Kapan Bayi Tumbuh Gigi?

Kapan bayi tumbuh gigi sering kali ditanyakan oleh para orang tua. Ini karena kemunculan gigi pertama merupakan pencapaian yang sangat penting dalam tahapan tumbuh kembang Si Kecil. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk mengetahui kapan gigi Si Kecil tumbuh. 

Melihat Si Kecil makin besar dan terus berkembang tentu memberikan kebanggaan tersendiri ya, Bun. Nah, salah satu perkembangan yang ditunggu-tunggu oleh para orang tua adalah tumbuhnya gigi anak.

Usia atau kapan bayi tumbuh gigi biasanya terjadi ketika ia sudah mulai bisa mengonsumsi makanan padat MPASI. Akan tetapi, ada juga bayi yang giginya tumbuh lebih cepat, lho.

Kapan Bayi Tumbuh Gigi?

Pada umumnya, bayi mulai tumbuh gigi saat usianya memasuki 6 bulan. Meski demikian, ada pula bayi yang giginya tumbuh sebelum usianya 4 bulan atau setelah 12 bulan. Bahkan, ada juga gigi bayi yang sudah tumbuh saat lahir walaupun ini jarang terjadi, Bun. 

Perlu diketahui, gigi bayi tumbuh secara berurutan. Biasanya, diawali dengan 2 gigi tengah di bagian bawah, lalu diikuti oleh 4 gigi di bagian atas. Setelah itu, satu per satu gigi tumbuh di bagian sisi dan belakang mulut.

Nah, pada usia 3 tahun, pertumbuhan gigi bayi umumnya sudah lengkap, Bun. Si Kecil akan memiliki satu rangkaian gigi lengkap yang terdiri dari 20 gigi. 

Saat tumbuh gigi, bayi biasanya akan merasa tidak nyaman, rewel, dan sering menangis tanpa alasan yang jelas. Tidak hanya itu, bayi yang sedang tumbuh gigi juga akan mengalami tanda berikut ini: 

  • Gusi tampak bengkak dan merah 
  • Banyak mengeluarkan air liur atau ngeces. Kondisi ini bisa memicu ruam air liur di sekitar mulut dan wajah bayi
  • Sering memasukkan tangan ke dalam mulut dan suka menggigit benda-benda di sekitarnya, seperti menggigit jari dan mainan
  • Sulit makan atau tidak mau disusui 
  • Susah tidur
  • Suka menarik-narik telinga dan menggaruk pipi
  • Demam 

Cara Mengatasi Rasa Tidak Nyaman pada Bayi Saat Tumbuh Gigi 

Nah, ketika Bunda melihat ciri atau tanda bayi tumbuh gigi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu meredakan nyeri yang dialami oleh Si Kecil lho, antara lain: 

  • Berikan mainan khusus untuk digigit, seperti teether. Jenis mainan ini biasanya terbuat dari bahan yang empuk sehingga bisa mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman pada gusi akibat gigi tumbuh
  • Pijat atau gosok gusi bayi yang sakit dengan lembut dan perlahan. Hal ini bisa meredakan rasa nyeri yang dirasakan sehingga Si Kecil tidak rewel lagi. 
  • Berikan camilan sehat. Jika bayi sudah berusia 6 bulan ke atas, Bunda dapat memberikan potongan buah, sayur, atau roti sebagai pengganti teether. Namun, jangan lupa untuk tetap mengawasi Si Kecil saat makan agar ia tidak tersedak.
  • Susui Si Kecil secara langsung (direct breast feeding) karena isapan puting dapat menenangkan proses tumbuh gigi. 

Selain itu, Bunda juga disarankan untuk selalu merawat gigi bayi dengan benar. Hal ini bertujuan agar gigi Si Kecil tidak mudah berlubang dan bisa tumbuh dengan baik. 

Nah, cara yang bisa dilakukan untuk merawat gigi bayi adalah dengan menyikat giginya secara rutin, tidak memberikannya makanan manis yang mengandung gula tinggi, serta tidak membiarkan Si Kecil tidur dengan botol susu di mulutnya. 

Di samping itu, Bunda juga perlu memeriksakan kesehatan gigi dan mulut bayi ke dokter gigi secara rutin, ya. 

Setelah mengetahui kapan bayi tumbuh gigi,  Bunda seharusnya tidak perlu khawatir lagi jika Si Kecil belum tumbuh gigi. Soalnya, waktu kemunculan gigi pertama bisa berbeda-beda pada setiap bayi. 

Nah, apabila Bunda masih memiliki pertanyaan seputar tumbuh kembang anak, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter melalui chat online, ya. 

Sumber: 

National Health Service UK (2022). Health A to Z. Baby Teething Symptoms. 

Pregnancy Birth & Baby Australia (2024). Teething. 

Ikatan Dokter Anak Indonesia. Kapan Anak Mulai Menggosok Gigi?

Cleveland Clinic (2023). Health & Library. Teething/Teething Syndrome. 

Baby Center (2023). Baby Teething Chart: What Order Do Baby Teeth Come In? 

Baby Center (2023). When Do Babies Start Teething and Get Their First Tooth? 

HealthHub, Ministry of Health Singapore (2022). Q&A: When Will My Baby Get His First Tooth?

Healthline (2021). When Do Babies Usually Start Teething?

Healthy Children, American Academy of Pediatrics. (2022). Baby’s First Tooth: 7 Facts Parents Should Know.

The Bump (2023). Baby Teeth Basics: Everything You Need to Know.

WebMD (2024). Teething – What You Should Know.

What to Expect (2024). When Do Babies Start Teething?

What to Expect (2022). What Order and When Do Baby Teeth Appear? This Baby Teething Chart Can Help.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *