Oralit untuk Anak, Ini Manfaat dan Cara Membuatnya

Oralit untuk anak bisa menjadi pilihan pertama apabila Si Kecil sudah mengalami diare lebih dari 3 kali dalam sehari. Pemberian oralit untuk anak berguna untuk menggantikan cairan tubuh dan elektrolit yang hilang supaya anak terhindar dari dehidrasi, Bun. Dengan begitu, Si Kecil akan cepat pulih dan bisa beraktivitas lagi.

Diare merupakan salah satu masalah kesehatan yang kerap terjadi pada bayi dan anak-anak. Ada berbagai hal yang bisa membuat bayi dan anak-anak bisa terkena diare, mulai dari keracunan makanan, alergi, hingga infeksi di saluran cerna (gastroenteritis). 

Umumnya, diare pada anak bisa  berlangsung sekitar 1–2 hari, tetapi bisa juga lebih lama. Selain mencret berkali-kali, diare pada anak biasanya juga disertai dengan rasa mulas, mual, demam, tidak nafsu makan, dan muntah-muntah. Hal ini bisa membuat anak-anak lebih berisiko untuk mengalami dehidrasi, Bun. 

Nah, agar tubuh Si Kecil tidak mengalami dehidrasi akibat diare, Bunda bisa lho memberikannya Oralit untuk anak.

Manfaat Oralit untuk Anak 

Diare pada anak tentu membuat Bunda merasa cemas dan khawatir, ya. Soalnya, kondisi ini bisa menyebabkan Si Kecil terlihat lemas, rewel, sering mengantuk, dan tidak nafsu makan.  

Apalagi, ketika mengalami diare, Si Kecil  ia akan sering mencret dan muntah-muntah, sehingga bisa membuat tubuhnya kehilangan banyak cairan dan elektrolit. Jika tidak ditangani dengan baik, kondisi ini dapat menyebabkan anak dehidrasi dan hal ini bisa berakibat fatal. Oleh karena itu, diare pada anak tidak boleh dianggap sepele, ya. 

Nah, ketika Si Kecil diare, Bunda bisa memberikannya makan dan minum yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya. Salah satu pilihan minuman yang berfungsi sebagai obat diare sekaligus untuk mengganti kebutuhan cairan dan elektrolit tubuh adalah oralit, Bun. 

Oralit mengandung gula yang dapat menambah energi serta berbagai jenis mineral, seperti natrium klorida, kalium klorida, dan trisodium sitrat dihidrat, yang turut berperan sebagai elektrolit. Nah, kandungan elektrolit dalam obat ini mudah diserap di saluran pencernaan, sehingga dapat mengembalikan cairan tubuh dengan cepat yang hilang saat diare atau muntah-muntah.

Cara Membuat Oralit untuk Anak

Sebenarnya, Bunda dapat membeli Oralit siap seduh di apotek. Sebelum mengonsumsinya, jangan lupa untuk mengikuti aturan pemakaian yang tertulis pada kemasan ya, Bun. 

Caranya, cukup larutkan 1 saset obat ini ke dalam satu gelas (200 ml) air putih matang, lalu aduk hingga larut. Setelah itu, berikan larutan Oralit ini kepada anak untuk diminum setiap kali ia mencret atau muntah.  

Selain itu, Bunda juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mencampurkan air, gula, dan garam, lho. Jika Bunda ingin membuat Oralit sendiri di rumah, pastikan sesuai takaran yang tepat ya, Bun. Berikut langkahnya: 

  • Siapkan gelas atau botol yang telah dicuci hingga bersih.
  • Masukkan ½ sendok teh garam dan 2 sendok makan gula ke dalam gelas atau botol yang telah disiapkan.
  • Tambahkan 1 liter air matang ke dalamnya.
  • Aduk rata hingga garam dan gula larut dalam air.

Oralit umumnya aman dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan, pemberian oralit dinilai sebagai langkah yang tepat untuk mengatasi dehidrasi akibat diare pada anak. 

Agar Si Kecil cepat pulih dari diare, berikan ia makanan untuk diare, seperti pisang, nasi putih, sup, kentang, yoghurt, dan roti. Selain itu, penuhi juga kebutuhan cairan anak dengan konsumsi air putih, air kelapa, atau ASI bagi anak yang masih menyusui.

Namun, jika diare Si Kecil tidak mereda setelah 2 hari, atau jika kondisinya semakin berat hingga mengalami tanda-tanda dehidrasi, segeralah periksakan ia ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Sumber: 

National Health Service UK (2023). Health A to Z. Diarrhoea and Vomiting. 

Mayo Clinic (2023). Diseases & Conditions. Diarrhea. 

University of Virginia Health System (2023). UVA Nutrition. Homemade Oral Rehydration Solutions.

Ikatan Dokter Anak Indonesia. Bagaimana Menangani Diare pada Anak.

Ikatan Dokter Anak Indonesia. Bagaimana Memberi Makan Anak Saat Sedang Diare.

KidsHealth, Nemours (2024). Oral Rehydration Therapy. 

Healthline (2022). How Oral Solutions Help to Manage Dehydration.

Medicines for Children (2024). Oral Rehydration Salts. 

MIMS Indonesia (2024). Oral Rehydration Salts We Care.

Verywell Health (2023). Foods That Help with Diarrhea.

WebMD (2022). Diarrhea in Children: Causes and Treatments.

WebMD (2022). What Is Oral Rehydration Therapy for Children?

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *