8 Obat Pilek Anak yang Aman dan Manjur

obat pilek anak, diary bunda

Ada berbagai obat pilek anak yang bisa menjadi solusi bagi Si Kecil ketika ia sedang sakit, nih. Obat-obatan ini bisa digunakan untuk meredakan keluhan hidung meler, hidung tersumbat, dan bersin-bersin yang dialami anak. Namun, sebelum memilih obat, Bunda harus tahu apa saja obat pilek anak yang ampuh, tetapi juga aman untuk Si Kecil.

Pilek merupakan keluhan yang sering kali dialami oleh anak-anak, Bun. Ini karena daya tahan tubuh mereka belum terlalu kuat sehingga rentan terkena penyakit. Umumnya, pilek sendiri terjadi karena infeksi virus atau alergi. Jadi, ketika mengalami pilek, anak juga biasanya mengalami hidung tersumbat, hidung meler, dan bersin-bersin.

Sebenarnya, pilek bisa membaik dengan sendirinya dalam 7–10 hari. Namun, sering kali pilek dan gejala yang menyertainya membuat anak-anak merasa tidak nyaman sampai sulit tidur. Jika sampai begitu, salah satu solusi yang bisa dilakukan oleh ibu adalah memberikan obat pilek anak.

Pilihan Obat Pilek Anak yang Bisa Melegakan Pernapasan

Obat pilek anak tersedia dalam berbagai bentuk, ada yang berbentuk sirup, tetes hidung, bahkan oles. Adapun beberapa rekomendasi obat pilek anak yang bisa Bunda pilih adalah:

1. Hufagripp Pilek Sirup

Apabila Si Kecil mengalami pilek, Hufagripp Pilek Sirup bisa menjadi pilihan untuk mengatasinya, Bun. Soalnya, obat pilek anak ini mengandung pseudoephedrine HCl dan chlorpheniramine maleate yang bisa mengurangi pembengkakan di dalam hidung. Selain pilek, Hufagripp Pilek Sirup juga bisa meredakan keluhan lain yang biasanya menyertai pilek, yaitu bersin-bersin dan hidung tersumbat. 

Jika Si Kecil berusia di atas 6 tahun, Bunda bisa memberikan obat pilek anak ini sebanyak 1 sendok takar, 3 kali sehari. Sementara itu, jika masih berusia 2–6 tahun, Bunda bisa memberikan Hufagripp Pilek Sirup ini sebanyak ½ sendok takar, 3 kali sehari.

2. Bodrexin Pilek Alergi PE Sirup

Bodrexin Pilek Alergi PE Sirup bermanfaat untuk mengatasi pilek yang disertai hidung tersumbat dan bersin-bersin akibat alergi, Bun. Ini karena Bodrexin Pilek Alergi PE Sirup mengandung phenylephrine HCl dan chlorphenamine maleate

Kandungan phenylephrine HCl mampu mengatasi pembengkakan pembuluh darah di rongga hidung sehingga napas menjadi lebih lega. Sementara itu, kandungan chlorpheniramine maleate bekerja untuk meredakan bersin.

Obat ini tersedia dalam rasa jeruk, Bun, sehingga Si Kecil tidak akan merasa pahit saat meminumnya. Selain itu, obat pilek anak ini juga sebaiknya hanya diberikan kepada anak yang sudah berusia 6 tahun, ya. Untuk penggunaannya, Bunda bisa memberikan Bodrexin Pilek Alergi PE Sirup sebanyak 2 sendok takar, 3 kali sehari. 

3. Anakonidin OBH Sirup

Apabila Si Kecil mengalami pilek yang disertai batuk, Anakonidin OBH Sirup bisa menjadi pilihan untuk mengatasinya nih, Bun. Soalnya, selain mengandung pseudoephedrine HCl dan chlorpheniramine maleate yang bisa mengatasi pilek, obat pilek anak ini juga mengandung guaifenesin yang bisa mengencerkan dahak.

Obat pilek anak ini tersedia dalam varian rasa stroberi. Dosis umum penggunaannya adalah 1 sendok takar, 3 kali sehari untuk anak usia 2–6 tahun. Sementara itu, untuk anak usia 6–12 tahun dosisnya adalah 2 sendok takar, 3 kali sehari.

4. Ozen Sirup

Ozen Sirup juga bisa menjadi pilihan obat pilek anak lho, Bun. Ini karena ozen sirup mengandung cetirizine yang bisa menghambat kinerja zat histamin, yaitu zat yang memicu produksi lendir di saluran pernapasan. Dengan begitu, sumbatan pada saluran hidung bisa berkurang dan pernapasan bisa menjadi lebih lega.

Untuk anak usia 6 bulan sampai 2 tahun, Ozen Sirup bisa diberikan sebanyak 2,5 ml, 1 kali sehari, ya, Bun. Sementara itu, untuk anak berusia 2–6 tahun, obat pilek anak ini bisa diberikan sebanyak 5 ml, 1 kali sehari. Meski cukup ampuh, Ozen Sirup tidak boleh diberikan lebih dari 1 minggu.

5. Purekids Inhalant Decongestant Oil

Purekids Inhalant Decongestant Oil merupakan obat pilek anak dalam bentuk minyak aromaterapi yang bisa mengatasi pilek dan hidung tersumbat, Bun. Obat pilek anak ini mengandung eucalyptus oil yang bisa mengencerkan lendir di saluran hidung sehingga alirannya tidak lagi tersumbat.

Untuk memberikannya kepada Si Kecil, Bunda bisa teteskan Purekids Inhalant Decongestant Oil ke tungku aromaterapi, sapu tangan, atau bantal, agar Si Kecil dapat menghirup uapnya. 

Obat pilek anak ini bisa diberikan 3–7 tetes kepada anak usia 3 bulan–2 tahun. Sementara itu, anak usia di atas 2 tahun bisa diberikan sebanyak 8–12 tetes.

6. Copal Chest Rub 

Copal Chest Rub merupakan obat pilek anak berbentuk krim yang bisa digunakan untuk melegakan pernapasan ketika Si Kecil mengalami hidung tersumbat. Obat pilek anak ini mengandung camphor dan menthol yang bisa menyejukkan saluran pernapasan, serta minyak eukaliptus yang bisa mengencerkan lendir.

Karena berbentuk krim, obat ini hanya bisa digunakan untuk pemakaian luar saja ya, Bun. Untuk mengatasi pilek pada Si Kecil, Bunda bisa mengoleskan Copal Chest Rub di area dada dan leher Si Kecil setiap pagi dan malam hari.

7. Iliadin Obat Tetes Hidung

Iliadin Obat Tetes Hidung bermanfaat untuk meredakan hidung tersumbat, lho, Bun. Soalnya, obat pilek anak ini mengandung oxymetazoline yang bisa meredakan pembengkakan pembuluh darah di dalam hidung, sehingga napas menjadi lebih lega.

Untuk mengatasi pilek dan hidung tersumbat, Bunda bisa meneteskan langsung ke lubang hidung Si Kecil sebanyak 2–3 tetes ke setiap lubang hidung. Ini bisa Bunda ulang 2–3 kali sehari. Meski aman digunakan, obat ini tidak boleh digunakan lebih dari 5 hari, ya, Bun.

8. Breathy Nasal Spray

Apabila Si Kecil pilek sampai hidungnya tersumbat, Breathy Nasal Spray bisa menjadi pilihan untuk mengatasi keluhan tersebut, Bun. Obat pilek anak ini mengandung natrium klorida (NaCl) yang bisa mengencerkan lendir penyumbat hidung. Dengan begitu, lendir pun akan menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan.

Breathy Nasal Spray bisa digunakan oleh anak-anak atau bayi di atas usia 1 tahun, Bun. Bunda cukup memberikan 1 semprot obat pilek ini pada masing-masing lubang hidung anak, ya. Breathy Nasal Spray juga hanya bisa digunakan 1 kali sehari.

Nah, itulah beberapa pilihan obat pilek anak yang bisa Bunda berikan kepada Si Kecil. Agar tetap aman, Bunda perlu memahami aturan pakai dan dosisnya sebelum memberikan obat batuk pilek anak. Kalau perlu, Bunda bisa berkonsultasi dahulu ke dokter untuk memastikan dosis dan aturan pakainya.

Selain dengan memberikan obat pilek anak, Bunda juga perlu memastikan Si Kecil beristirahat dengan cukup, ya. Apabila pilek anak tidak kunjung sembuh atau malah makin buruk, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter lewat chat online ya, Bun, agar penyebab pilek bisa diketahui.

Sumber:

National Health Services U.K. (2021). Medicines A to Z. Cetirizine.

Pregnancy Birth & Baby Australia (2023). Colds and Flu in Babies and Children.

Ikatan Dokter Anak Indonesia. Amankah Tindakan Cuci Hidung pada Anak?

Mayo Clinic (2024). Drugs and Supplements. Pseudoephedrine (Oral Route).

Mount Sinai (2023). Health Library. Stuffy or Runny Nose – Adult.

Watson, S. WebMD (2024). When Your Baby Has a Cold.

McQueen, J. WebMD (2023). Eucalyptus Oil Benefits and Uses.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *