Masa Kehamilan Minggu ke-12 Hari ke-1

Minggu ini, bayi Anda telah tumbuh hingga sebesar buah plum

Bayi Hari Ini

Besar bayi di usia 12 minggu kehamilan adalah 6-7 cm (CRL-nya, ukuran dari ujung kepala hingga ujung kaki), dan beratnya menjadi sekitar 20-25 gram. Sampai minggu lalu, pertumbuhan bayi sangat cepat, namun sekarang kecepatan pertumbuhan bayi mulai melambat.

Begitu memasuki masa ini, organ pencernaan seperti pankreas dan kantung empedu mulai bekerja, dan sekresi cairan pankreas dan empedu untuk pencernaan juga sudah dimulai. Meski bayi belum makan makanan, namun dia sudah berlatih mencerna untuk persiapan setelah lahir nanti.

Untuk Bunda Hari Ini

Hari ini memasuki 12 minggu kehamilan. Pemeriksaan kesehatan ibu hamil menjadi satu kali dalam 4 minggu. Pada pemeriksaan kesehatan ibu hamil, akan dilakukan pengecekan berkala kondisi kesehatan ibu dan bayi.

Jadwal pemeriksaan ke depannya akan dilakukan 4 minggu sekali sampai usia kehamilan 23 minggu.

Kemudian begitu memasuki 24-35 minggu, akan dilakukan dua minggu sekali. Selanjutnya, di usia kehamilan 36 minggu sampai waktunya melahirkan, pemeriksaan akan dilakukan seminggu sekali. Demi kesehatan ibu dan bayi, jangan lupa hadiri semua sesi pemeriksaan ya, Bun.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *