Waspadai, Inilah Ciri-Ciri Darah Tinggi pada Ibu Hamil!

Ciri-ciri darah tinggi pada ibu hamil tidak boleh dianggap sepele ya, Bun. Soalnya, apabila tidak terkontrol, kondisi ini dapat membahayakan kesehatan ibu dan janinnya, lho. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk mengenali ciri-ciri darah tinggi saat hamil agar kondisi ini dapat dicegah dan segera ditangani dengan tepat. 

Darah tinggi atau hipertensi saat hamil biasanya muncul pada usia kehamilan 20 minggu, tetapi bisa juga muncul lebih awal. Nah, ibu hamil dikatakan mengalami darah tinggi ketika tekanan darahnya berada di atas angka 130/80 mmHg. 

Tekanan darah tinggi pada ibu hamil biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari usia, gaya hidup, riwayat tekanan darah tinggi, hamil kembar, hingga kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes atau penyakit ginjal. 

Nah, jika yang tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini dapat menimbulkan komplikasi kehamilan lho, seperti gangguan tumbuh kembang janin, peningkatan risiko persalinan prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, dan gangguan plasenta, termasuk solusio plasenta

Namun, Bunda tidak perlu khawatir ya, karena darah tinggi selama hamil dapat dicegah, kok. Makanya, Bunda perlu mengetahui ciri-ciri darah tinggi pada ibu hamil, agar kondisi ini bisa diatasi sedini mungkin sebelum terjadi komplikasi yang serius.

Inilah Ciri-Ciri Darah Tinggi pada Ibu Hamil yang Perlu Diwaspadai

Sebelum mengenali ciri-ciri darah tinggi pada ibu hamil, ada baiknya Bunda mengetahui terlebih dahulu berbagai jenis darah tinggi selama hamil. Nah, darah tinggi pada ibu hamil yang terjadi sebelum usia kehamilan 20 minggu disebut hipertensi kronis, sedangkan kalau terjadi setelah itu disebut hipertensi gestasional

Apabila tidak terkontrol, tekanan darah tinggi saat hamil bisa berpotensi berkembang menjadi preeklamsia, Bun. Nah, preeklamsia yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti eklampsia. Kondisi ini bisa berakibat fatal bagi ibu dan bayi. 

Perlu diketahui, darah tinggi pada ibu hamil tidak selalu menimbulkan tanda atau ciri-ciri, Bun. Makanya, banyak ibu hamil yang tidak menyadari bahwa mereka sedang menderita darah tinggi. Nah, kondisi ini biasanya baru terdeteksi ketika ibu hamil menjalani pemeriksaan kandungan. 

Meski demikian, terkadang ada beberapa ciri-ciri darah tinggi pada ibu hamil yang bisa muncul dan penting dikenali, yaitu: 

  • Sakit kepala yang sering kambuh
  • Mual atau muntah
  • Gangguan penglihatan, termasuk penglihatan kabur dan mata mudah silau
  • Nyeri perut di bagian kanan atas
  • Bengkak-bengkak di tubuh, wajah, ataupun kaki
  • Sesak napas
  • Urine tampak berbusa 

Nah, jika mengalami ciri-ciri darah tinggi pada ibu hamil di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter ya, Bun. Tujuannya adalah agar dapat diberikan penanganan yang sesuai dan sedini mungkin sehingga risiko komplikasi dari penyakit ini bisa dihindari. 

Cara Menangani Darah Tinggi pada Ibu Hamil 

Darah tinggi pada ibu hamil umumnya akan sembuh dengan sendirinya setelah melahirkan, lho. Jadi, Bunda tidak perlu khawatir dan cemas, ya. Namun, perlu diingat, darah tinggi selama hamil adalah kondisi yang harus mendapatkan pemantauan dari dokter. 

Nah, jika Bunda mengalami darah tinggi selama hamil, dokter biasanya akan memberikan obat tekanan darah tinggi untuk ibu hamil, seperti metildopa. Namun, penggunaan obat ini harus sesuai dengan rekomendasi dokter ya, Bun. 

Selain itu, Bunda juga disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat lho, yaitu dengan mengonsumsi makanan bergizi dan rendah garam, berolahraga secara rutin, istirahat yang cukup, mengelola stres dengan baik, dan minum jus penurun darah tinggi, Bun. 

Di samping itu, Bunda juga harus berhenti merokok dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol, ya. Hal ini bertujuan agar tekanan darah Bunda selama hamil bisa kembali normal. 

Nah, itulah ciri-ciri darah tinggi pada ibu hamil yang perlu diwaspadai. Agar komplikasi darah tinggi selama hamil dapat dicegah, penting bagi Bunda untuk rutin menjalani pemeriksaan kehamilan ke dokter. Dengan begitu, kondisi kesehatan Bunda dan janin bisa terus terpantau.

Bunda masih punya pertanyaan seputar kehamilan? Yuk, tanyakan ke dokter melalui chat online

Sumber: 

National Library of Medicine (2024). MedlinePlus. High Blood Pressure in Pregnancy.

National Health Service UK (2021). Pregnancy Complications. High Blood Pressure (Hypertension) and Pregnancy. 

Pregnancy Birth & Baby Australia (2024). High Blood Pressure in Pregnancy. 

The American College of Obstetricians and Gynecologists (2023). Preeclampsia and High Blood Pressure During Pregnancy.

American Pregnancy Association. Gestational Hypertension: Pregnancy Induced Hypertension (PIH).

Mayo Clinic (2022). Healthy Lifestyle. High Blood Pressure and Pregnancy: Know the Facts. 

Mayo Clinic (2024). Diseases & Conditions. High Blood Pressure (Hypertension). 

Stanford Medicine Health Care. Gestational Hypertension.

Family Doctor (2024). High Blood Pressure During Pregnancy. 

Healthline. High Blood Pressure During Pregnancy.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *