Warna Darah Implantasi yang Menandakan Kehamilan

Warna darah implantasi yang berupa bercak kemerahan terkadang sering disalahartikan sebagai darah haid. Hal ini pun membuat ibu hamil tidak menyadari kalau dirinya tengah mengandung. Padahal, darah implantasi dan haid berbeda, lho. Lantas, bagaimana ya cara mengetahui bedanya darah implantasi dengan haid?

Pendarahan implantasi adalah keluarnya bercak darah dari vagina sebagai salah satu gejala awal kehamilan. Kondisi ini terjadi karena sel telur yang sudah dibuahi sperma mulai berkembang menjadi embrio dan menempel di dinding rahim (endometrium). 

Embrio yang menempel bisa membuat pembuluh darah di dinding rahim sedikit pecah sehingga pendarahan ringan pun terjadi. Nah, supaya kamu tidak lagi bingung dan salah mengartikan tanda kehamilan yang satu ini, yuk kenali cara membedakan warna darah implantasi dengan warna darah haid!

Begini Tanda dan Warna Darah Implantasi

Pendarahan implantasi umumnya muncul sekitar 10–14 hari setelah wanita berhubungan intim tanpa kontrasepsi. Terkadang, pendarahan implantasi juga bisa muncul mendekati masa menstruasi, sehingga sering dianggap sebagai tanda haid.

Nah, sebenarnya tidak sulit lho membedakannya, karena salah satu tanda kehamilan bisa dilihat dari warna darah implantasi. Nah, berikut ini adalah ciri-ciri warna darah implantasi dan tanda lainnya yang bisa kamu perhatikan:

1. Warna darah yang keluar

Warna darah implantasi cenderung lebih terang, yaitu merah muda (pink) atau kecokelatan. Sementara itu, darah haid umumnya berwarna merah terang atau gelap. Warna darah implantasi ini biasanya terbentuk karena darah implantasi bercampur dengan cairan vagina sehingga sedikit terang. 

Selain itu, sisa darah yang keluar setelah sel telur menempel di dinding rahim juga bisa membuat warna darah implantasi menjadi lebih gelap atau kecokelatan, tetapi tidak sampai segelap warna darah menstruasi. Keluarnya darah implantasi juga biasanya tidak disertai nyeri, tetapi terkadang bisa menimbulkan kram ringan

2. Durasi atau waktu

Berbeda dengan haid yang bisa berlangsung hingga sekitar seminggu, darah implantasi sebagai tanda kehamilan biasanya hanya muncul beberapa jam hingga paling lama 3 hari. Pendarahan implantasi umumnya muncul antara 6–12 hari setelah wanita berhubungan seksual, khususnya ketika berhubungan pada masa subur

3. Jumlah pendarahan

Cara membedakan darah implantasi dan haid yang lainnya ialah dengan melihat tekstur darah yang keluar. Pendarahan implantasi biasanya hanya seperti bercak atau flek pada celana dalam atau tisu saat kamu menyeka vagina.

Berbeda dengan darah haid, pendarahan implantasi juga tidak mengeluarkan gumpalan darah, ya. Karena darah implantasi hanya berupa bercak, biasanya kamu tidak memerlukan pembalut atau pantyliner.

Nah, apabila jumlah darah yang keluar ternyata banyak dan tidak cukup ditampung dengan pantyliner saja, kemungkinan besar tanda ini bukan pendarahan implantasi ya.

Kini kamu sudah tahu kan seperti apa tanda dan warna darah implantasi sebagai salah satu tanda kehamilan? Secara umum, pendarahan implantasi berlangsung 1–3 hari dan tidak disertai kram perut. Meski demikian, tidak semua wanita mengalami hal ini lho, sehingga kamu juga harus memperhatikan beberapa tanda kehamilan lainnya

Untuk mempermudah mengetahui apakah pendarahan merupakan tanda kehamilan atau bukan, kamu bisa melakukan test pack di rumah. Alat tes kehamilan ini memiliki tingkat akurasi hingga 99% jika digunakan dengan benar sesuai petunjuk pada kemasan.

Agar hasilnya lebih akurat, kamu bisa menunggu hingga pendarahan berhenti, setelah itu coba lakukan tes. Jika hasilnya negatif, kamu bisa melakukan tes ulang selang 7 hari kedepan.

Apabila hasilnya kurang jelas atau kamu masih bingung dalam mengenali warna darah implantasi, kamu bisa chat dengan dokter untuk memastikan apakah warna darah implantasi dialami mengarah ke tanda kehamilan atau kondisi lainnya.

Sumber:

American Pregnancy Association. What is Implantation Bleeding?

Cleveland Clinic (2024). Implantation Bleeding.

Miles, K. Baby Center (2023). What is implantation bleeding?

Wisner, W. Health (2024). How To Tell the Difference Between Implantation Bleeding vs. Period.

Lewis, R. Healthline (2023). How to Tell the Difference Between Implantation and Period Bleeding.

Brennan, D. MedicineNet. How Do I Know if It’s Implantation Bleeding?

Miller, K. The Bump (2024). Implantation Bleeding: When It Happens and What It Looks Like.

WebMD (2023). Vaginal Bleeding and Blood Spotting Between Periods.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *