Inilah Tinggi Badan Anak 2 Tahun yang Ideal

tinggi badan anak 2 tahun, diary bunda

Tinggi badan anak 2 tahun idealnya berapa, ya? Pertanyaan ini mungkin sering muncul di benak para orang tua, terutama yang baru pertama kali memiliki anak. Hal ini memang penting untuk diketahui karena tinggi badan anak merupakan salah satu parameter kondisi tumbuh kembang dan status gizinya. 

Tidak hanya berat badan dan lingkar kepala, tinggi badan juga merupakan patokan untuk mengetahui normal atau tidaknya pertumbuhan anak. Anak dengan tinggi badan yang kurang dari ukuran normalnya bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti faktor genetik atau turunan karena ibu dan ayahnya bertubuh pendek, kurang gizi, atau penyakit tertentu.

Nah, untuk memastikan bahwa pertumbuhan anak normal-normal saja, Bunda perlu memantau pertumbuhannya secara berkala, ya. Jadi, bila pertumbuhan anak mengalami hambatan atau tinggi badan anak 2 tahun jauh dari ideal, Bunda bisa mengetahuinya sejak dini. Dengan begitu, penanganannya pun bisa segera dilakukan.

Mengetahui Tinggi Badan Anak 2 Tahun yang Ideal

Anak usia 2 tahun umumnya sedang mengalami pertumbuhan yang cukup pesat, Bun. Makanya, tinggi badan anak 2 tahun bisa bertambah cukup banyak, yaitu sampai 8 cm hingga umurnya mencapai 3 tahun. 

Meski begitu, tidak setiap anak mengalami pertumbuhan yang sama ya, Bun. Ada yang laju pertumbuhannya lebih lambat, ada juga yang memang lebih cepat. Selama tinggi badan anak 2 tahun tidak di bawah angka idealnya, Bunda sebenarnya tidak perlu khawatir berlebihan, ya.

Lalu, berapa sih tinggi badan anak 2 tahun yang normal atau ideal? Berdasarkan standar Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang mengacu pada Badan Kesehatan Dunia (WHO), patokan tinggi badan anak 2 tahun bisa dibedakan sesuai dengan jenis kelaminnya, Bun. 

Pada anak usia 2 tahun yang berjenis kelamin laki-laki, tinggi badannya bisa mencapai 80–94 cm dengan rata-ratanya adalah 87 cm. Sementara itu, pada anak usia 2 tahun berjenis kelamin perempuan, tinggi badannya bisa mencapai 78–93 cm dengan rata-ratanya adalah 85 cm.

Cara Mengoptimalkan Tinggi Badan Anak 2 Tahun

Nah, sekarang sudah tahu kan tinggi badan anak 2 tahun yang ideal? Jangan dulu khawatir apabila tinggi badan anak kurang dari teman seusianya, ya. Soalnya, laju pertumbuhan setiap anak berbeda-beda. 

Meski begitu, Bunda tetap bisa, kok, memaksimalkan pertumbuhan anak agar tinggi badannya tidak kurang dari angka ideal. Caranya adalah dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Berikan makanan sehat yang bergizi, terutama yang mengandung protein, vitamin, dan kalsium, misalnya ikan, daging, sayur, dan buah.
  • Pastikan anak mendapatkan tidur atau istirahat yang cukup. Anak berusia 2 tahun idealnya tidur selama 11–14 jam setiap harinya.
  • Berikan susu dan olahannya, seperti keju dan yoghurt agar kesehatan tulangnya terjaga.
  • Ajak anak untuk rutin melakukan olahraga, seperti berenang, agar otot dan tulangnya makin kuat.
  • Pastikan postur tubuh anak tidak membungkuk, baik ketika berdiri atau duduk.

Itulah tinggi badan anak 2 tahun serta tips untuk mengoptimalkan pertumbuhannya, ya, Bun. Agar pertumbuhan tinggi badannya maksimal, Bunda bisa melakukan beberapa tips di atas sampai anak masuk masa pubertas. Ini karena pertumbuhan dan perkembangan anak akan terus berlanjut sampai masa tersebut.

Untuk memastikan pertumbuhan anak sesuai ukuran idealnya, Bunda bisa membawa anak ke puskesmas, klinik, rumah sakit, atau posyandu secara rutin. Di sana, anak akan diukur berat dan tinggi badannya, Bun. 

Bunda juga bisa mengonsultasikan hasilnya ke dokter melalui chat online. Dengan begitu, jika ada tanda-tanda gangguan pada pertumbuhan anak, bisa ketahui lebih awal.

Sumber:

World Health Organization WHO. Height-for-Age Boys. 2 to 5 Years (Percentiles).

World Health Organization WHO. Height-for-Age Girls. 2 to 5 Years (Percentiles).

Gavin, M. KidsHealth (2019). Growth and Your 1- to 2-Year-Old.

Gavin, M. KidsHealth (2019). Growth and Your 2- to 3-Year-Old

Cleveland Clinic (2022). Children’s Health. How Tall Will Your Child Be?

The Royal Children’s Hospital Melbourne. Child Growth. About Child Growth.

Mount Sinai (2023). Child Growth Learning Resource. Delayed Growth.

Miles, K. Baby Center (2022). Average Weight and Growth Chart for Babies, Toddlers, and Kids.

Silver, N. Healthline  (2024). How to Increase Your Height: Is There Anything I Can Do?

KidsHealth, Nemours (2021). Kids and Sleep.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *