Induksi Alami untuk Mempercepat Persalinan

induksi alami, diary bunda

Induksi alami tidak jarang dijadikan pilihan untuk mempercepat kelahiran sang buah hati. Induksi alami ini bisa dilakukan tanpa menggunakan alat khusus atau bantuan orang lain. Yuk, ketahui apa saja induksi alami yang bisa Bunda lakukan!

Saat waktu persalinan sudah makin dekat, umumnya ibu hamil akan merasakan kontraksi sebagai salah satu tanda melahirkan. Kontraksi ini akan membuat ibu hamil merasakan nyeri dan kencang di bagian perut bawah. Kontraksi asli juga akan terasa makin kuat menjelang persalinan.

Namun, pada beberapa kasus, ada ibu hamil yang tidak merasakan kontraksi sampai mendekati hari perkiraan lahir (HPL). Tentunya, hal ini bisa membuat ibu hamil khawatir, karena takut janinnya tidak lahir sesuai atau lewat HPL.

Berbagai Induksi Alami yang Bisa Dilakukan

Karena kontraksi bisa saja belum muncul sampai mendekati hari perkiraan lahir (HPL), tidak jarang ibu hamil mencari cara untuk merangsang persalinan agar janin yang dikandungnya cepat lahir. Salah satu caranya adalah dengan melakukan induksi alami.

Nah, adapun beberapa induksi alami yang bisa Bunda lakukan adalah:

1. Mulai rutin berjalan santai

Berjalan santai merupakan cara paling sederhana yang bisa merangsang kontraksi agar janin cepat lahir, Bun. Aktivitas ini diyakini bisa membuat janin lebih cepat turun ke panggul atau jalan lahir, serta mempercepat terbukanya leher rahim (serviks). Untuk mulai rutin berjalan santai, Bunda bisa melakukannya 3 kali seminggu dalam waktu 30 menit setiap kali berjalan.

2. Berhubungan seksual

Meski sering dihindari karena takut berdampak pada janin, berhubungan seksual saat hamil sebenarnya aman dilakukan, asalkan kondisi kandungan dalam keadaan sehat. Bahkan. Berhubungan seksual juga bisa menjadi metode induksi alami untuk mempercepat kelahiran bayi, lho. Kok bisa, ya? 

Ketika ibu hamil berhubungan seksual dan mencapai orgasme, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin yang bisa memicu terjadinya kontraksi. Selain itu, di dalam sperma, terkandung hormon prostaglandin yang juga bisa membuat otot rahim berkontraksi. Inilah alasannya mengapa berhubungan intim bisa menjadi cara induksi alami.

3. Merangsang puting payudara

Merangsang puting payudara adalah salah satu induksi alami yang bisa dicoba nih, Bun. Ini karena tubuh ibu hamil akan melepaskan hormon oksitosin ketika payudara terangsang sehingga kontraksi pun bisa saja terjadi.

Untuk merangsang puting payudara, Bunda bisa meminta pasangan untuk memijat bagian puting serta bagian kecokelatan di area puting (areola), atau menggunakan pompa ASI.

4. Melakukan butterfly pose

Salah satu induksi alami yang bisa Bunda lakukan menjelang HPL adalah melakukan gerakan yoga, seperti butterfly pose. Untuk melakukan gerakan ini, Bunda hanya perlu duduk bersila, lalu dekatkan tumit kaki ke paha bagian dalam. Selanjutnya, tempelkan telapak kaki satu sama lain dan pegang punggung kaki dengan tangan.

Dengan butterfly pose, sendi panggul bisa meregang, sehingga janin lebih mudah turun ke jalan lahir.

5. Menggunakan birthing ball

Selain melakukan butterfly pose, Bunda juga bisa menggunakan birthing ball sebagai induksi alami agar janin cepat lahir, lho. Ini karena birthing ball bisa membuat kepala janin lebih cepat turun ke panggul atau jalan lahir sehingga persalinan pun bisa jadi lebih cepat.

6. Makan nanas

Banyak ibu meyakini bahwa konsumsi nanas saat hamil bisa mempercepat kelahiran bayi. Ini karena nanas memang mengandung enzim bromelain yang bisa menipiskan leher rahim dan memicu kontraksi, Bun, sehingga persalinan bisa terjadi lebih cepat.

Meski begitu, efektivitas cara induksi alami ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, ya. Kalau Bunda memiliki riwayat GERD atau maag dan tidak kuat makan yang asam-asam, sebaiknya hindari metode ini.

7. Mengonsumsi makanan pedas

Selain nanas, makanan pedas juga bisa dikonsumsi Bunda untuk mempercepat kelahiran bayi, lho. Salah satu induksi alami ini dipercaya bisa melepaskan hormon prostaglandin ketika saluran cerna sedang mencerna makanan pedas. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan pedas bisa menjadi induksi alami.

Berbagai induksi alami di atas memang bisa Bunda lakukan menjelang persalinan, Bun. Namun, perlu diingat bahwa cara-cara tersebut tidak menjamin bayi bisa lahir dengan cepat. Pada kasus tertentu, induksi persalinan tetap perlu dilakukan secara medis oleh dokter atau bidan.

Selain itu, ada juga beberapa kondisi ibu hamil yang sebaiknya tidak melakukan induksi alami, Bun, seperti preeklampsia, kehamilan kembar, atau pernah melahirkan prematur.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk melakukan induksi alami, ada baiknya Bunda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter melalui chat online. Dokter akan menjelaskan keamanan induksi alami yang akan Bunda lakukan, sekaligus manfaat dan kekurangannya.

Sumber:

National Health Services U.K. (2023). Pregnancy. How to Use a Birthing Ball.

Cleveland Clinic (2024). Pregnancy & Childbirth. Is There Any Guaranteed Way To Induce Labor?

Boyd-Barrett, C. Baby Center (2023). Natural Ways to Induce Labor.

Marcin, A. Healthline (2023). Natural Ways to Induce Labor.

Timmons, J. Healthline (2023). How to Start Labor Contractions Naturally.

Johnson, T. MedicineNet (2023). How to Induce Labor Naturally.

Alpert, Y. The Bump (2024). Exercises to Help Induce Labor.

Watson, S. WebMD (2020). What You Need to Know About Contractions.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *