Jangan Tertukar, Begini Warna Lendir Saat Mau Melahirkan

Warna lendir saat mau melahirkan perlu dikenali oleh para ibu hamil. Soalnya, hal ini bisa menjadi tanda bahwa waktu kelahiran Si Kecil makin dekat. Dengan begitu, Bunda dapat mempersiapkan diri untuk menjalani persalinan dengan lebih aman dan lancar. 

Bunda yang baru akan melahirkan untuk pertama kalinya mungkin bingung ya membedakan lendir saat hamil 9 bulan maupun warna lendir saat mau melahirkan? Lendir yang muncul saat hamil 9 bulan memang masih berkaitan dengan keputihan. Namun, apabila lendir muncul saat mau melahirkan berarti ini berasal dari sumbat lendir di serviks atau mucus plug

Biasanya, menjelang hari persalinan, tanda mau melahirkan akan mulai muncul satu per satu. Nah, salah satunya adalah keluar lendir dari sumbatan lendir ini, Bun. 

Berbeda dengan keputihan yang umum dialami wanita sejak sebelum pubertas hingga masa menopause, sumbatan lendir hanya akan dialami oleh ibu hamil. Soalnya, lendir ini terbentuk di awal kehamilan dan keluar menjelang persalinan, Bun. Namun, tidak perlu khawatir ya, karena kondisi ini normal dan umum terjadi, kok. 

Sumbatan lendir ini berperan penting dalam mencegah masuknya kuman atau bakteri ke dalam rahim yang bisa membahayakan bayi, lho. Lendir ini juga bisa membantu melumasi jalan lahir agar bayi bisa dilahirkan dengan lebih lancar. Dengan kata lain, tanpa adanya sumbat lendir, kehamilan tidak akan bisa berjalan dengan lancar, Bun. 

Ini Warna Lendir Saat Mau Melahirkan 

Mucus plug atau sumbatan lendir adalah kumpulan lendir tebal di leher rahim atau serviks yang mulai terbentuk sekitar minggu ke-7 kehamilan. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan hormon progesteron yang normal terjadi selama hamil, Bun. 

Sumbat lendir ini berfungsi sebagai penghalang antara vagina dan rahim untuk melindungi janin dari serangan infeksi. Selain itu, sumbat ini juga membantu menjaga serviks agar tetap lembap, lho. 

Nah, saat kehamilan Bunda sudah cukup minggu, yaitu antara 37–42 minggu, biasanya sumbatan lendir ini akan terlepas dengan sendirinya dan keluar dari jalan lahir. Hal ini karena serviks atau leher rahim sudah mulai terbuka, menipis, dan melunak sebagai tanda persiapan untuk melahirkan. 

Umumnya, warna lendir saat mau melahirkan ini berwarna bening, putih pucat, merah muda, atau bahkan disertai sedikit darah, Bun. Lendir ini juga memiliki tekstur mirip jeli atau agar-agar, tebal, lengket, berserat, serta tidak berbau. Selain itu, lendir yang keluar biasanya memiliki panjang 1–2 cm dengan volume berkisar antara 1–2 sendok makan, Bun. 

Sumbat lendir dapat hilang sekaligus atau secara bertahap seiring mendekatinya waktu melahirkan. Meski begitu, lamanya waktu antara hilangnya sumbatan lendir dengan dimulainya waktu persalinan dapat berbeda-beda pada setiap ibu hamil, ya. Jadi, keluarnya lendir ini tidak bisa dijadikan patokan tanda-tanda melahirkan yang tepat.

Itulah warna lendir saat mau melahirkan beserta ciri lainnya yang perlu Bunda kenali. Dengan begitu, Bunda bisa mulai mempersiapkan diri sambil menunggu waktu kelahiran Si Kecil yang mungkin waktunya makin dekat. 

Apabila kondisi ini juga diiringi dengan tanda mau melahirkan lainnya, seperti rasa mules, kontraksi yang makin teratur dan kuat, sakit punggung, serta air ketuban pecah, segera pergi ke dokter ya, Bun. 

Namun, jika sumbat lendir Bunda hilang sebelum minggu ke-37 kehamilan, sebaiknya segeralah ke dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat. Ini karena kondisi tersebut bisa menjadi tanda persalinan dini atau komplikasi kehamilan lainnya, seperti plasenta previa atau solusio plasenta

Untuk Bunda yang masih punya banyak pertanyaan seputar persalinan atau kehamilan, yuk, diskusikan dengan dokter lewat chat online

Sumber: 

National Health Service UK (2023). Labour and Birth. Signs That Labour Has Begun. 

Cleveland Clinic (2024). Health Library. Mucus Plug. 

Mayo Clinic (2024). Healthy Lifestyle. Labor and Delivery, Postpartum Care. 

American Pregnancy Association (2024). Mucus Plug – What Is It & What Does It Look Like?

Baby Center (2023). What is Your Mucus Plug and What Does it Look Like? 

Baby Center UK (2023). What a Mucus Plug Look Like: Photos. 

Flo Health (2023). Mucus Plug: What is it and How Do You Know You’ve Lost it During Pregnancy?

Parents (2023). What Does a Mucus Plug Look Like?

Parents (2023). When Does Labor Start After Losing Your Mucus Plug?

WebMD (2024). Mucus Plug: Everything You Need to Know.

WebMD (2023). Vaginal Discharge: Is It Normal?

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *