Masa Kehamilan Minggu ke-13 Hari ke-2

Minggu ini, ukuran bayi Anda sebesar buah persik

Bayi Hari Ini

Sebentar lagi bayi akan memiliki alat kelamin. Dalam tubuh anak perempuan, sel-sel yang menghasilkan sel telur seumur hidup dibuat, dan menunggu ovulasi dimulai ketika memasuki masa pubertas.

Sedangkan pada anak laki-laki, mereka menyiapkan organ yang membuat air mani, tetapi baru setelah masa remaja sperma benar-benar dibuat.

Jenis kelamin bayi perempuan atau laki-laki bisa diketahui dengan memeriksa alat kelaminnya melalui pemeriksaan USG, namun karena bayi masih terlalu kecil, agak sulit memutuskannya dengan hanya melihat melalui gambar.

Masih membutuhkan beberapa waktu lagi sampai bisa mengetahuinya secara jelas melalui USG.

Untuk Bunda Hari Ini

“Padahal selama ini saya tidak pernah sembelit, tapi ketika hamil malah sembelit…” mungkin Bunda akan berpikir begitu. Sembelit pada saat hamil terjadi karena selama hamil hormon progesteron yang dikeluarkan bertambah banyak. Akibatnya, otot menjadi kendur dan fungsi usus berkurang.

Sebagai tindakan penanggulangan, konsumsi cukup air dan makanan berserat, kunjungilah toilet pada waktu yang sama setiap pagi. Kurang olah raga juga salah satu penyebab sembelit, cobalah untuk berolahraga ringan seperti melakukan peregangan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *