Perkembangan Si Kecil di Kehamilan Minggu ke-40

Pada minggu ke-40, tinggi bayi adalah sekitar 50 cm, dengan berat sekitar 2.800-3.500 g. Ini adalah tanggal perkiraan kelahiran dan bayi sedang mempersiapkan diri untuk kelahirannya! Yuk, intip kondisi bayi di minggu ke-40 ini.

Berat Setiap Bayi Berbeda-beda

Telur yang dibuahi pada minggu ke-2 kehamilan berukuran sekitar 100-170 μm. Telur kecil yang telah dibuahi berukuran sekitar 0,01 mm kini telah mencapai minggu ke-40 dan tumbuh menjadi bayi besar sekitar 50 cm. Namun ada perbedaan individu yang signifikan pada bayi, beberapa ada yang dilahirkan dengan berat 2.500 gram pada minggu ke-40, ada juga bayi yang lahir hampir 4.000 gram.

Dokter akan membimbing Anda tentang berat bayi. Jadi kecuali mereka memberi instruksi spesifik mengenai ukuran bayi saat pemeriksaan, Anda tidak perlu khawatir tentang ukuran bayi.

Secara umum, anak laki-laki lebih besar dan lebih berat daripada anak perempuan, dan bayi dari ibu sudah pernah melahirkan lebih besar daripada bayi yang lahir dari ibu yang pertama kali hamil. Selain itu, ibu dengan tubuh yang lebih besar biasanya akan memiliki bayi yang lebih besar daripada ibu yang mungil.

Fungsi yang Dibutuhkan Bayi Sudah Lengkap

Fungsi jantung dan paru-paru bayi sekarang lengkap, seperti indra perasa dan penciumannya, tetapi ada beberapa bayi yang indranya yang akan menjadi lengkap setelah lahir. Bayi mengisap air ketuban di dalam perut ibu dan mengeluarkan air seni. Namun, jika air ketuban dimaniskan, bayi banyak minum dan jika komponen pahit ditambahkan bayi minum lebih sedikit.

Ibu dapat melihat bagaimana bayi dapat membedakan antara manis dan pahit saat mereka masih janin. Rasa manis yang disukai juga mendorong pemberian ASI dan membantu pertumbuhan setelah lahir.

Selain itu, sejak lahir jaringan mata bayi terbentuk sehingga mereka dapat bereaksi terhadap cahaya, tetapi kemampuan untuk membedakan warna (persepsi warna) belum matang, dan penglihatan bayi berusia satu jam adalah rendah 0,01-0,02 cm.

Penglihatan bayi secara bertahap berkembang setelah lahir sehingga bayi yang baru lahir dapat melihat sekitar 20-30 cm. Jarak ini terdengar kecil, tapi memiliki efek penting untuk mendorong tindakan pengasuhan.

Ketika ibu menggendong bayinya, berapa jarak antara bayi dan wajahnya? Sekitar 20-30 cm. Bayi menatap ibu dan menstimulasi kasih sayang ibu kepada anaknya dan mendorongnya untuk mengasuhnya dengan baik.

Selain itu bayi trimester ketiga mengisap sekitar 400-500 ml air ketuban untuk mempraktikkan minum susu. Itulah sebabnya bayi dapat minum jumlah yang diperlukan setelah lahir. Saat masih dalam perut ibu, bayi dilengkapi dengan fungsi-fungsi yang diperlukan untuk merawat dan mempertahankan hidup mereka di luar rahim.

Satu dari Tiga Bayi Dilahirkan pada Minggu ke-40

Hanya 6% atau lebih anak-anak yang lahir pada hari 280 kehamilan, atau hari perkiraan lahir mereka. Secara statistik, sekitar 30% bayi dilahirkan pada minggu ke-39, dan 10-20% dilahirkan pada atau setelah minggu ke-40.

Karena ibu yang pertama kali hamil memiliki serviks yang tidak fleksibel, bayinya sering lahir setelah tanggal hari perkiraan lahir. Tidak jarang melewati tanggal hari perkiraan lahir, jadi harap bersabar dan tenang saat menunggu bayi selesai mempersiapkan kelahirannya. Luangkan waktu untuk melatih pernapasan ya, Bunda.

Published
Categorized as Minggu 40

By dr. Febriyan Nicolas K., M.Kes., Sp. OG

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *