5 Tips Menghadapi Anak Sulit Minum Obat

susah makan obat

Pada satu masa dalam hidupnya, anak akan minum obat. Namun, belajar untuk minum obat merupakan proses yang sulit bagi anak. Alasan anak sulit minum obat adalah karena tidak menyukai rasanya yang cenderung pahit dan sering kali meninggalkan rasa tidak enak di mulut. 

Oleh karea itu jangan paksakan anak untuk minum obat ya, Bun, karena anak bisa trauma untuk minum obat di kemudian hari dan mengasosiasikan minum obat dengan pengalaman buruk. Selain itu, memaksa anak untuk minum obat justru bisa membuatnya tersedak atau muntah. 

Ajak Anak Bicara tentang Minum Obat

anak susah makan obat

Untuk anak yang sudah lebih besar dan sudah dapat diajak berdiskusi, Bunda bisa menanyakan langsung kepadanya tentang alasan anak sulit minum obat. 

Mintalah ia untuk berkata jujur dan terbuka tentang alasannya tidak menyukai minum obat, misalnya tidak suka rasanya atau sulit baginya untuk menelan obat karena ukuran yang besar. Dari sini Bunda dapat menentukan strategi yang tepat bagaimana memberikan obat kepada anak.

Bunda perlu memberi pengertian kepada anak tentang manfaat minum obat, yaitu untuk membantunya sembuh dari penyakit. Agar lebih menarik, Bunda bisa menjelaskan bagaimana obat tersebut bekerja melawan penyakit. 

Hindari menakuti-nakuti anak dengan mengatakan kalau tidak minum obat maka ia akan disuntik oleh dokter. Selain itu, berikan juga penjelasan bahwa minum obat bukanlah cara Bunda untuk menghukum anak karena ia nakal atau melakukan sesuatu yang tidak Bunda sukai. 

Lakukan obrolan ini tanpa membuat kesan bahwa anak bersalah karena tidak mau minum obat. 

Jika sebelumnya anak sulit minum obat, maka setelah ia sudah memahami alasan harus meminumnya, biasanya perlawanan anak untuk minum obat akan berkurang dan ia akan berusaha untuk melakukannya. 

5 Solusi saat Anak Sulit Minum Obat

Bunda bisa mencoba cara-cara berikut ini atau cara lain yang lebih sesuai saat anak sulit minum obat. 

Tanyakan pada dokter apakah obat bisa dicampur dengan makanan atau minuman.

Tanyakan kepada dokter anak atau apoteker apakah obat yang diminum anak bisa dicampurkan dengan makanan atau minuman. 

Jika bisa, maka Bunda dapat mencampurkan obat dengan sesuatu yang disukai anak. Misalnya, obat sirup dapat dicampur dengan sedikit sirup buah untuk menyamarkan rasa obat, atau puyer dapat dicampurkan di dalam sesendok teh es krim. 

Hindari mencampurkan puyer ke dalam minuman karena puyer dapat mengendap di bagian bawah gelas dan tidak terminum oleh anak.

Jika anak minum obat dalam bentuk tablet

Jika anak harus minum obat dalam bentuk tablet, maka tempatkan obat di dekat pipi atau di bagian tengah lidah.

Kebanyakan kuncup pengecap di lidah terdapat di bagian belakang, dekat dengan tenggorokan. Menaruh obat di pipi atau tengah lidah dapat mengurangi rasa pahit. 

Minta anak untuk minum sedikit air dingin sebelum minum obat

Masih berhubungan dengan pengecap di lidah, Bunda dapat mengurangi rasa obat dengan meminta anak minum sedikit air dingin terlebih dahulu sebelum minum obat dapat membantu mengurangi rasa pahit.

Air dingin juga bisa diganti dengan sedikit saja sirup manis. Bisa juga setelah minum obat, anak diberikan jus buah untuk membilas rasa pahit dan tidak enak yang tertinggal di lidah.  

Beri pilihan kepada anak

Walau tak bisa menghindari untuk minum obat, namun memberi anak pilihan dapat membuatnya merasa memiliki sedikit kontrol dalam hal minum obat. 

Pilihan yang bisa Bunda berikan misalnya pilihan hadiah yang akan didapatkan jika berhasil menyelesaikan semua obat yang diberikan dokter, atau pilihan rasa jus buah yang bisa diminum setelah minum obat. Batasi hanya dua pilihan saja, misalnya jus jeruk atau jus apel. 

Berikan hadiah 

Tawaran untuk mendapatkan hadiah jadi imbalan yang menarik saat anak sulit minum obat. Bunda bisa memberikan hadiah kecil setiap anak selesai minum obat. Atau hadiah yang lebih besar jika ia berhasil minum semua obat yang diresepkan oleh dokter tanpa memberikan penolakan.

Jika Bunda masih saja kesulitan memberikan obat kepada anak setelah mencoba cara-cara di atas, maka sebaiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter anak atau tenaga medis profesional terkait untuk mendapatkan saran yang tepat.

Sumber:

NHS Great Ormond Street Hospital for Children. 2019. Giving Your Child Medicines.

NHS Oxford University Hospitals. 2018. Tips to Help Your Child to Take Medicine.

Alodokter. 2019. Jangan Dipaksa, Ini 7 Cara Membujuk Anak untuk Minum Obat.

By dr. Arnold Soetarso, Sp.A

Dokter Spesialis Anak