Masa Kehamilan Minggu ke-14 Hari ke-1

Saat ini, ukuran bayi Anda sudah sebesar lemon

Bayi Hari Ini

Bayi akan tumbuh jadi sekitar 8,5-10 cm (ukuran kepala) dan berbobot 30-60 gram minggu ini. Leher juga mulai tumbuh sehingga keseimbangan ukuran kepala dan badan mulai seimbang. Jika melihatnya lewat USG, Bunda akan melihat ciri khas ekspresi wajah dan gerakannya.

Ditambah lagi, pertukaran aktif nutrisi dan kotoran mulai terjadi antara ibu dan bayi lewat plasenta dan tali pusar. Saat hal ini terjadi, peran kantung telur akan segera berakhir.

Untuk Bunda Hari Ini

Minggu ini masuk ke minggu ke-14, sebentar lagi memasuki hari ke-100 masa kehamilan. Plasenta, yang juga dikenal sebagai “tempat tidur bayi”, sudah mulai terbentuk sempurna.

Ketika plasenta terbentuk sempurna, morning sickness akan mereda. Suhu tubuh basal juga yang sebelumnya tinggi, sekarang akan mulai turun karena panasnya sudah hilang.

Nafsu makan akan mulai naik dan Bunda akan bisa lebih menikmati kehidupan kehamilan. Di lain sisi, ada juga Bunda yang merasakan morning sickness yang tidak berhenti-henti. Jika gejalanya parah, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *