Daily Baby Month-5 Day-5

Mengejar Imunisasi BCG yang Terlambat

Vaksin BCG adalah vaksin berisi kuman Mycobacterium bovis dilemahkan. Vaksin ini merupakan salah satu vaksin yang telah digunakan secara luas.

BCG memiliki efek perlindungan terhadap tuberkulosis (TB) berat dan radang otak akibat TB. Perlu diketahui bahwa vaksin BCG tidak sepenuhnya efektif mencegah infeksi TB primer atau reaktivasi infeksi TB yang laten.

Imunisasi BCG terbaik diberikan pada sebelum usia 1 bulan untuk mencegah TB berat. Apabila diberikan pada usia 3 bulan atau lebih, perlu dilakukan uji tuberculin atau tes Mantaoux terlebih dahulu.

Tes Mantoux merupakan pemeriksaan dengan cara menyuntikkan larutan tuberkulin (protein kuman TB) di bawah kulit (intrakutan). Hasil tes dapat didinilai antara 48-72 jam. Jika timbul benjolan pada bekas suntikan dengan ukuran 10 mm maka dikatakan hasil tes positif.

Hasil tes Mantoux positif menunjukkan reaksi tubuh terhadap protein kuman, artinya tubuh pasien pasti pernah terinfeksi sebelumnya dengan kuman TB.

Bila si Kecil dinyatakan positif, ia harus menerima perawatan yang lamanya sekitar 6-12 bulan tergantung kondisi bayi. Bila sudah dinyatakan sehat, ia bisa menerima imunisasi BCG.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *