Masa Kehamilan Minggu ke-18 Hari ke-6

Ukuran bayi Anda sekarang sebesar paprika

Bayi Hari Ini

Air ketuban meningkat menjadi sekitar 250-300 ml. Plasenta, yang beratnya hanya 30g sebulan lalu, telah tumbuh menjadi 130-140g. Plasenta memiliki banyak peran seperti pertukaran oksigen dan karbondioksida, menyerap nutrisi, dan mengeluarkan produk limbah, serta menyokong bayi dan Bunda sampai pada saat melahirkan.

Bayi mulai mendapatkan lemak subkutan dan secara bertahap sosoknya menjadi seperti bayi pada umumnya. Bayi juga bisa melakukan gerakan-gerakan lucu seperti meregangkan kaki dan menekuk leher ke kiri dan ke kanan.

Untuk Bunda Hari Ini

Apakah Bunda sedang mencari tahu informasi tentang “kelas ibu (orang tua)”? Beberapa di antaranya dilakukan secara online, jadi Anda bisa mencarinya lewat internet.

Isinya bermacam-macam tergantung dari materinya, tetapi Bunda dan Ayah dapat mempelajari tentang manajemen kesehatan selama kehamilan, bagaimana mengisi waktu, dan apa yang harus dilakukan selama masa setelah melahirkan. Itu bisa membantu Bunda untuk menghilangkan kecemasan.

Banyak kursus ditujukan tidak hanya untuk para ibu, tetapi juga untuk para Ayah! Tidak apa-apa jika Bunda yang ingin ikut, tetapi Ayah sebaiknya juga mencoba mencari tahu, ya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *