Daily Baby Month-10 Day-11

Permainan Sensori untuk Tingkatkan Kecerdasan Anak

Bermain membawa banyak manfaat bagi perkembangan bayi dengan cara mengasah berbagai keterampilannya, di antaranya keterampilan bergerak, sosial-emosional, kognitif, bahasa, dan keterampilan fungsi eksekutif.

Ada banyak jenis permainan yang dapat dilakukan oleh bayi, salah satunya adalah permainan sensori, yaitu permainan yang menstimulasi panca inderanya. Permainan sensori membantu bayi untuk lebih mengenal dunia di sekelilingnya.

Cara yang paling mudah untuk melakukan permainan sensori adalah dengan bermain di luar rumah. Bayi dapat merasakan kulitnya terkena sinar matahari, menyentuh rumput atau pasir dan merasakan teksturnya, mendengar suara air mengalir, melihat ranting pohon bergoyang tertiup angin, dan sebagainya.

Jika tak bisa bermain di luar rumah, Bunda bisa mengajak bayi bermain sensori saat melakukan rutinitas sehari-hari dengan benda-benda yang ada di rumah.

Saat makan, Bunda bisa membiarkan bayi bermain dengan makanannya, terutama jika mereka sudah bisa makan finger food. Saat mandi, biarkan bayi bermain dengan air atau buatkan gelembung-gelembung sabun.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *