Kaki Bayi Bengkok, Ketahui Penyebab dan Penanganannya

kaki bayi bengkok, diary bunda

Kaki bayi bengkok tidak jarang membuat khawatir para orang tua, apalagi yang baru pertama kali memiliki anak. Namun, tenang dulu, Bun. Tidak semua kondisi kaki bayi bengkok itu berbahaya, kok. Sebagian besar kondisi kaki bayi yang bengkok bisa pulih dengan sendirinya seiring waktu. 

Pernah dengar kalau kaki bayi bengkok terjadi karena bayi tidak dibedong, Bun? Ini sebenarnya adalah mitos ya, Bun. Soalnya, semua bayi sebenarnya memang terlahir dengan bentuk kaki yang sedikit bengkok, bukan karena tidak dibedong, ya. Jadi, Bunda tidak perlu khawatir dan tidak perlu mencoba meluruskan kaki Si Kecil.

Penyebab Kaki Bayi Bengkok

Ketika bayi berada di dalam rahim, ukuran dan berat badannya akan terus bertambah seiring bertambahnya usia kandungan. Nah, hal ini akan membuat bayi lebih banyak menekuk kakinya di dalam rahim, sehingga kakinya akan tampak bengkok saat ia lahir. Ini merupakan kondisi yang normal ya, Bun. 

Biasanya bentuk kaki bayi akan menjadi lebih lurus seiring proses tumbuh kembangnya setelah lahir. Meski demikian, kaki bayi bengkok terkadang juga bisa terjadi karena suatu kelainan, misalnya karena cedera pada saat proses ia dilahirkan atau kelainan genetik.

Sebetulnya, penyebab pasti mengapa kaki bayi bengkok karena kelainan genetik belum diketahui dengan pasti. Namun, ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko bayi mengalami kaki bengkok yaitu:

  • Berjenis kelamin laki-laki
  • Memiliki anggota keluarga yang menderita kaki bengkok
  • Menderita penyakit bawaan lahir, seperti spina bifida atau cerebral palsy
  • Menderita kelainan genetik, seperti sindrom Edward atau sindrom Moebius
  • Ibu merokok ketika bayi dalam kandungan

Penanganan Kaki Bayi Bengkok

Sebenarnya, kondisi kaki bayi yang bengkok akibat banyak menekukkan kaki di dalam rahim bisa membaik dengan sendirinya, Bun. Kondisi ini juga tidak akan menyulitkan bayi ketika sedang belajar berjalan, apalagi menimbulkan sakit. Justru, bengkoknya akan menjadi lebih lurus ketika bayi sudah bisa berjalan. Biasanya, kaki akan lurus setelah usianya 3–4 tahun.

Lalu, bagaimana dengan kaki bengkok karena kelainan? Umumnya, kondisi tersebut perlu ditangani oleh dokter, Bun. Penanganannya pun dilakukan sesegera mungkin, biasanya 1–2 minggu setelah bayi dilahirkan. 

Untuk menangani kondisi kaki bayi bengkok yang disebabkan oleh kelainan, dokter bisa melakukan beberapa metode berikut ini:

Pemasangan gips

Dokter akan mengembalikan kaki bayi ke posisi yang benar, kemudian memasang gips di kaki tersebut. Penanganan ini bisa berjalan selama beberapa bulan hingga tahun, tergantung pada tingkat keparahan kaki bayi yang bengkok dan perkembangan kondisinya.

Operasi

Selain dengan metode pemasangan gips, kaki bayi bengkok juga bisa diatasi dengan tindakan operasi. Melalui prosedur ini, dokter akan mengembalikan tendon dan ligamen ke posisi yang benar. Setelah itu, dokter akan memasang gips atau penyangga di kaki bayi untuk mencegah kaki bengkok di kemudian hari.

Fisioterapi

Selain itu, dokter juga mungkin akan menganjurkan metode fisioterapi atau latihan kekuatan otot dan sendi kaki khusus agar kondisi kaki bayi yang bengkok bisa membaik. Metode ini biasanya dilakukan setelah bayi menjalani metode lainnya. 

Fisioterapi untuk mengatasi kaki bayi bengkok umumnya bertujuan untuk melatih kemampuan dan kekuatan otot serta sendi kaki bayi agar ia tetap bisa belajar duduk, berdiri, dan berjalan dengan normal.

Itulah penyebab dan penanganan kaki bayi bengkok, ya, Bun. Meski kondisi ini bukan suatu hal yang perlu dikhawatirkan, Bunda sebaiknya tetap perlu waspada, ya. Apabila kaki bayi masih terlihat bengkok ketika ia sudah berusia lebih dari 3 tahun, sebaiknya Bunda konsultasikan ke dokter melalui chat online untuk memastikan keadaan bayi.

Sumber:

National Health Services U.K. (2021). Health A to Z. Club Foot.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (2019). Seputar Kesehatan Anak. Mengenal Lutut dan Kaki Bengkok pada Bayi.

The American Academy of Orthopaedic Surgeons (2023). Clubfoot.

Boston Children’s Hospital. Clubfoot.

Cleveland Clinic (2021). Disease & Conditions. Bow Legged.

Mayo Clinic (2019). Diseases & Conditions. Bow Legged.

Healthy Children (2022). Clubfoot: Diagnosis and Treatment for Babies.

Healthy Children (2022). Newborn Feet: Common Deformities.

Nichols, L. KidsHealth, Nemours (2022). Parents. Clubfoot.

Helms, A. KidsHealth, Nemours (2020). Parents. Bow Legs (Genu Varum).

Physiopedia. Paediatric Conditions of the Foot.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *