Ini Posisi Tidur Bayi yang Terbaik dan Aman

posisi tidur bayi

Posisi tidur bayi ternyata tidak semuanya aman, Bun. Ketahui posisi tidur terbaik dan yang perlu dihindari, serta cara-cara agar si Kecil tidur dalam posisi aman dan nyaman sepanjang malam. 

Waspada SIDS

posisi tidur bayi

Di awal-awal hidupnya, si Kecil akan banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. Dalam sehari, mungkin jam tidurnya akan mencapai 16-18 jam. Posisi tidurnya menjadi penting agar tidurnya tidak terganggu dan tubuhnya semakin sehat.

Terutama untuk si Kecil yang baru lahir, posisi yang paling aman untuknya adalah tidur dalam posisi telentang, setidaknya pada satu tahun pertama.

Bila si Kecil tidur tengkurap atau menelungkup, risiko yang mungkin terjadi adalah terhambatnya aliran udara sehingga menyebabkan si Kecil tidak dapat bernapas dengan baik. Kalau sudah demikian bisa terjadi sindrom kematian mendadak atau SIDS. 

Apakah Posisi Tidur Bayi Menyamping Baik?

posisi tidur bayi

Secara alami, tubuh si Kecil saat tidur bisa berubah dari tidur telentang menjadi menyamping. Para Bunda pun banyak yang beranggapan, tidur miring lebih baik untuk si Kecil, terutama yang sedang sakit, karena posisi tidur bayi seperti ini bisa mencegahnya tersedak saat muntah atau gumoh.

Ternyata tidur menyamping pun bukan menjadi posisi tidur bayi yang disarankan. Pasalnya, posisi ini juga akan memudahkan si Kecil untuk berguling kembali menjadi tidur menelungkup. 

Selain itu, untuk masalah gumoh atau muntah, ternyata lembaga National Institute of Health (NIH) menyatakan bahwa justru saat tidur telentang lah, si Kecil memiliki risiko yang lebih rendah untuk tersedak.

Aliran udaranya pun lebih baik saat posisinya telentang. Bayi pun diketahui sudah memiliki refleks yang baik saat batuk ataupun saat gumoh, dengan memiringkan kepalanya, meski sambil tidur.

Cara Memastikan Posisi Tidur Bayi Tetap Aman

Agar tidur si Kecil tetap nyaman dan aman dalam posisi telentang, coba lakukan ini ya, Bun:

Baringkan si Kecil pada kasur yang permukaannya keras

Kasur yang terlalu empuk akan mengikuti bentuk kepala dan tubuh si Kecil, sehingga dapat menyebabkan gangguan pernapasan, karena bagian leher atau tengkuknya menekuk. Untuk itu, saat memilih matras atau kasur untuk si Kecil, cek kembali standar keamanan dari kasur bayi tersebut.

Bungkus tubuh si Kecil dengan menggunakan bedung

Kain bedung bisa membantu si Kecil tidur lebih nyaman saat tidur telentang. Namun saat si Kecil sudah bisa berguling, hindari penggunaan bedung karena bisa membuatnya tertelungkup saat tidur.

Hindarkan benda-benda yang dapat bergeser dengan mudah dan menutupi wajah si Kecil

Seperti selimut, bantal, boneka bulu, mainan, dan sebagainya. Si Kecil akan tetap bisa tidur meski tanpa ditemani benda-benda ini kok, Bun. Justru benda-benda ini selain menyebabkan ruang tidurnya sempit, juga bisa membahayakan si Kecil saat tidur.

Biarkan si Kecil tidur di tempat tidurnya sendiri

Ternyata menemani si Kecil tidur dengan berbaring di sebelahnya bukan berarti lebih aman.

Ada kasus-kasus di mana orang tua secara tidak sadar saat tidur bersama si Kecil malah menyebabkan aliran udara si Kecil terhambat atau berisiko menindih tubuh si Kecil. Lebih baik, biasanya si Kecil tidur sendiri di tempat tidurnya dan Bunda tidur di dipan yang lain.

Nyamankan tidurnya dengan menggunakan empeng

Untuk si Kecil yang baru lahir, ternyata penggunaan empeng saat tidur malah cukup bermanfaat untuk mencegah SIDS.

Tetapi Bunda juga perlu membatasi penggunaannya ya, misalnya diberikan hanya saat tidur saja untuk menghindari kebiasaan memakai empeng dalam jangka panjang yang bisa mengganggu struktur gigi si Kecil.

Sumber:

Healthline. 2019. Is Side Sleeping Safe for My Baby?

Very Well Family. 2020. The Safest Sleeping Position for Your Baby.

What to Expect. 2020. Baby Sleeping on His Side? How to Encourage Your Little One to Sleep on His Back.

Flo. 2021. Why Do Newborn Sleeping Positions Matter?

By dr. Arnold Soetarso, Sp.A

Dokter Spesialis Anak

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *