Masa Kehamilan Minggu ke-39 Hari ke-7

Bayimu menjadi sebesar semangka di minggu ini.

Bayi Hari Ini

Hari pasti kelahiran tidak dapat diprediksi oleh siapapun, bahkan ilmu kedokteran telah maju secanggih sekarang pun tidak bisa memberikan tanggal pasti. Walau begitu, terdapat teori bahwa persalinan akan mulai bila hormon yang melembutkan cervical canal ibu dikeluarkan oleh bayi. Dengan kata lain yang menentukan waktu kelahiran adalah bayi.

Pertumbuhan bayi yang dibutuhkan untuk lahir telah selesai. Ia menunggu waktu kelahiran sambil mendengarkan suara ibu. Saat Bunda mengatakan, “Keluar yuk,” kepadanya, mungkin perasaan ini akan tersampaikan kepada bayi.

Untuk Bunda Hari Ini

Dalam beberapa hari lagi adalah HPL. Walau begitu, bayi yang lahir tepat pada HPL hanya 5%. Kebanyakan akan lahir sebelum atau setelahnya, maka walaupun belum lahir setelah melewati HPL, tidak perlu panik. Terutama jika ini adalah kehamilan pertama, 35% mengalami persalinan setelah HPL.

Oh iya, bagi Bunda yang ingin mengabadikan hari kelahiran bayi dengan video atau kamera, pastikan baterainya telah terisi ulang. Jangan lupa untuk tetap beristirahat ya, Bunda!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *