Kelas Ibu Hamil, Ini Ragam Manfaat dan Keuntungannya

Kelas ibu hamil bisa membantu Bunda memperoleh ilmu dan informasi penting untuk menyambut kelahiran Si Kecil. Di kelas ini, Bunda juga bisa belajar bagaimana menghadapi kehamilan dengan tepat dan lebih tenang. Nah, apa saja kegiatan dan materi yang akan disampaikan di kelas ini, ya?

Bunda sedang kebingungan dan membutuhkan informasi lengkap tentang kehamilan dan persalinan? Coba ikut kelas ibu hamil, yuk! 

Kelas ini merupakan sarana belajar di mana ibu hamil bisa memperoleh banyak pengetahuan tentang kehamilan dan persalinan, mulai dari cara menjaga kesehatan selama hamil, merencanakan persalinan, hingga cara merawat bayi baru lahir.

Kelebihan lainnya, kelas ibu hamil hadir dalam bentuk tatap muka atau online yang dibuat santai dan interaktif. Jadi, Bunda bisa bertukar cerita dan pengalaman kehamilan dengan ibu lain yang juga sedang menanti kelahiran sang buah hati.

Manfaat dan Kelebihan Mengikuti Kelas Ibu Hamil

Di kelas hamil, Bunda bisa lebih leluasa bertanya, bercerita seputar kehamilan, hingga menjalin pertemanan dengan ibu-ibu lainnya, lho. Tak hanya memperoleh informasi, Bunda juga bisa mendengarkan pengalaman dari ibu lainnya yang sudah pernah melahirkan.

Nah, nantinya ibu hamil akan mempelajari berbagai topik, seperti:

  • Menjaga kesehatan tubuh selama kehamilan, seperti pola makan yang sehat hingga senam atau olahraga untuk ibu hamil
  • Mempersiapkan persalinan dan kelahiran bayi
  • Teknik pernapasan dan relaksasi
  • Mengetahui tanda melahirkan 
  • Mengenali tahapan persalinan dan pembukaan
  • Merawat bayi setelah melahirkan, seperti cara memandikan dan menyusui
  • Memperoleh tidur yang aman dan nyenyak bagi ibu dan bayi
  • Mengelola emosi dan pikiran selama hamil hingga pascapersalinan

Melalui kelas ibu hamil, petugas kesehatan juga bisa membina dan memantau perkembangan Bunda sekaligus menjadi lebih dekat dengan Bunda dan keluarga. Bunda dan ibu-ibu lainnya juga bisa saling mendukung satu sama lain, lho.

Siapa Saja yang Boleh Mengikuti Kelas Ibu Hamil?

Ibu hamil mungkin saja memiliki pertanyaan atau keresahan terkait kehamilan, persalinan, hingga kehidupan pascapersalinan. Nah, kelas ibu hamil hadir dengan harapan dapat membantu Bunda dan ibu lainnya dengan memberi pemahaman mengenai persalinan, kelahiran, menyusui, dan perawatan pada bayi yang baru lahir.

Bunda tidak perlu khawatir karena kelas ini biasanya diselenggarakan oleh penyedia layanan kesehatan tepercaya, baik itu rumah sakit, klinik bersalin, hingga lembaga kesehatan pemerintah seperti puskesmas. Jadi, informasi yang diberikan pun valid dan aman untuk ibu hamil.

Nah, kelas ibu hamil ini boleh diikuti oleh ibu hamil dengan semua usia kehamilan. Selain itu, Bunda juga bisa mengajak Ayah lho untuk mengikuti kelas ini. Ayah sangat disarankan untuk mengikuti kelas hamil setidaknya 1 kali pertemuan. Soalnya, peran Ayah juga penting untuk mendukung dan menjaga Bunda selama kehamilan dan persalinan.

Apa yang Akan Dilakukan di Kelas Ibu Hamil?

Kelas ibu hamil akan menjadi kelas yang mengasyikkan, Bun! Selain bertukar informasi, di kelas hamil juga ada program senam hamil untuk ibu yang usia kehamilannya memasuki 20–36 minggu. Senam hamil ini bermanfaat untuk mempersiapkan tubuh Bumil dalam menghadapi persalinan, lho.

Setelah itu, Bunda akan mendapatkan materi yang berbeda setiap pertemuannya, seperti:

1.. Materi pertemuan kelas ibu hamil pertama 

Di pertemuan pertama akan dibahas tentang informasi dasar kehamilan, seperti perubahan fisik ibu hamil serta keluhan kehamilan dan penanganannya. Tidak hanya itu, Bunda juga akan diajarkan cara minum tablet tambah darah (TTD) untuk mencegah dan mengatasi anemia. 

Informasi mengenai cara mengatur gizi makanan, hubungan suami istri yang dianjurkan, obat yang boleh dan tidak boleh diminum, perencanaan persalinan, tanda-tanda bahaya kehamilan, serta pencegahan komplikasi saat kelahiran juga akan disampaikan.

Nah, banyak sekali kan, Bun? Jadi, jangan lupa siapkan buku catatan, ya!

2. Materi pertemuan kelas ibu hamil kedua

Pada pertemuan kedua, ibu hamil akan dibekali informasi tentang tanda-tanda ibu akan melahirkan, proses persalinan, dan perawatan selama masa nifas. Bunda juga akan diajarkan cara menyusui bayi yang benar, lho.

Bagi ibu yang ingin memasang KB setelah melahirkan, petugas juga akan menyampaikan informasi seputar penggunaan KB.

3. Materi pertemuan kelas ibu hamil ketiga

Nah, di pertemuan ini Bunda akan mempelajari tentang bagaimana mencegah penyakit serta komplikasi kehamilan, seperti anemia, kelahiran prematur, diabetes gestasional, preeklampsia, kehamilan ektopik, hingga keguguran. Bunda juga bisa memperoleh informasi seputar penyakit yang berbahaya bagi kesehatan ibu dan bayi, seperti malaria.

4. Materi pertemuan kelas ibu hamil keempat

Pertemuan terakhir ini akan berfokus pada momen-momen pascamelahirkan, mulai dari cara merawat bayi baru lahir, pemberian ASI eksklusif, pemberian vitamin pada bayi, cara mendukung tumbuh kembang anak yang optimal, serta hal-hal tentang imunisasi anak.

Tak kalah penting, di kelas ini Bunda juga akan diberi pemahaman tentang cara membuat akta kelahiran Si Kecil lho.

Ketika Bunda memutuskan untuk mengikuti kelas ibu hamil, alangkah baiknya pertimbangkan waktu, akses, dan kondisi kesehatan Bunda terlebih dulu, ya. Jika tidak sempat hadir langsung, Bunda juga bisa mengikuti kelas ibu hamil secara online.

Nah, banyak sekali kan manfaat kelas ibu hamil? Maka dari itu, tidak ada salahnya Bunda dan Ayah mulai pertimbangkan untuk mengikuti kelas ini agar kehamilan bisa berjalan lebih optimal.

Apabila Bunda ingin mencari kelas ini di rumah sakit atau puskesmas terdekat, atau memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan kelas ibu hamil, langsung tanyakan pada dokter melalui chat online, ya.

Sumber:

Darmawanti, B. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2022). Ikut Kelas Ibu Hamil, Apa Saja Manfaatnya?

Darmawanti, B. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2022). Buku Bacaan Kader Posyandu Kelas Ibu Hamil.

National Health Services UK (2024). Antenatal Classes.

National Health Service Inform (2023). Antenatal Classes.

Pregnancy Birth & Baby Australia (2023). Antenatal Classes.

Cleveland Clinic (2022). Pregnancy Complications.Raising Children Network Australia (2024). Antenatal classes: what they are and why they’re good.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *