Obat Sirup Bayi yang Sudah Dibuka Tahan Berapa Lama, Ya?

Obat sirup bayi yang sudah dibuka tahan berapa lama? Hal ini sering kali ditanyakan oleh para ibu. Selain itu, keamanan obat sirup yang sudah dibuka dan disimpan setelah sekian waktu juga kerap dipertanyakan. Jadi, berapa lama obat sirup bayi boleh dikonsumsi setelah dibuka, ya? 

Umumnya, dokter akan memberikan obat berbentuk sirup untuk bayi, karena obat ini lebih mudah ditelan. Meski begitu, penggunaan obat sirup bayi tidak boleh sembarangan dan harus mengacu pada tanggal kedaluwarsa, terutama jika kemasannya sudah dibuka.

Jadi, Obat Sirup Bayi yang Sudah Dibuka Tahan Berapa Lama? 

Dalam setiap produk obat, termasuk obat sirup bayi, masa kedaluwarsa (expiration date) sangat penting, lho. Hal ini berarti obat sirup bayi tersebut terjamin keamanannya dan masih bisa dikonsumsi sampai batas tanggal yang tertera pada kemasan, apalagi jika obat tersebut belum dibuka atau dipakai.

Lantas, bagaimana dengan obat sirup bayi yang sudah dibuka kemasannya? Kira-kira, bisa tahan berapa lama, ya? 

Obat sirup bayi sudah dibuka segelnya umumnya hanya bisa digunakan selama 14–35 hari. Obat sirup bayi yang mengandung pengawet bisa disimpan hingga sekitar 3–6 bulan setelah dibuka dan disimpan di kulkas. Sementara itu, obat sirup kering hanya bisa bertahan hingga 1–2 minggu setelah dibuka dan dicampur dengan air.

Nah, agar tetap aman dan layak dikonsumsi, Bunda sangat disarankan untuk mencatat tanggal kapan pertama kali obat sirup bayi dibuka atau dipakai, ya. Selain itu, Bunda juga perlu mengenali tanda-tanda bahwa obat sirup bayi sudah tidak layak untuk digunakan, seperti sudah berubah warna, bau, dan tekstur. 

Cara Menyimpan Obat Sirup Bayi yang Benar

Selain mengetahui masa kedaluwarsa, Bunda juga perlu memahami cara menyimpan obat sirup bayi yang benar agar penggunaan obat tetap aman dan efektif, Bun. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyimpan obat sirup bayi: 

  • Simpan obat sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan produk, misalnya tutup botol dengan rapat dan tempatkan obat pada wadah khusus. 
  • Simpan pada suhu ruangan dan terlindung dari sinar matahari secara langsung, serta jauhkan dari jangkauan anak-anak. Namun, ada beberapa jenis obat yang perlu di simpan di dalam kulkas, Bun. 
  • Jangan digunakan lagi jika obat sudah melebihi tanggal kedaluwarsa meskipun kemasan dan segel masih utuh.
  • Jangan menyimpan obat sirup di dalam freezer. 

Nah, sekarang Bunda tidak perlu bingung dan bertanya-tanya lagi tentang obat sirup bayi yang sudah dibuka tahan berapa lama, ya. Kalau Bunda punya pertanyaan lain, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter melalui chat online ya, Bun. 

Sumber: 

Aramouni, F., Boyle, E, & Hajmeer, M. (2020). Shelf-Life of Lite Syrup After Opening and Storage at Room or Refrigerated Temperature. Journal of Food Quality, 23 (5), pp. 529-540. 

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2022). Artikel. Berapa Lama Obat Sirup dapat Disimpan?

Health Direct Australia (2022). Out-of-date medicines.

National Institute of Health (2024). MedlinePlus. Storing Your Medicines. 

NHS Great Ormond Street Hospital for Children (2020). Medicines Information. Types of Medicines. 

National Health Service Wales (2020). Good Practice Guidance: Medication Expiry Dates.

Harvard Health Publishing Harvard Medical School (2022). Is it ok to use medications past their expiration dates?

Drugs (2024). Drug Expiration Dates – Are Expired Drugs Still Safe to Take?

Healthy Children, American Academy of Pediatrics (2024). How to Use Liquid Medicines for Children.

Healthy Children, American Academy of Pediatrics (2021). Medication Safety Tips for Families.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *