5 Rekomendasi Pembalut Melahirkan yang Bagus

Pembalut melahirkan berfungsi untuk menyerap darah yang keluar selama masa nifas. Nah, pembalut yang dirancang khusus untuk ibu melahirkan ini bisa mencegah kebocoran akibat derasnya darah nifas, serta memberikan rasa nyaman selama Bunda menjalani masa pemulihan pascapersalinan, lho. 

Setelah melahirkan secara normal maupun operasi caesar, Bunda akan menjalani masa nifas. Pada masa ini, ibu umumnya akan mengalami perdarahan yang biasanya disebut dengan darah nifas atau lokia. 

Nah, keluarnya darah nifas dari vagina merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan lapisan rahim yang meluruh dan darah berlebih setelah proses persalinan. Kondisi ini biasanya berlangsung selama sekitar 4–6 minggu, Bun. 

Selama masa nifas, Bunda biasanya akan membutuhkan pembalut melahirkan untuk menyerap darah yang keluar. Berkat pembalut melahirkan, luka pasca persalinan pun bisa lebih cepat sembuh, Bun.  

Rekomendasi Pembalut Melahirkan yang Bagus untuk Masa Nifas

Pembalut melahirkan cenderung lebih tebal dan panjang, serta memiliki daya serap yang lebih tinggi daripada pembalut biasa. Soalnya, darah yang keluar selama masa nifas umumnya lebih banyak daripada darah menstruasi. Oleh karena itu, pembalut ini berperan penting untuk menahan banyaknya darah yang keluar. 

Bunda juga disarankan untuk membeli pembalut melahirkan yang tidak mengandung parfum, deodoran, atau wewangian. Pembalut melahirkan yang bebas dari bahan kimia dianggap lebih ramah di kulit sehingga dapat mencegah iritasi pada vagina, Bun.

Nah, berikut adalah berbagai pilihan pembalut melahirkan yang bisa Bunda pilih selama menjalani masa nifas: 

1. Softex Maternity

Salah satu pilihan pembalut melahirkan adalah Softex Maternity. Pembalut ini memiliki daya serap maksimal dengan permukaan lembut dan ukuran panjang 45 cm sehingga bisa mencegah kebocoran akibat banyaknya darah nifas yang keluar. 

Selain itu, Softex Maternity juga bisa mengurangi risiko terjadinya infeksi di area organ intim setelah melahirkan. Dengan begitu, Bunda akan selalu nyaman selama menjalani masa nifas, lho. Softex Maternity dalam dua ukuran kemasan, yaitu 10 pads dan 20 pads

2. Tela Pembalut Wanita Bersalin 

Tela Pembalut Wanita Bersalin juga bisa Bunda gunakan untuk menampung darah nifas, lho. Dengan permukaan yang lembut dan kering serta berdaya serap tinggi, Tela Pembalut Wanita Bersalin akan mencegah kebocoran dan infeksi, serta mengurangi risiko iritasi kulit di sekitar organ intim. Pembalut melahirkan ini memiliki isi 10 pads. 

3. Dr. Kang Maternity 

Bingung memilih pembalut melahirkan yang bagus? Coba Dr. Kang Maternity, Bun! Pembalut ini mengandung bahan Nonwoven dan PE Film yang lembut dan nyaman untuk kulit ibu yang baru saja melahirkan. 

Nah, Dr. Kang Maternity juga memiliki gel penyerap yang menyerap banyaknya darah dan cairan yang keluar dari organ intim selama nifas. Selain itu, pembalut melahirkan ini dilengkapi dengan perekat ganda sehingga menjaga posisi pembalut tetap rekat untuk menghindari risiko kebocoran. 

4. Dacco Mama Pembalut Bersalin

Dacco Mama Pembalut Bersalin merupakan pembalut melahirkan dengan daya serap tinggi sehingga cocok untuk digunakan oleh ibu yang sedang menjalani masa nifas. Pembalut ini memiliki bahan super absorbent polymer yang bisa menyerap banyak cairan dengan cepat dan mengubahnya menjadi gel. 

Memiliki lapisan permukaan yang lembut, Dacco Mama Pembalut Bersalin bisa menjaga area organ intim tetap kering sehingga menghindari risiko terjadinya infeksi. Perekat non-slip tape yang kuat juga membuat pembalut ini tidak mudah bergeser. 

5. Natracare Maternity Pads

Terbuat dari kapas organik yang lembut, Natracare Maternity Pads sangat aman digunakan selama masa nifas, Bun. Berkat kandungan alaminya, pembalut melahirkan ini tidak menyebabkan iritasi dan lecet kulit atau di area jahitan, serta bisa membantu merawat kulit Bunda pascapersalinan, lho. 

Tidak hanya itu saja, pembalut melahirkan ini juga memiliki bantalan empuk, lebar, dan ekstra panjang yang dapat memberikan perlindungan dan kenyamanan setelah melahirkan. 

Berbagai rekomendasi pembalut melahirkan di atas yang bisa Bunda jadikan pilihan selama masa nifas. Nah, penting untuk diingat, pastikan untuk selalu rutin mengganti pembalut melahirkan setiap 3–4 jam sekali atau tergantung dari banyaknya jumlah darah yang keluar.

Jika Bunda memiliki keluhan di area jahitan yang sampai menyulitkan aktivitas, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter melalui chat online, ya. 

Sumber:

Cleveland Clinic (2022). Health Library. Lochia. 

Kids Health, Nemours. For Teens. Can I Wear the Same Pad All Day?

Baby Center (2024). How Many Maternity Pads Will I Need After the Birth?

Baby Center (2024). The Best Postpartum Pads to Support Your Fourth Trimester Recovery. 

Baby (2022). Postpartum Bleeding (Lochia). 

The Bump (2024). 7 Best Postpartum Pads, Tested by a Mom of a Newborn.

WebMD (2023). What Are Postpartum Pads?

What to Expect (2024). Postpartum Bleeding (Lochia): What’s Normal and What’s Not?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *