6 Balsem Bayi yang Aman dan Bisa Menghangatkan Tubuh

balsem bayi, diary bunda

Pernah coba menggosokkan balsem bayi kepada Si Kecil belum, Bun? Produk ini bisa memberikan banyak bermanfaat bagi Si Kecil, mulai dari untuk mengatasi batuk dan pilek, meredakan perut kembung, bahkan sampai menghangatkan tubuh. Balsem bayi ini berbeda dengan balsem biasa karena sudah diformulasikan khusus untuk kulit bayi yang sensitif nih, Bun. 

Ada berbagai kondisi yang tidak jarang dialami oleh bayi, seperti perut kembung, pilek, dan batuk. Kondisi inilah yang biasanya membuat bayi menjadi lebih rewel karena tidak nyaman dengan dirinya sendiri.

Nah, untuk mengatasi rewelnya Si Kecil, Bunda bisa memijat tubuh bayi dengan menggunakan balsem bayi. Dengan begitu, Si Kecil pun akan merasa lebih nyaman dan tidak rewel lagi.

Pilihan Balsem Bayi Terbaik

Balsem bayi umumnya mengandung bahan-bahan alami yang bisa membantu meredakan perut kembung, batuk pilek, serta gigitan serangga. Bahan-bahan yang biasanya dikombinasikan dalam balsem bayi adalah minyak eukaliptus, ekstrak bunga chamomile, dan camphor. 

Nah, berikut ini adalah berbagai rekomendasi produk balsem bayi yang bisa Bunda gunakan pada Si Kecil:

1. Transpulmin Baby

Transpulmin Baby merupakan balsem bayi yang mampu meredakan nyeri badan, mengatasi perut kembung, serta melegakan pernapasan Si Kecil akibat batuk dan pilek. Tidak hanya itu, balsem bayi yang berbentuk krim ini juga bisa menghangatkan badan Si Kecil, sehingga tidurnya bisa lebih nyenyak.

Berbagai manfaat tersebut bisa didapatkan karena Transpulmin Baby mengandung minyak eukaliptus dan ekstrak bunga chamomile, Bun. Selain itu, karena bentuknya krim, Transpulmin Baby juga tidak lengket di kulit dan tidak berminyak.

Untuk memakaikannya kepada Si Kecil, Bunda bisa mengoleskan Transpulmin Baby 2–4 kali sehari. Balsem bayi ini bisa dioleskan di area yang terasa nyeri atau sakit, atau di area dada, punggung, serta leher.

2. Balsem Telon Tresno Joyo

Apabila Bunda sedang mencari balsem bayi yang bisa menghangatkan tubuh Si Kecil, Balsem Telon Tresno Joyo bisa menjadi pilihan nih, Bun. Soalnya, balsem bayi ini mengandung menthol dan camphor yang bisa memberikan sensasi hangat, sehingga nyaman ketika dioleskan.

Selain itu, balsem bayi ini juga mengandung minyak eukaliptus dan minyak adas yang bisa meredakan peradangan, sehingga hidung tersumbat dan pilek yang dialami Si Kecil bisa mereda. Dengan begitu, napas Si Kecil bisa lebih lega dan tidurnya bisa lebih nyenyak.

Balsem Telon Tresno Joyo ini bisa digunakan dengan cara menggosokkannya pada bagian dada, punggung, dan leher Si Kecil untuk memberikan rasa hangat. Selain itu, Si Kecil juga bisa menghirup balsem bayi ini untuk melegakan pernapasannya.

3. Vicks Baby Balsam

Vicks Baby Balsam juga bisa menjadi pilihan balsem bayi yang bisa menghangatkan dan melembapkan tubuh nih, Bun. Soalnya, balsem bayi ini mengandung mengandung ekstrak lidah buaya dan wewangian kayu putih, rosemary, dan lavender.

Selain membuat tubuh bayi hangat dan lembap, Vicks Baby Balsam ini juga memiliki wangi yang khas, sehingga bisa membuat bayi lebih tenang. Untuk memakaikannya, Bunda bisa mengoleskan balsam ini ke bagian dada, leher, dan punggung, ya.

4. Bambi Baby Telon Balm

Bambi Baby Telon Balm merupakan balsem bayi yang cocok untuk digunakan saat musim hujan. Soalnya, balsem bayi ini mengandung camphor yang bisa memberikan sensasi hangat ketika dioleskan, Bun, sehingga Si Kecil tidak akan merasakan kedinginan.

Selain itu, Bambi Baby Telon Balm juga mengandung minyak chamomile yang bisa membuat Si Kecil tidur lebih nyenyak. Dengan begitu, Si Kecil tidak menjadi lebih rewel karena tidurnya terganggu.

5. Kinderen Baby Balsam

Apabila Si Kecil terkena gigitan serangga, Bunda bisa mengatasinya dengan Kinderen Baby Balsam, lho. Soalnya, balsem bayi satu ini mengandung minyak eukaliptus yang bisa meredakan rasa sakit akibat gigitan serangga.

Selain untuk meredakan gigitan serangga, Kinderen Baby Balsam juga bisa meredakan perut kembung, menghangatkan badan, serta melegakan pernapasan karena kandungan chamomile yang ada di dalamnya.

Untuk meredakan gigitan serangga, Bunda bisa mengoleskan Kinderen Baby Balsam 2–4 hari sekali di area yang terkena gigitan. Sementara itu, apabila hanya untuk menghangatkan badan, Bunda bisa mengusapkannya di leher, dada, atau punggung sebanyak 2–3 hari sekali.

6. Buds Calming Rub Cream

Buds Calming Rub Cream bisa digunakan untuk meredakan perut yang kembung, Bun. Soalnya, balsem bayi ini mengandung peppermint, fennel, dan jahe yang bisa memberikan rasa hangat dan mengatasi rasa tidak nyaman.

Selain mengandung beberapa bahan alami tersebut, Buds Calming Rub Cream juga mengandung minyak jojoba dan minyak lavender. Kombinasi bahan tersebut bisa membuat kulit menjadi lebih lembap serta memberikan aroma yang menenangkan. 

Bunda bisa mengoleskan balsem bayi ini sembari memijat perut Si Kecil yang perut, lho. Bunda juga bisa mengoleskannya di dada, punggung, dan leher.

Apabila batuk, pilek, atau perut kembung yang dialami bayi tidak membaik dengan balsem bayi atau malah memburuk, Bunda perlu berkonsultasi dengan dokter di chat online, ya. Dengan begitu, dokter bisa memastikan bagaimana kondisi Si Kecil.

Sumber: 

White, A. Healthline (2018). Can You Use Essential Oils for Bug Bites?

Mims Indonesia (2023). Transpulmin Baby.

Brennan, D, WebMD (2023). Is It Safe to Use Vapor Rub on a Baby?

Pamela, F. WebMD (2023). What Is Chamomile?

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *