Daily Baby Month-2 Day-28

Pentingnya Vaksin Tambahan Selain yang Diwajibkan Kemenkes

Imunisasi wajib yang direkomendasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia termasuk vaksin BCG, polio tetes (polio oral), DPT, hepatitis B, Hib, campak dan campak Jerman. Imunisasi ini biasanya diberikan gratis pemerintah di posyandu, puskesmas, atau rumah sakit daerah.

Selain imunisasi tersebut, Bunda juga perlu tahu beberapa vaksin yang dianjurkan dan bisa mencegah berbagai penyakit, antara lain: diare karena rotavirus, radang paru-paru (pneumonia), radang selaput otak (meningitis), Hepatitis A, demam tifoid, dan kanker mulut rahim. Vaksin ini adalah vaksin tambahan, yang bila memiliki dana lebih dapat diberikan ke si kecil.

Vaksin tambahan termasuk vaksin PCV yang bermanfaat melindungi tubuh dari kuman yang bisa menyebabkan meningitis, pneumonia, dan infeksi telinga.

Vaksin rotavirus bermanfaat untuk mencegah diare yang masih banyak menyebabkan kematian di Indonesia. Vaksin HPV berfungsi untuk mencegah penyakit kanker serviks. Vaksin tambahan lainnya yaitu MMR, hepatitis A dan tifoid, influenza, cacar air dan lain-lain.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *