Posisi Janin Sebelah Kiri Laki atau Perempuan Ya? Yuk, Cari Tahu!

Ada banyak ibu hamil yang bertanya-tanya tentang posisi janin sebelah kiri laki atau perempuan. Hal ini karena konon katanya, posisi janin di dalam perut bisa menentukan jenis kelaminnya, lho. Apakah itu benar? Yuk, simak penjelasannya dalam artikel ini! 

Mengetahui jenis kelamin bayi memang mendebarkan ya, Bun. Saking penasarannya, tak sedikit ibu hamil yang jadi mempercayai berbagai mitos kehamilan seputar cara menebak jenis kelamin Si Kecil. 

Nah, salah satu mitos yang beredar di masyarakat adalah jenis kelamin bayi bisa diketahui dari posisinya di dalam perut. Jadi, jika posisi janin ada sebelah kiri, kira-kira bayinya laki-laki atau perempuan, ya? 

Penjelasan tentang Posisi Janin Sebelah Kiri Laki atau Perempuan

Tidak sedikit orang yang masih percaya dengan mitos kehamilan. Padahal, informasi yang beredar terkadang tidak terbukti kebenarannya.

Nah, ada sebuah kepercayaan di masyarakat, yakni kalau janin berada di sebelah kanan, berarti ia berjenis kelamin laki-laki. Sementara itu, jika posisi janin ada di sebelah kiri, berarti Bunda sedang mengandung bayi perempuan. Ini hanyalah mitos belaka ya, Bun. 

Faktanya, posisi janin tidak bisa menentukan jenis kelamin. Soalnya, sejauh ini belum ada bukti ilmiah yang membenarkan mitos tersebut. Posisi janin di dalam perut bukanlah patokan untuk menentukan jenis kelamin Si Kecil ya, Bun. 

Seiring bertambahnya usia kehamilan, tumbuh kembang janin juga akan bertambah pesat. Hal tersebut ditandai dengan adanya gerakan menendang, menggeliat, dan berputar-putar di dalam perut. Nah, hal inilah yang membuat posisi janin bisa berubah-ubah, Bun. 

Posisi janin yang yang bergerak ke kiri atau kanan bisa Bunda rasakan saat memasuki usia kehamilan 16 minggu. Bahkan, pada usia kandungan 28 minggu, gerakan janin akan makin aktif sehingga membuat ia sering berpindah-pindah posisi, baik ke kiri maupun kanan. 

Bunda tidak perlu khawatir, posisi janin yang berubah-ubah ke kiri atau kanan merupakan hal yang normal terjadi selama kehamilan. Hal ini juga menandakan bahwa Si Kecil tumbuh dan berkembang baik dan sehat di dalam kandungan, Bun.

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Bayi 

Untuk mengetahui jenis kelamin bayi, Bunda bisa melakukan beberapa pemeriksaan lho, di antaranya: 

1. Pemeriksaan USG kehamilan

Untuk mengetahui jenis kelamin bayi, Bunda bisa melakukan pemeriksaan USG kehamilan. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan saat usia kandungan mencapai 18–22 minggu. Soalnya, pada usia kehamilan ini, organ kelamin janin umumnya sudah mulai terbentuk dan sudah bisa terlihat melalui USG, Bun. 

2. Tes genetik 

Selain USG kehamilan, tes genetik, seperti amniosentesis dan chorionic villus sampling (CVS) juga bisa digunakan untuk mendeteksi jenis kelamin bayi, lho. Tes ini juga bisa membantu Bunda mengetahui apakah Si Kecil memiliki kelainan genetik atau penyakit bawaan lahir atau tidak. 

Pemeriksaan amniosentesis biasanya dilakukan antara minggu ke-15 dan minggu ke-20. Sementara itu, chorionic villus sampling (CVS) dapat dilakukan antara minggu ke-10 dan ke-13, Bun. 

Selain itu, ibu hamil juga bisa melakukan pemeriksaan NIPT atau noninvasive prenatal testing. Untuk mengetahui jenis kelamin Si Kecil, pemeriksaan ini dapat dilakukan sejak usia kehamilan memasuki 10 minggu.

Nah, dapat disimpulkan bahwa posisi janin sebelah kiri laki atau perempuan tidak bisa menjadi penentu jenis kelaminnya ya, Bun. Maka dari itu, sebaiknya Bunda lebih bijak lagi dalam menanggapi mitos kehamilan ini.

Yang lebih penting untuk Bunda perhatikan adalah posisi bayi saat sudah memasuki trimester ke-3. Soalnya, di bulan-bulan terakhir ini, posisi janin bisa sangat menentukan metode persalinan nanti. 

Dengan metode persalinan yang tepat, Bunda bisa terhindar dari risiko terjadi komplikasi selama persalinan, lho. Jadi, jangan ragu untuk selalu berkonsultasi dengan dokter ya, Bun. Bunda bisa lho menghubungi dokter melalui chat online.

Sumber: 

Baby Center (2023). When and How Can I Find Out My Baby’s Sex? 

Flo Health (2020). How to Find Out Your Baby’s Sex During Pregnancy: Genetic Testing and Other Methods to Try.

Healthline (2024). Have Your Baby’s Movements Changed? Here’s What to Do.\

Parents (2023). When Can You Learn Your Baby’s Sex During Pregnancy?

The Bump (2023). When (and How) You Can Find Out Baby’s Sex.

WebMD (2024). Can You Predict Your Baby’s Sex?

WebMD (2023). Feeling Your Baby Kick.

What To Expect (2023). When Can You Feel Your Baby Move and Kick?

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *