Keluar Lendir Saat Hamil 9 Bulan Tapi Tidak Mules, Ini Penyebabnya

Keluar lendir saat hamil 9 bulan tapi tidak mules, apakah Bunda pernah mengalaminya? Tenang, Bun! Kondisi ini normal terjadi di usia kehamilan 9 bulan, kok. Meski begitu, kondisi keluar lendir di trimester 3 ini tetap perlu diperhatikan, ya. Soalnya, kondisi ini bisa saja menjadi salah satu tanda persalinan. 

Ada beberapa kondisi yang bisa dialami ibu hamil ketika usia kandungan sudah 9 bulan. Salah satunya adalah keputihan atau keluar lendir dari vagina. Namun, tak usah panik, karena kondisi ini sangat umum terjadi kok, Bun. 

Menjelang persalinan, keluarnya lendir biasanya akan diiringi dengan tanda mau melahirkan lainnya, Bun, seperti rasa mules, sakit punggung, sering buang air kecil, dan air ketuban pecah. Tanda-tanda mau melahirkan ini akan mulai terasa menjelang hari perkiraan lahir (HPL). 

Nah, yang menjadi pertanyaan, bagaimana jika keluarnya lendir saat hamil 9 bulan tapi tidak dibarengi dengan rasa mules, ya? Apakah ini juga tanda mau melahirkan? 

Penyebab Keluar Lendir Saat Hamil 9 Bulan Tapi Tidak Mules

Keluar lendir saat hamil 9 bulan tapi tidak mules biasanya berhubungan dengan keputihan. Selama kehamilan, jumlah cairan keputihan cenderung akan lebih banyak karena peningkatan kadar hormon, seperti hormon estrogen, dan aliran darah tambahan ke area leher rahim atau serviks. 

Nah, hal tersebut kemudian akan membuat dinding vagina lebih banyak menghasilkan cairan atau lendir. Selain itu, keluar lendir saat hamil 9 bulan tapi tidak mules juga bisa berasal dari sumbatan lendir (mucus plug) yang melapisi leher rahim, Bun.

Selama kehamilan, banyaknya lendir dan cairan keputihan di vagina ini memang normal terjadi sebagai upaya untuk mencegah masuknya kuman atau bakteri ke dalam rahim. 

Nah, pada trimester 3 atau usia 9 bulan kehamilan, sumbat ini akan terlepas dengan sendirinya dan keluar dari jalan lahir. Cairan yang keluar biasanya berupa lendir seperti jeli yang tidak berbau, berwarna bening, putih pucat, murah muda, atau bahkan disertai sedikit darah. 

Kondisi ini umumnya tidak berbahaya dan merupakan tanda bahwa tubuh ibu hamil sedang mempersiapkan diri untuk melahirkan. Meski begitu, lamanya waktu antara hilangnya sumbatan lendir dengan dimulainya waktu persalinan dapat bervariasi, Bun. Jadi, keluarnya lendir saat hamil 9 bulan tapi tidak mules tidak bisa dijadikan patokan tanda-tanda melahirkan yang akurat, ya 

Inilah Tanda-tanda Mau Melahirkan 

Selain munculnya lendir dari vagina, ada beberapa tanda-tanda melahirkan yang perlu Bunda perhatikan, di antaranya: 

Bunda, keluar lendir saat hamil 9 bulan tapi tidak mules merupakan hal yang normal terjadi, kok. Jadi, tidak perlu khawatir ya, Bun! Namun, jika keluar lendirnya saat hamil 9 bulan tapi tidak mules ini disertai tanda persalinan yang sudah disebutkan di atas, segera pergi ke dokter, ya. 

Bunda punya pertanyaan lain seputar kehamilan atau persalinan? Yuk, konsultasi dengan dokter lewati chat online

Sumber: 

National Health Service UK (2024). Pregnancy. Vaginal Discharge in Pregnancy.

National Health Service UK (2023). Pregnancy. Signs That Labour Has Begun.

Pregnancy Birth & Baby Australia (2024). Giving Birth – Early Signs of Labour.

Pregnancy Birth & Baby Australia (2024). Vagina Discharge During Pregnancy.

American Pregnancy Association (2024). Vaginal Discharge During Pregnancy.

American Pregnancy Association (2024). Signs of Labor

Cleveland Clinic (2024). Living Healthy. 10 Signs Labor May Be Beginning.

Cleveland Clinic (2024). Health Library. Mucus Plug. 

Mayo Clinic (2024. Healthy Lifestyle. Labor and Delivery, Postpartum Care. 

Flo Health (2023). Vaginal Discharge During Pregnancy: What Does it Mean, and When Should You Seek Medical Help? 

Healthline (2019). How Do I Know If I Lost My Mucus Plug Too Early?

WebMD (2023). Signs of Labor.

WebMD (2023). Third Trimester.

What to Expect (2022). Is It Normal to Have Watery Discharge During Pregnancy?

What to Expect (2022). Vaginal Discharge During Pregnancy (Leukorrhea).

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *