Berapa Lama Sperma Bertahan di Rahim? Ini Jawabannya

Berapa lama sperma bertahan di rahim setelah pria ejakulasi? Nah, setelah terjadinya ejakulasi, waktu sperma bertahan hidup di dalam rahim bisa berbeda-beda, lho. Hal ini bisa dipengaruhi oleh beberapa hal. Yuk, langsung simak infonya!

Setelah ejakulasi, pria akan mengeluarkan sperma. Ketika dikeluarkan di dalam vagina, sperma akan berenang untuk menuju rahim guna menyelesaikan misinya, yakni membuahi sel telur. Setelah pembuahan berhasil, kehamilan pun bisa terjadi.

Terdengar sederhana, bukan? Namun, sperma sebenarnya membutuhkan waktu lho untuk bisa mencapai sel telur. Ini karena ada beberapa hal yang harus dilalui sel sperma di dalam rahim. Lantas, bagaimana ya caranya sperma bisa bertemu sel telur?

Nah, sebelum mengetahui bagaimana pembuahan akhirnya bisa terjadi, yuk ketahui dulu berapa lama sperma bertahan di rahim, sehingga kamu bisa menghitung dan merencanakan kehamilan dengan tepat.

Berapa Lama Sperma Bertahan di Rahim?

Secara umum, sperma hanya bisa bertahan beberapa menit ketika berada di tempat yang dingin dan kering, seperti di kulit, pakaian, atau seprai. Ini karena air mani yang membawa sperma akan mengering kalau terpapar udara sehingga sperma jadi mudah rusak.

Meski demikian, sperma bisa bertahan hidup lebih lama di tempat yang hangat dan basah. Oleh karena itu, setelah masuk ke dalam tubuh wanita, sperma bisa bertahan hidup hingga berhari-hari, lho. Di dalam vagina, sperma bisa saja bertahan sampai 5 hari.

Namun, berapa lama sperma bertahan di rahim juga bisa dipengaruhi oleh kondisi di vagina, saluran tuba falopi, dan konsistensi lendir serviks. Selain itu, masih ada juga beberapa faktor lain yang bisa memengaruhi berapa lama sperma bisa bertahan di dalam rahim.

Hal yang Memengaruhi Berapa Lama Sperma Bertahan di Rahim

Saat pasangan melakukan hubungan intim dan pria berejakulasi, jutaan sperma akan masuk ke vagina dan berlomba-lomba berenang untuk bertemu sel telur. 

Nah, selama prosesnya menuju sel telur, sperma akan dibantu oleh lendir serviks yang melindunginya dari lingkungan vagina yang asam. Dengan begitu, sperma bisa bertahan lebih lama di rahim.

Lendir serviks juga mampu membantu sperma berenang lebih mudah ke tuba falopi. Alasannya, saat wanita sedang pada masa ovulasi, tekstur lendir serviks lebih elastis dan memiliki tingkat keasaman yang lebih ramah untuk sperma.

Memang, rata-rata sperma sehat hanya memerlukan waktu sekitar 15–45 menit untuk mencapai sel telur setelah ejakulasi. Namun, proses tersebut bisa lebih lama ya kalau hubungan intim dilakukan saat wanita belum berovulasi. 

Jika akhirnya sperma sudah sampai di tuba falopi dan sel telur belum dikeluarkan dari ovarium, sperma akan menunggu di rahim hingga paling lama 5 hari.

Proses Terjadinya Pembuahan

Pembuahan terjadi bila sperma yang sehat dan kuat berhasil membuahi sel telur. Nah, peluang terjadinya pembuahan ini akan lebih tinggi jika sel sperma bertemu sel telur saat wanita berhubungan intim pada masa subur atau di sekitar waktu ovulasi, ya.

Ovulasi sendiri merupakan waktu ketika sel telur yang matang dilepaskan dari indung telur (ovarium) ke saluran tuba falopi. Setelah dilepaskan, sel telur harus dibuahi dalam waktu 12–24 jam agar kehamilan dapat terwujud. Jadi, sel sperma harus bertemu dengan sel telur pada waktu-waktu tersebut. 

Karena sekarang sudah tahu berapa lama sperma bertahan di rahim, maka tidak bingung lagi kan, kenapa pasangan yang lagi promil disarankan aktif berhubungan seksual tanpa pengaman 1–2 hari sebelum dan saat wanita sedang ovulasi? Ini karena sperma sendiri bisa butuh beberapa jam hingga berhari-hari untuk mencapai sel telur.

Sementara bagi kamu dan pasangan yang sedang tidak merencanakan kehamilan, sebaiknya gunakan pengaman atau kontrasepsi, seperti kondom dan pil KB ketika berhubungan intim, ya.

Nah, demikian jawaban tentang berapa lama sperma bertahan di rahim. Apabila kamu masih memiliki pertanyaan seputar proses kehamilan atau ingin memastikan kehamilan, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Sumber:

American Pregnancy Association. Fertility Window Calculator.

Mayo Clinic (2022). How Long Do Sperm Live After Ejaculation?

Flo Health (2022). Here’s How Long It Takes Sperm to Reach The Egg After Sex.

Jewell, T. Healthline (2024). 12 Widely Believed Sperm ‘Facts’ That Are Actually False.

Kids Health, Nemours (2024). Can I Get Pregnant Right After My Period Ends?

Perry, C. Parents (2024). Can You Get Pregnant Right After Your Period?

Dunkin, M. A. & McMillen, M. WebMD (2023). What is Sperm?

Sheikh, Z. WebMD (2023). Conception: From Egg to Embryo Slideshow.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *