Masa Kehamilan Minggu ke-39 Hari ke-6

Bayimu menjadi sebesar semangka di minggu ini.

Bayi Hari Ini

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa kekuatan nyeri persalinan menggerakkan bayi ke jalur kelahiran, tapi ketika rahim berkontraksi, aliran darah akan berkurang sementara, sehingga bayi akan merasakan sakit. Nyeri persalinan paling lama hanya sekitar 1 menit, maka tidak perlu khawatir.

Walau begitu, ada hal yang bisa dilakukan untuk mendukung bayi, yaitu “tidak menghentikan napas.” Dengan tidak menghentikan napas, Bunda dapat mengirimkan oksigen kepada bayi sebanyak-banyaknya, lho! Mari mengulang kembali cara mengucap “hee-hee-hoooo.”

Untuk Bunda Hari Ini

Nyeri persalinan tidak terjadi terus menerus, melainkan datang dalam rentang waktu tertentu dan berubah sedikit demi sedikit. Seiring dengan laju nyeri persalinan, mulut rahim akan terbuka sedikit demi sedikit.

Kecepatan terbukanya mulut rahim tergantung pada ibu. Umumnya tubuh ibu dianggap siap melahirkan setelah mulut rahim terbuka selebar 3 cm. Jika ini adalah kehamilan pertama, untuk terbuka 1 cm pun membutuhkan waktu hingga 1 jam. Panik tidak akan menolong persalinan, maka lewatilah dengan hati yang tenang!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *