Bayi 2 Bulan Bisa Apa Ya? Yuk, Intip Perkembangannya, Bun!

Bayi 2 bulan bisa apa sering kali menjadi pertanyaan bagi para orang tua, apalagi yang baru pertama kali memiliki buah hati. Soalnya, perkembangan bayi setiap bulan kerap menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu. Oleh karena itu, yuk, cari tahu apa saja perkembangan bayi 2 bulan? 

Memasuki usia 2 bulan, berat dan panjang badan bayi sudah bertambah dibandingkan bulan sebelumnya. Hal ini tentu membuat Si Kecil terlihat makin lucu dan menggemaskan ya, Bun. Tidak hanya itu, bayi 2 bulan juga sudah bisa mengangkat kepalanya, mengenali suara, dan tersenyum ketika diajak berbicara atau bercanda, lho. 

Berbagai Perkembangan Bayi 2 Bulan yang Perlu Diketahui 

Untuk lebih mengetahui tentang perkembangan bayi 2 bulan sudah bisa apa saja, simak penjelasan berikut ini: 

1. Mengangkat kepala 

Otot leher bayi 2 bulan sudah makin kuat dibandingkan bulan sebelumnya, lho. Makanya, ia mulai bisa mengangkat kepalanya sendiri hingga 45°. Berkat kekuatan otot lehernya ini, Si Kecil bisa menegakkan kepalanya ke atas saat berbaring, tengkurap, atau saat sedang tummy time, Bun. 

Namun, Bunda tidak perlu cemas jika Si Kecil belum bisa mengangkat kepala dan dadanya di usia 2 bulan, karena ada juga bayi yang baru bisa melakukan hal ini saat usianya mendekati 4 bulan. 

2. Mulai mengenali suara 

Bunda, Si Kecil sudah bisa mendengar bunyi-bunyi dan mengenali suara, lho. Ketika Bunda, Ayah, atau orang-orang di sekitarnya sedang berbicara, Si Kecil akan mencoba menoleh ke sumber suara seolah sedang mendengarkan pembicaraannya. 

Selain itu, Si Kecil juga sudah mulai bisa mengoceh atau bergumam walau kata-kata yang keluar dari mulutnya masih tidak jelas atau belum ada artinya. Bayi sudah mulai bisa mengeluarkan suara, seperti “a” atau “o” saat merespons ucapan Bunda atau orang lain.

Meskipun belum dapat memahaminya, Si Kecil akan merasa senang saat diajak bicara lho, Bun. Maka dari itu, Bunda bisa lho mengajak Si Kecil berbicara, bernyanyi, atau sekedar membacakan dongeng untuknya. 

3. Tersenyum dan tertawa saat diajak bicara atau bercanda

Pada usia 2 bulan, penglihatan bayi sudah makin fokus dan terarah, Bun. Makanya, ia sudah bisa mengenali wajah Bunda dan Ayah, lho. Jadi, jangan kaget jika ia ingin selalu mengajak Bunda dan Ayah bermain, ya. 

Satu hal yang bikin takjub lainnya adalah Si Kecil juga akan tersenyum manis ketika bertemu dengan orang yang sudah dia kenal, Bun. Pada usia ini, Si Kecil pun sudah mulai memilih siapa saja yang boleh menyentuhnya atau menggendongnya. 

4. Mengikuti gerakan benda di depannya

Selain sudah bisa mengenali wajah orang, bayi 2 bulan juga bisa mengikuti gerakan benda yang ada di depannya, lho. Ini karena penglihatan Si Kecil sudah makin berkembang sehingga membuat gerakan matanya sudah lebih fokus dan terarah. 

Tidak hanya itu, bayi 2 bulan juga sudah bisa melihat lebih banyak warna lho, Bun, terutama warna-warna cerah, seperti merah, biru, atau kuning. Nah, untuk menstimulasi penglihatan Si Kecil, Bunda dan Ayah dapat mengajaknya berbicara dan menggerakkan mainan atau benda yang ada di depan matanya, ya. 

5. Memasukkan tangan ke mulut

Perkembangan bayi 2 bulan lainnya adalah ia akan sering memasukkan tangan ke mulutnya. Ini merupakan bagian dari refleks mengisap bayi baru lahir, Bun. Jadi, Bunda tidak perlu khawatir, ya. Memasukkan tangan ke mulut adalah cara si Kecil untuk belajar tentang anggota tubuhnya sendiri sekaligus cara menenangkan dirinya.

Itulah berbagai perkembangan bayi 2 bulan yang bisa Bunda dan Ayah lihat dan rasakan. Perlu diingat bahwa perkembangan bayi 2 bulan bisa berbeda-beda, apalagi kalau ia lahir secara prematur. Jadi, tidak perlu khawatir ya, Bun! 

Namun, Bunda perlu waspada apabila Si Kecil menunjukkan tanda-tanda, seperti: 

  • Tidak tersenyum dan tertawa 
  • Tidak tertarik mengikuti benda yang bergerak atau bersuara
  • Tidak bereaksi dengan suara yang mengagetkannya atau ketika dipanggil
  • Tidak bisa memegang benda
  • Berat badan tak kunjung naik atau justru menurun
  • Sulit minum susu atau disusui 

Nah, bila bayi 2 bulan mengalami salah satu tanda tersebut atau ingin memastikan apakah tumbuh kembang Si Kecil normal atau tidak, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter melalui chat online, ya.

Sumber: 

The United Nations Children’s Fund (UNICEF) (2024). Parenting. Your Baby’s Developmental Milestones at 2 Months. 

Pregnancy Birth & Baby Australia (2024). Your Baby’s Growth and Development–2 Months Old. 

Mayo Clinic (2023). Healthy Lifestyle. Infant and Toddler Health.

Baby Center (2024). Your 2–Month–Old Baby’s Development.

Baby Center (2021). Baby Milestones Month by Month. 

Parents (2024). All About Your 2-Month Old Baby’s Milestones.

The Bump (2022). 2-Month-Old Baby.

WebMD (2023). Baby Development: 1-2 Months Old.

What to Expect (2023). 2-Month-Old Baby.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *