6 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi yang Aman

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi bisa Bunda lakukan sendiri di rumah, lho. Soalnya, cara ini cukup sederhana dan bisa memakai bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Lantas, apa saja ya tips menghilangkan bekas gigitan nyamuk di kulit Si Kecil?

Gigitan nyamuk akan menimbulkan rasa gatal, bentol, dan bintik merah di kulit. Memang, bekas gigitan nyamuk ini bisa menghilang sendiri dalam beberapa hari. Namun, bekas gigitan nyamuk juga bisa menggelap sehingga menimbulkan bintik-bintik hitam di kulit Si Kecil. 

Untungnya, kondisi ini bisa diatasi dengan menerapkan beberapa cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi, Bun. Terlebih, tipsnya mudah dilakukan dan aman untuk kulit Si Kecil.

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi

Mirip dengan jerawat, bekas gigitan nyamuk juga bisa menghitam, Bun. Kondisi ini terjadi karena hiperpigmentasi. Ketika bekas gigitan nyamuk terasa gatal, Si Kecil mungkin jadi sering menggaruk kulit. Hal inilah yang dapat memperparah iritasi dan membuat bekas gigitan nyamuk jadi hitam. 

Nah, biasanya noda gigitan nyamuk ini akan hilang perlahan dalam beberapa bulan, tetapi tidak ada salahnya Bunda mencoba melakukan cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi, seperti:

1. Memberikan kompres dingin

Memberi kompres dingin merupakan cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi yang paling mudah dilakukan di rumah. Pasalnya, kompres dingin bisa meredakan peradangan kulit akibat digigit nyamuk.

Selain itu, suhu dingin dari es juga bisa menenangkan kulit dan mengurangi rasa gatal serta mengurangi bengkak. Jadi, bekas gigitan nyamuk bisa sembuh lebih cepat karena Si Kecil tidak terus-menerus menggaruk kulitnya.

Nah, untuk memperoleh manfaat tersebut, Bunda hanya perlu menempelkan kain bersih berisi es batu atau yang sudah direndam air dingin ke kulit bayi yang digigit nyamuk. Kompres kulit selama 5–10 menit dan lakukan beberapa kali dalam sehari.

2. Mengoleskan gel lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya merupakan tanaman yang sering digunakan dalam produk kecantikan karena mampu mengatasi masalah kulit

Nah, sebagai obat alami untuk mengatasi gigitan nyamuk, kandungan gel lidah buaya bisa menenangkan dan mengurangi nyeri pada kulit yang teriritasi. Lidah buaya juga diketahui bisa mempercepat pemulihan luka di kulit, lho.

Untuk menggunakannya pada bayi, Bunda bisa memotong kecil tanaman lidah buaya lalu cuci bersih. Kupas kulit lidah buaya, kemudian oleskan gel lidah buaya ke bekas gigitan nyamuk dan biarkan hingga mengering.

3. Mengoleskan madu

Madu juga bisa menjadi obat alami untuk mengatasi masalah kulit, seperti bekas gigitan nyamuk. Ini karena madu memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang bisa mempercepat penyembuhan kulit dari gigitan serangga.

Nah, cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi ini bisa Bunda lakukan di rumah dengan mengoleskan sedikit madu ke kulit yang gatal dan bentol. Namun, usahakan agar madu tidak tertelan atau diminum oleh bayi Si Kecil ya, Bun. Ini karena pemberian madu pada bayi di bawah usia 1 tahun bisa berisiko menyebabkan keracunan botulisme.

4. Mengoleskan minyak esensial

Tahukah Bunda, menjaga kulit Si Kecil tetap lembap juga dapat mempercepat hilangnya bekas gigitan nyamuk lho. Nah, beberapa bahan alami yang bisa bantu melembapkan kulit ialah minyak kayu putih, minyak kelapa, minyak lavender, dan minyak jarak.

Pasalnya, minyak tersebut terbukti mampu menjaga kelembapan kulit serta meredakan rasa gatal. Namun, sebelum memberikannya ke Si Kecil, alangkah baiknya Bunda konsultasikan dulu dengan dokter, ya.

5. Menggunakan bedak yang mengandung calamine

Bedak calamine bisa mengurangi rasa gatal dan iritasi karena gigitan nyamuk. Dengan begitu, bayi akan merasa lebih nyaman dan tidak banyak menggaruk kulit yang digigit nyamuk. Nah, hal ini bisa membuat kulit bayi jadi lebih cepat sembuh setelah digigit nyamuk.

6. Menggunakan salep 

Selain menggunakan bahan alami di atas, Bunda juga bisa memberikan salep yang bisa dibeli di apotek. Biasanya, salep atau krim untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk mengandung obat antiinflamasi atau bahan-bahan lain, seperti ekstrak kamomil dan lidah buaya. 

Bahan-bahan ini bisa mengurangi peradangan di kulit yang menjadi penyebab kulit gatal, kemerahan, dan bengkak. Selain itu, salep ini juga bisa membantu melembapkan kulit bayi. Dengan begitu, bekas luka gigitan nyamuk dapat berkurang dengan cepat.

Namun, untuk menentukan jenis salep yang cocok untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi, Bunda sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu, ya.

Tips Melindungi Bayi dari Gigitan Nyamuk

Perlu Bunda ketahui, nyamuk umumnya bersarang di tempat yang gelap dan lembap sehingga populasi nyamuk tidak bisa sepenuhnya dicegah. Namun, Bunda bisa melindungi bayi dari gigitan nyamuk dengan beberapa tips berikut ini:

  • Memberikan Si Kecil baju dan celana panjang dengan bahan yang nyaman.
  • Tutup tempat tidur dan stroller bayi dengan kelambu.
  • Gunakan AC jika memungkinkan.
  • Menggunakan obat nyamuk untuk bayi.
  • Tutup semua jendela dan pintu pada malam hari untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah.
  • Pastikan tempat penampungan air, seperti bak mandi, ember, dan kolam sering dibersihkan agar tidak menjadi sarang nyamuk.
  • Tutup rapat tempat penampungan air sehingga nyamuk tidak dapat bertelur.
  • Tidak menyimpan atau menimbun barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Bun, itulah beberapa cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi yang bisa Bunda lakukan di rumah. Meski umumnya menggunakan bahan alami yang cenderung aman, Bunda juga perlu memperhatikan reaksi kulit Si Kecil terhadap bahan tersebut, ya.

Apabila muncul tanda alergi atau iritasi pada kulit Si Kecil, Bunda juga bisa chat dokter untuk mendapatkan penanganan..

Sumber:

United Nations Children’s Fund. Dengue: How to keep children safe.

Centers for Disease Control and Prevention (2024). Mosquito Control at Home.

Centers for Disease Control and Prevention (2024). Preventing Mosquito Bites.

Seattle Children’s Hospital (2023). Insect Bite.

Miles, K. Baby Center (2022). Bug bites in kids.

Fanous, S. Healthline (2024). 16 Natural Remedies for Mosquito Bite Relief.

Larson, J. Healthline (2021). How to Treat a Mosquito Bite on Your Baby.

Watson, K. Healthline (2020). How to Treat Mosquito Bites to Prevent Scarring.

Raising Children Network Australia (2024). Insect bites and insect stings.

DiMaggio, D. & Porto, A. F. The Bump (2020). How to Treat Bug Bites on Babies.

Mutchler, C. Verywell Health (2024). 17 Evidence-Based Home Remedies for Mosquito Bites.

Zimlich, R. Verywell Health (2022). How to Get Rid of Mosquito Bite Scars.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *