Daily Baby Month-4 Day-27

Mengapa Bayi Tersenyum Saat Tidur?

Pada usia dua bulan, Bunda mulai dapat melihat si Kecil tersenyum. Kadang, Bunda akan melihat si Kecil tersenyum saat sedang tidur. Pada minggu keenam dan delapan, Bunda akan sering melihat si Kecil tersenyum sebagai bagian dari responsnya terhadap kehidupan sosial.

Bayi pada fase ini memerhatikan bagaimana perilaku manusia di sekitarnya. Tersenyum baginya adalah cara untuk mendapatkan perhatian dari Bunda.

Bayi dengan kemampuan ini berarti mengalami perkembangan yang baik pada otaknya, dan bayi belajar mengembangkan kemampuan komunikasinya. Bayi yang senyum saat tertidur bisa saja karena si Kecil sedang buang angin atau kentut

Bila bayi tidak tersenyum saat Bunda menyapa atau mengajak bermain, tidak perlu kecewa, usahakan lagi lain waktu saat si Kecil tenang dan sadar akan situasi sekitar.

Bayi kemungkinan tidak akan menanggapi saat ia merasa lapar, capek, atau terlalu sering diajak berkomunikasi. Bila bayi tersenyum namun tidak melakukan kontak mata, bisa jadi itu merupakan upaya bayi agar tidak terlalu kewalahan menerima stimulus dari sekitarnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *