang Aman dan Bagus

Jika Bunda bingung menemukan sofa  yang aman dan bagus untuk Si Kecil, berikut ini adalah beberapa rekomendasi sofa bayi yang bisa Bunda pilih:

1. Istana Boneka – Sofa Bayi Lounger Multifungsi

Sofa bayi dari Istana Boneka bisa jadi pilihan Bunda yang pertama. Sofa bayi ini memiliki ukuran 56×59 cm dan mudah dibawa. Bahan yang digunakan adalah  poliester yang bisa dicuci dan tidak mudah rusak. 

Hanya dengan harga Rp99.000, Bunda sudah bisa mendapatkan sofa untuk Si Kecil ini dengan kualitas premium dan sudah bersertifikasi SNI. 

2. GOTO Sophie Sofa & Kasur Baby 

Ketika memilih sofa untuk bayi, pastikan tekstur kainnya halus dan lembut agar kulit Si Kecil tidak iritasi. Nah, salah satu sofa bayi yang bisa Bunda pertimbangkan ialah GOTO Sofa Baby SOPHIE. 

Tidak hanya lembut, sofa bayi ini juga dilengkapi safety belt untuk menjaga Si Kecil agar tidak terguling atau terjatuh. Kelebihan lainnya, GOTO Sofa Baby SOPHIE berisi silikon yang empuk, nyaman, serta tidak mudah kempes saat digunakan.  

Dibanderol dengan harga Rp89.900, Bunda bisa memperoleh sofa bayi berukuran 45×60 cm dengan ragam motif yang lucu, lho. Sofa ini juga cocok banget untuk bayi baru lahir hingga batita.

3. Sofa Kursi Bayi Miabebo

Sofa bayi Miabebo didesain khusus dengan bentuk yang mirip dengan kursi sehingga Si Kecil merasa nyaman saat mulai belajar duduk. Dilengkapi dengan seat belt sebagai pengaman, sofa dari Miabebo juga memiliki alas duduk bantalan yang bisa dilepas pasang untuk dicuci.

Sofa bayi ini dijual dengan harga yang lebih tinggi, yaitu Rp217.000. Ini karena sofa bayi Miabebo menggunakan 100% microtex, yaitu serat poliester jenis baru yang dikembangkan dengan teknologi terbaru. Hasilnya, kain sofa pun memiliki tekstur yang ekstra lembut serta dapat menyerap kelembapan dengan cepat. 

4. Dialogue Baby – Sofa Bayi 3 in 1 Planet Series

Dialogue Baby menyediakan sofa bayi 3 in 1 yang dapat digunakan untuk tidur dan duduk. Sofa bayi ini juga dilengkapi safety belt atau sabuk pengaman yang terbuat dari velcro di samping kanan dan kiri sofa, sehingga Si Kecil dapat duduk tegak.  

Selain lebih aman untuk bayi, sofa bayi ini juga lebih nyaman untuk Si Kecil karena menggunakan bahan Silikon Super (SS) yang empuk dan tidak mudah kempes. Karena ukurannya 65×50 cm, sofa bayi dari Dialogue Baby bisa digunakan oleh bayi baru lahir hingga balita, lho. 

Nah, untuk mendapatkan sofa Dialogue Baby, Bunda bisa cek di platform belanja online dan siapkan budget sekitar Rp250.000.

5. Baby Joy Sofa Bayi Bear

Kalau ingin sofa bayi yang bentuknya lucu dan unik, Bunda bisa beli dari merek Baby Joy, nih. Sofa bayi yang mereka tawarkan sangat lucu karena bentuknya seperti boneka beruang besar yang dilengkapi safety belt.

Berukuran 50×44 cm, sofa bayi ini juga dapat dijadikan tempat tidur dan alas duduk bayi usia 3 bulan hingga anak berusia 3 tahun. Sofa Baby Joy dibanderol dengan harga Rp146.000 karena memakai kain velboa, yakni sejenis poliester dengan serat yang halus menyerupai bulu, sehingga sangat nyaman bagi kulit Si Kecil. 

6. Omiland Sofa Bayi Multifungsi

Sofa bayi multifungsi lainnya bisa Bunda beli dari Omiland, lho. Sofa bayi yang  tersedia dalam warna biru dan peach ini terbuat dari bahan poliester yang sangat nyaman dan lembut.

Sofa bayi ini juga dilengkapi bantal dot yang dapat menyangga botol susu bayi. Keunggulan lainnya, sofa bayi ini bisa dikaitkan ke jok mobil karena terdapat tali di bagian atasnya. 

Selain itu, sofa bayi Omiland juga memiliki safety belt dan sarung yang bisa dilepas pasang serta dicuci. Harganya masih terjangkau kok Bun, yaitu Rp195.000

7. NODIA Kursi Makan Bayi & Sofa Bayi

Ingin ajak Si Kecil bermain sambil latihan duduk? Bunda bisa memilih kursi dan sofa bayi dari NODIA. Sofa bayi ini berbahan PVC atau vinil yang tahan air dan kuat sehingga cocok untuk menemani Si Kecil bermain, makan, atau berenang. 

Dengan ukuran 52×44 cm, sofa bayi NODIA ini tersedia dalam motif dan warna yang cerah serta beragam bentuk yang unik dan disukai bayi, mulai dari bentuk donat, bebek, hingga beruang. Sandaran sofa NODIA juga besar sehingga bisa melindungi pinggang Si Kecil. 

Produk ini sudah dilengkapi dengan pompa udara yang menyatu dengan sofa sehingga praktis. Harganya juga masih terbilang murah, yaitu sekitar Rp128.600.

Itulah beberapa rekomendasi merek sofa bayi yang bisa Bunda pilih sesuai selera dan kebutuhan. Ketika menidurkan atau mendudukkan Si Kecil di sofa bayi, tetap perhatikan Si Kecil dan jangan meninggalkannya sendirian ya. Agar aman, jauhkan barang atau benda berbahaya ya dari jangkauannya serta pastikan Bunda mengencangkan safety belt di sofa bayi. 

Bila Si Kecil masih belum bisa duduk saat ia berusia 6 bulan, jangan langsung sedih, Bun. Bunda bisa membantunya dan terus melatihnya dengan sabar hingga ia berusia 9 bulan. Namun, apabila pada bulan ke-9 Si Kecil masih belum bisa duduk tanpa bantuan, Bunda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter, ya.

Sumber:

National Health Service UK (2022). Baby and Toddler Safety.

Blanding, T. Baby Center (2022). When Do Babies Sit Up?

Marcin, A. Healthline (2023). When Can Babies Sit Up and How Can You Help a Baby Develop This Skill?

Wilson, S. Parents (2024). When Your Baby Can Sit on Their Own, and How to Help.

Raising Children Network Australia (2022). 3-4 Months: Baby Development.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *