Masa Kehamilan Minggu ke-34 Hari ke-2

Saat ini, ukuran bayimu sebesar melon cantaloupe

Bayi Hari Ini

Sistem saraf otonom bayi semakin rapi dan bayi mulai dapat menyeimbangkan antara “saraf simpatik” dan “saraf parasimpatik.”

Saraf simpatik lebih dominan di siang hari saat tubuh manusia terjaga dan beraktivitas, sedangkan saraf parasimpatik lebih dominan saat tubuh manusia sedang santai atau saat tertidur di malam hari.

Bayi di fase ini memberikan rangsangan pada otak saat bergerak secara aktif di dalam kandungan, serta mengalirkan oksigen dan gizi ke seluruh tubuh saat sedang santai.

Jadi, ritme tubuh yang bergantian antara kebutuhan saraf simpatik dengan kebutuhan saraf parasimpatik sudah dimiliki oleh bayi.

Untuk Bunda Hari Ini

Mari membicarakan tentang rahim ibu. Berat rahim sebelum kehamilan adalah sekitar 40-70 g dengan panjang 7cm dan lebar sekitar 4 cm, yakni kira-kira sebesar telur ayam.

Namun di minggu-minggu akhir kehamilan, berat rahim tanpa menghitung berat bayi adalah sekitar 1.000 g dan panjangnya bisa mencapai 36 cm.

Beratnya 20 kali lipat dari berat rahim awal dengan volume lebih dari 100 kali lipat dari volume awal. Wah, angka pertambahannya sungguh mengejutkan ya, Bunda!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *